Minggu, 03 Mei 2015

Binatang Paling Lemah Doanya Maqbul

Binatang Unik Doanya Maqbul

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى اله وصحبه اجمعين . أما بعد:


Tebak-tebakan merupakan kerjaan atau trik orang pandai untuk melatih kecerdasan seseorang. Terkadang kalau terlalu sulit menebaknya bisa bikin gegaruk kepala padahal kaga gatel.


Sebagai contoh:

Binatang yang paling lemah dan tulangnya di luar dagingnya di dalam.

Apakah itu?

Jawabannya;

Kura-kura


Imam al-Baghawi menyatakan kura-kura hukumnya masih kontrofersi di kalangan ulama ada dua pendapat, ada yang menghalalkan dan ada yang mengharamkan. Tetapi imam Rafiiy mentarjih (mengunggulkan) pendapat yang mengharamkannya dengan alasan kura-kura termasuk binatang menjijikan lantaran sering memakan ular. Adapun pendapat Ibnu Hazm kura-kura baik laut maupun darat hukumnya halal begitu juga halal telurnya.

Imam al-Qazwiniy menyatakan orang dahulu punya kebiasaan jika cuaca di satu kampung sangat dingin sehingga menimbulkan madhorrot (membahayakan) bagi lingkungan, mereka mengambil kura-kura dan membalikan posisi punggung kura-kura di bawah sedangkan kakinya ke arah atas menghadap langit, maka tiba-tiba cuaca dingin tersebut tidak membawa bahaya.

Mungkin doa-doa kura-kura sebagai binatang lemah dan terzholimi langsung diijabah oleh Allah.

Jika ada tebak-tebakan binatang apa yang paling lemah di dunia? Jawabannya adalah kura-kura sakit. Mengapa demikian? Kura-kura sehat saja jalannya pelan apalagi kura-kura sakit.

Dalam kitab Ajaibul Akhbar disebutkan bahwa Ahli hewan telah meriset bahwa kura-kura jenis amlaqah (Giant Tortoise) termasuk salah satu hewan yang memiliki umur paling panjang sampai 150 tahun.



Wallahu A'lam.

_________________




 ********* ******** ********

اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات




JAKARTA 03 Mei 2015


Mudir Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy




Tidak ada komentar: