Senin, 20 April 2015

Perbedaan Al-Mukharrij Dan ar-Rawiy (Pertanyaan Mastur)

Perbedaan Mukharrij Dan Rawi

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

Pertanyaan Jamaah Majlis Ta'lim al-Muafah, saudara Mastur dari SukaPura Jakarta Utara.

Kita sering mendengar kata (المخرج) al-Mukharrij dalam istilah hadis. Sebenarnya apakah yang maksud dengan al-Mukharrij itu?

Dan apa perbedaan antara Mukharrij hadis dengan periwayat hadis?

Jawaban:

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى اله وصحبه اجمعين . أما بعد:

Al-Mukharrij berasal dari kata Kharraja yang artinya mengeluarkan. Dalam terminologi ilmu hadis al-Mukharrij didefinisikan sebagai orang yang meriwayatkan hadis dengan menyebutkan urutan rangkaian sanad dalam kitab hadis yang dia bukukan. Seperti Imam Malik dalam kitab al-Muwattho, Imam Bukhariy, Imam Muslim dalam kedua kitab Shohihnya dan lain-lainya. Sehingga sering kita baca dalam kitab-kitab hadis; Akhrajahul Bukhariy Fis Shahih, Akhrajahu Muslim Fis Shahih, Akhrojahu Malik Fil Muwattha, Akhrajahu Ahmad Fi Musnadihi, dan sebagainya. Atau boleh juga kita sebut: Rowahul Bukhariy, Rowahu Muslim, Rowahu Malik, Rowahu Ahmad. Lantaran setiap Mukharrij (pentakhrij hadis) adalah orang yang meriwayatkan. Tetapi tidak semua Rowi (periwayat hadis) disebut Mukharrij.

Disebutkan dalam satu kaidah:

كل المخرج راو وليس كل راو مخرجا

Artinya: Setiap mukharrij itu dipastikan sebagai periwayat hadis, tetapi tidak semua periwayat hadis itu seorang mukharrij."

Kesimpulannya Mukharrij adalah periwayat hadis yang menginventarisir riwayat-riwayatnya dalam satu kitab, sedangkan perawi hadis sekedar meriwayatkan saja tanpa membukukan riwayatnya."



اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم
صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات


Jakarta: 18 April 2015


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

4 komentar:

Muhamad Sahlan mengatakan...

Alhamdulillah

Unknown mengatakan...

Tanks

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah ...jawabanya sdah mencakup semuanya terimakasih...

Unknown mengatakan...

Makasih selama ini ana 😕 bingung maksih pemahamanannya