Jumat, 29 Mei 2015

Hukum Duet Dalam Adzan

Hukum Duet Dalam Adzan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى اله وصحبه اجمعين . أما بعد:

Pertanyaan dari bapak Mamat H. Tunjih dari Sukapura, Jakarta Utara, jamaah Masjid Mambaul Hikmah.

Apakah boleh seseorang melanjutkan adzan yang dilakukan muadzin yang tiba-tiba meninggalkan adzannya lantaran satu dari lain hal. Apakah boleh bagi dua orang muadzin yang melakukan adzan saling bersaut-sautan. Seperti;

Ahmad mengucap Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Kemudian si Zaid melanjutkan: Ashadu Alla Ilaha Illallah 2 kali. Disusul lagi dengan Ahmad; Asyhadu anna Muhammaddar Rasulullah 2 kali hingga selesai adzan.?

Jawaban:

Untuk menjawab pertanyaan bapak Mamat H. Tunjih perlu kita ketahui terlebih dahulu syarat-syarat Sah adzan.

Sayyid Muhammad Abdullah al-Jurdaniy menyebutkan dalam Kitab Fathul Allam Syarh Mursyidil Anam jilid kedua halaman: 113 sebagai berikut;

Bahwa syarat-syarat adzan dan iqomah itu ada 7 macam:

وبشترط في الآذان والاقامة معا :

الإسلام
التمييز
الترتيب
الولاء
الجهر لجماعة
 عدم البناء على أدان الغير وإقامته
ودخول الوقت

1. Yang adzan adalah orang Islam.
2. Sudah Tamyiz (dewasa berakal)
3. Tertib sesuai susunan
4. Berurutan tidak ada jeda yang lama antara kalimat adzan.
5. Mengencangkan suara jika untuk berjamaah.
6. Tidak meneruskan bacaan adzan atau iqamat orang lain.
7. Masuk waktu.

Imam Ibrahim al-Baijuriy mengatakan bahwa menurut pendapat mu'tamad adzan itu disyaratkan dilakukan oleh lelaki.

Dari persyaratan di atas dapat kita jawab bahwa melanjutkan bacaan muadzin yang meninggalkan adzannya atau adzan yang dilakukan dengan saut-sautan (saling menjawab) antara dua muadzin satu sama lainnya tidak diperbolehkan. Orang yang ingin menggantikan muadzzin yang meninggalkan adzannya, maka ia kudu isti'naf (mulai dari awal), tidak boleh nerusin redaksi adzan muadzin sebelumnya.

Adzan adalah ibadah, bukan kerjaan yang boleh dibuat kreasi-kreasi agar orang tertarik. Adzan bukan seperti pantun palang pintu kudu ada saut-sautan atau kuli bangunan yang butuh tukang ama kenek. Adzan juga bukan orkes atau dangdutan yang boleh duet saat mendendangkannya.

Mungkin orang yang membolehkannya beranggapan bahwa adzan itu kaya pantun. Sehingga adzan dikreasikan seperti lakon almarhum Haji Bokir dalam kaset Topeng betawi judul Kumpul kebo:

Tuan rumah: Sampang simping.
Tamu: Temu dalam selampe.
Tuan rumah: Siapa di samping?
Tamu: Ada tamu baru sampe.
Tuan rumah: Ambil Dukdong di buat bale.
Tamu:Kok ambil dukdong dibuay bale.
Tuan rumah: kata bapa tamunya nyampe, duduk dong di bale.


Kesimpulan:

Dibolehkan menggantikan muadzzin yang meninggalkan adzannya tetapi orang yang menggantikan kudu balik dari awal tidak boleh melanjutkan kalimat muadzin pertama. Lantaran pada hakikatnya adzan yang dikumandangan muadzin pertama telah batal. Tidak boleh duet dalam adzan.



والله أعلم بالصواب




 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات


Jakarta: 29 Mei 2015


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy




Tidak ada komentar: