Rabu, 15 April 2015

TASBEH YUSER ODONG-ODONG (PALSU)

Tasbeh Yuser Palsu


Oleh: H. RIZQI DZULQORNAIN 

Belakangan ini banyak orang memburu Subhah (Tasbeh) Yuser karena sangat tertarik mendapatkan gula-gula dari keutamaan berdzikir dengan menggunakan tasbeh Yuser sampai banyak jual beli online menawarkannya.

Mungkin ini bisa jadi tanda orang-orang sudah mulai bosen dengan batu cincin kemudian ingin beralih untuk mengkoleksi tasbeh.

Memang, menurut banyak pengalaman rohani para ahli makrifah mengatakan bahwa berdzikir dengan menggunakan tasbeh Yuser memiliki keistimewaan tersendiri.

Pada Tahun 2012 al-Faqir mendapat hadiah tasbeh Yuser dari Guru kami As Sayyid as Syarif Abdul Karim Baqqasy al Idrisiy al Hasaniy dan alFaqir bertanya tentang keutamaan berdzikir dengan Yuser, kemudian beliau menyebutkan jawabannya dalam bentuk syair:


وقد ذكروا لليسر حقا خصائصا ☆ كمثل تفاؤل بتيسير عسرة 
يقي عين معيان وسحرا وفاقة ☆ وفي حمله عز وسر وجاهة 
وكانت لدى الشيخ التجاني سبحة ☆ من النوع ذا أعظم بما من مزية


Artinya: para ulama menyebutkan bahwa Tasbeh Yuser memiliki banyak keistimewaan di antaranya mengamalkan tafaul (ngarep kebaikan) sehingga mendatangkan berbagai kemudahan dari kesulitan. Menolak syarrul ain (kejahatan mata) yang bisa membuat bures ni'mat, menangkal sihir dan santet, menjauhkan dari hidup keblangsak. Membawa Yuser membuat percaya diri, mendatangkan kemuliaan dan wibawa. Lantaran Sayyidi Syekh Ahmad Tijani menggunakan tasbeh Yuser hal inilah yang menjadi keistimewaan terbesar bagi Yuser.


Dan terkait tulisan al-Faqir tentang Yuser di blog yayasan al Muafah pada tahun 2013 sangat ramai baik di berbagai kalangan khususnya dalam Thoriqoh Tijaniyah. Dapat dilihat:

http://yayasanalmuafah.blogspot.com/2013/12/tasbeh-yuser-dan-unnab-kebanggaan.html?m=1

Di kemudian hari sampai saat ini masih banyak bermunculan para penjual tasbeh yang menawarkan Yuser dengan harga yang lumayan cukup tinggi. Ternyata setelah al-Faqir tanyakan langsung kepada as Sayyid Abdul Karim Baqqasy al Idrisi al Hasaniy bahwa yang mereka jual belikan itu Bukan Yuser alias Yuser odong-odong. Banyak para pembeli menghubungi alFaqir menyatakan kecewa berat lantaran memberi Yuser bajakkan.


Dalam tulisan ini alFaqir menghimbau kepada siapa saja yang ingin membeli Yuser kudu sangat hati-hati lantaran banyak Yuser palsu. Sudah harganya lumayan mahal palsu pula.

Ketahuilah, bahwa Hakikat dzikir bukan terletak pada tasbehnya, tetapi pada keikhlasan, sulukul adab (menjalankan adab), istiqomah dan yaqin dalam berdzikir.

Semoga para pedagang itu mendapat hidayah agar ia bertaubat sehingga tidak lagi menjual barang palsu dan jika tidak, sungguh akan mendapat la'nat dari Allah Taala, dari Rasulullah dan tidak mendapat keridhoan dari Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu.

Mengapa dilaknat dan tidak mendapat keridoan Allah Taala? Lantaran ada keterangan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam;

من غشنا فليس منا

Artinya: Siapa yang membuat bentuk penipuan, maka dia bukan bagian dari kelompok kami."



JAKARTA 15 APRIL 2015




3 komentar:

naga-mark mengatakan...

infonya sangat menarik...
mantap...
salam sukses..

M.Nashiruddin Hasby Amunty mengatakan...

Kiai,Dimana bisa beli tasbih yuser yg asli?

Unknown mengatakan...

Kalo pengen punya tasbih yuser harus punya berapa duit pak kyai