Jumat, 08 Mei 2015

Keberkahan Sisa Makanan Yang Tercecer

Keberkahan Sisa Makanan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى اله وصحبه اجمعين . أما بعد:

Di antara yang menjadi penyebab terbukanya kocoran rizqi ngocor kaga ngasoh-ngasoh adalah memungut makanan yang jatuh dari tempatnya kemudian memakannya.

Imam ad-Dailami meriwayatkan hadis dari Ibn Abbas Radhiyallahu Anhuma bahwa sanya Rasulullah bersabda:

من أكل ما يسقط من الماءدة خرج ولده صباح الوجوه ونفي عنه الفقر ..

Siapa saja makan sesuatu bagian makanan yang jatuh dari tempat makan, maka apabila nanti dia punya anak anaknya berwajah ganteng/cantik dan dilindungi dari hidup keblangsak.

Hadis di ini ditakhrij oleh imam al-Khathib al-Baghdadiy dalam kitab Tarikh Baghdad ketika membicarakan tokoh yang bernama Abdus Shamad al-Hasyimiy.

Dalam riwayat lain disebutkan;

من أكل ما يسقط من الخوان والقصعة أمن من الفقر والبرص والجذام وصرف عن ولده الحمق .

Siapa saja memungut kemudian memakan sisa makanan yang jatuh dari meja atau nampan, maka ia dilindungi dari hidup keblangsak, penyakit sofak, penyakit struke, dan dijauhkan sifat idiot dari anak-anaknya.

Riwayat Al-Hajhaj Bin Allath menambahkan:

أعطي سعة الرزق ووقي الحمق في ولده وولد ولده .

Akan diberikan keluasan rizqi dan dilindungi anak-anak dan cucunya dari sifat idiot.

Sampai diriwayatkan seorang ulama besar bernama imam Sufyan Bin Uyainah Radhiyallahu Anhu pernah ditanya orang "Dengan sebab apa anda menjadi ulama besar? Beliau menjawab "dengan sebab aku sering memungut dan makan makanan yang jatuh dari tempatnya."

Apa yang dilakukan imam Sufyan Bin Uyainah semata-mata mengamalkan hadis Rasulullah riwayat imam Muslim dari Jabir Radhiyallahu Anhu:

اذا اكل احدكم طعامه فليعلق اصابعه فانه لا يدري في ايهن البركه.

Apabila salah seorang di antara kalian, maka hendaknya ia menjilat jari-jari tangannya, lantaran ia tidak mengetahui di mana letak keberkahan.

Kita tidak pernah penyangka banyak sekali Allah menempatkan keberkahan pada sesuatu yang sepele yang mungkin saja orang merasa jijik melakukannya. Berapa banyak orang yang derajatnya diangkat mencapai kemulian lantaran mengerjakan hal-hal yang sederhana.

Walaupun para ahli hadis menyatakan bahwa hadis keutamaan memungut dan memakan makanan yang jatuh memiliki sanad-sanad yang lemah (dhaif) akan tetapi kelemahan tersebut masih dipayungi oleh hadis-hadis yang shohih.

Imam Muslim meriwayatkan dari Jabir:

إن الشيطان يحضر أحدكم عند كل شيء من شأنه حتى يحضره عند طعامه فإذا سقطت من أحدكم اللقمة فليمط ما كان بها من أذى فليأكلها ولا يدعها للشيطان .

Artinya sesungguhnya syetan mendatangi salah seorang kalian dalam segala hal. Sampai ketika seseorang makan syetan mendatanginya. Apabila ada sisa-sisa suapan yang jatuh, maka bersihkan kotorannya kemudian makan dan jangan kau biarkan makanan itu buat syetan.

Imam Muhyiddin an-Nawawiy ad-Dimasyqiy menjelaskan:

واستحباب أكل اللقمة الساقطة بعد مسح أذى يصيبها هذا إذا لم تقع على موضع نجس فإن وقعت على موضع نجس تنجست ولا بد من غسلها إن أمكن فإن تعذر أطعمها حيوانا ولا يتركها للشيطان.

Kesunnahan makan sisa-sisa makanan yang tercecer hendaknya dilakukan setelah membersihkan makanan yang jatuh. Hal demikian jika sisa tersebut tidak jatuh di tempat najis. Jika sisa-sisa makanan itu jatuh di tempat najis, maka hukumnya jadi mutanajjis (terkena najis) jika memungkinkan untuk mencucinya lakukanlah. Jika tidak, maka sisa makanan yang tercecer itu diberikan kepada hewan dan jangan seseorang membiarkannya untuk syetan.




_________________

Daftar Pustaka:

1. Bughyatul Hudzzaq Li Ma'rifati Mafatihil Arzaq karya Dr Muhammad Abdurrahman Syamilah al-Ahdal.

2. Al-Mawahibul Muhammadiyah Syarh Syamail Tirmidziyah karya Syekh Sulaiman al-Jamal al-Azhariy

3. Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim Bin al-Hajjaj karya Imam Nawawiy ad-Dimasyqiy.



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات


Jakarta: 08 Mei 2015


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy



Tidak ada komentar: