Jumat, 03 April 2015

Manfaat Kulit Pisang

Siapa sangka kulit pisang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Biasanya orang makan pisang langsung membuang kulitnya ke tempat sampah. Paling banter, kulit pisang yang kita buang dimanfaatkan sebagai makanan kambing dengan saduran ampas tahu.

Membuang kulit pisang sembarangan bisa membahayakan orang lain. Bahkan dapat menghalangi seseorang mendapat harta warisan. Seseorang anak yang membuang kulit pisang pada tempat yang sering dilewati oleh orang tuanya kemudian orang tua tersebut terpleset terkena kulit pisang sehingga membawa kematian, maka ini disebut pembunuhan semi sengaja yang busa menyebabkan seseorang terhalang mendapat warisan.

Syekh Ali al - Marzuqiy dalam kitabnya al-Jawahirul Lamma'ah halaman 127 mengatakan bahwa kulit pisang yang sudah matang direbus di air yang membulak-bulak (mendidih) dan diminum oleh orang yang sedang mengalami penyakit batuk berdahak, dengan izin Allah akan sembuh."

Adapun kulit pisang yang masih hijau (belum matang) jika ditumbuk dan diperas airnya kemudian diteteskan ke luka yang pada mangap (terbuka), maka luka itu akan cepat sembuh dan merapat.

NB: sebelum direbus dan diperas hendaknya kulit pisang tersebut dicuci terlebih dahulu, bukan apa-apa khawatir ada uler bulunya.


Walllahu A'lam

اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى اله وصحبه وسلم

Khadim Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy