Jumat, 29 Mei 2015

Adzan Secara Berjamaah Di Satu Masjid

Adzan Berjamaah Di Satu Masjid

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى اله وصحبه اجمعين . أما بعد:

Pertanyaan dari Saudara Mastur at-Tijaniy dari Sukapura, Jakarta Utara, jamaah Majlis Ta'lim al-Muafah.

Apakah boleh beberapa orang melakukan adzan secara bersamaan dalam satu waktu di satu masjid?

Jawaban:

Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Sebagian melarang dan sebagian membolehkan jika diyakini adzan tersebut benar-benar kompak dengan satu suara dan nada. Jika tidak, maka dilarang.

Imam Ibn Hajar al-Asqallaniy dalam kitab Fathul Bari mengutip pendapat ulama yang mengatakan bahwa adzan secara berjamaah dengan satu suara awal mulanya dilakukan pada masa pemerintahan bani Umayyah.

Imam Muhyiddin Yahya Bin Syaraf an-Nawawiy ad-Dimasyqiy (wafat 676 Hijriyah) dalam kitab Raudhatut Thalibin jilid 1 halaman 316 mengatakan:

فإن كان المسجد كبيرا أذنوا متفرقين في أقطاره وان كان صغيرا وقفوا معا وأذنوا . وهذا ان  لم يؤد اختلاف الاصوات إلى تهويش . وان ادى لم يؤذن إلا واحد .


Artinya; " Apabila masjidnya besar, diperbolehkan beberapa muadzin melakukan adzan dalam keadaan berpencar di tiap sudut masjid. Jika masjidnya kecil diperbolehkan beberapa muadzzin berdiri pada tempat yang sama dan melakukan adzan. Hal demikian dibolehkan jika adzan yang dilakukan bersama-sama itu tidak terjadi perbedaan suara yang menyebabkan kekacauan. Jika kacau, maka satu orang saja yang melakukan adzan."

Dalam mazhab imam Ahmad Bin Hambal disebutkan:

إن أذن عدة في منارة فلا بأس ، وإن خافوا من تأذين واحد بعد واحد فوات أول الوقت ، أذنوا جميعا دفعة واحدة 

Artinya: Jika beberapa orang melakukan adzan di menara, maka diperbolehkan. Apabila mereka adzan satu persatu bergilir ada kekhawatiran luput mengerjakan shalat di awal waktu, maka diperbolehkan mereka adzan berjamaah sekaligus."

Pandangan mazhab imam Malik mengenai adzan berjamaah sebagai berikut:

قال ابن حبيب ولا بأس فيما اتسع وقته من الصلوات ، كالصبح والظهر والعشاء ، أن يؤذن خمسة إلى عشرة واحد بعد واحد ، وفي العصر من ثلاثة إلى خمسة ، ولا يؤذن في المغرب إلا واحد . 

Ibn Habib berkata: Boleh hukumnya melakukan adzan 5 sampai 11 orang jika waktunya leluasa seperti shalat shubuh, zhuhur dan isya. Tetapi adzan tersebut dilakukan secara bergantian satu persatu. Jika shalat ashar boleh 3 sampai 5 orang. Adapun adzan shalat maghrib hanya dibolehkan satu orang saja."


فهذا نص مالك والمالكية في جواز تعدد الأذان في المسجد الواحد ، يؤذنون واحدا بعد واحد 

Inilah nash mazhab imam Malik dan para pengikutnya tentang kebolehan melakukan beberapa kali adzan di satu masjid yakni adzan tersebut dilakukan oleh kelompok orang dengan bergantian satu persatu.

Imam Ibn Hazm al-Andalusiy mengatakan dalam kitab al-Muhalla jilid 2 halaman: 179:

 ولا يجوز أن يؤذن اثنان فصاعدا معا 

Artinya: Tidak boleh dua orang atau lebih melakukan adzan secara bersamaan."

Pada halaman 180 beliau menegaskan:

وجائز أن يؤذن جماعة واحدا بعد واحد للمغرب وغيرها سواء في كل ذلك ، فلم يمنع تعدد الأذان من عدة مؤذنين في المسجد الواحد أحد من سلف الأمة . 


Dan boleh beberapa orang melakukan adzan bergilir satu persatu untuk shalat maghrib dan shalat wajib lainnya seperti cara tersebut. Tidak ada salah seorang pun dari generasi ulama salaf yang melarang melakukan adzan berkali-kali yang dilakukan oleh beberapa orang muadzin di satu masjid."

Kesimpulan:

Boleh-boleh saja melakukan adzan berjamaah dengan satu suara di waktu dan tempat yang sama jika dengan satu suara dan nada serta satu kalimat atau juga boleh melakukan adzan secara bergantian dengan beberapa muadzin jika waktunya leluasa sehingga tidak ketinggalan awal waktu dalam pelaksanaan shalat. Akan tetapi jika tidak aman dari perbedaan suara dan nada yang tidak karuan, maka dilarang.

Jika adzan berjamaah itu dilakukan lantaran agar tersiar panggilan ajakan shalat jamaah atau sebagai informasi masuk waktu shalat, maka zaman sekarang sudah banyak masjid dan mushalla yang menggunakan toa atau pengeras suara. Pendek kata kalau di Jakarta atau di kota-kota besar lainnya mungkin adzan dengan berjamaah sudah tidak relevan untuk diamalkan. Jika di desa-desa pedalaman sana untuk syiar boleh dilakukan.


والله أعلم بالصواب .



 ********* ******** ********

Datar pustaka

1. Fathul Bari Syarh Shohih al-Bukhari, Cetakan Darul Fikr 2001.

2. Raudhatut Thalibin, cetakan Darul Kutub Ilmiyah 2006.

3 al-Muhalla Bil Astar, cetakan Darul Kutub Ilmiyah 2009.



اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات


Jakarta: 29 Mei 2015


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

Tidak ada komentar: