Kamis, 26 Maret 2015

Jangan Kau Balas Gigitan Anjing Dengan Menggigitnya

Ada seorang yang mengeluh kepada ahli hikmah tentang perbuatan zholim yang sering dilakukan oleh orang kepadanya. Ahli hikmah itu menjawab: "Kau tak usah meladeni apalagi membalas kezholiman mereka. Apakah jika ada anjing yang menggigitmu kamu akan membalas dengan menggigit anjing itu? Gitu aja repot!!!

Berapa banyak masalah sepele yang akhirnya menjadi penghalang kesuksesan hidup kita. Masih banyak urusan yang lebih bermanfaat untuk kita benahi. Singa si raja hutan tidak memikirkan siasat jitu bagaimana cara mengusir atau memangsa rongo (kutu) yang terbang di atas kepalanya. Lantaran ia yakin ada mangsa yang lebih besar dan menguntungkan.

Nga usah kita tanggapi semua fitnah, hasutan dan kecaman orang lain terhadap diri kita apalagi hal tersebut berasal dari orang bodoh. Menyibukkan diri memikirkannya merupakan kerugian buang-buang umur sia-sia, laksana orang dagang rugi mutlak. Jangan berharap balik modal apalagi dapet untung. Pendek kata nimpalin orang bodoh bikin madorrot. Menang tidak bangga, kalah malu-maluin.

Hal ini telah dinyatakan dalam firman Allah Taala:

: خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ  

Artinya:  "Jadilah engkau (seorang) pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh." (Q.S. Al A'raf: 199)


H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Ya Allah Panjanglah Umur Guruku,
Berikanlah keberkahan dalam hidupnya.
Berikanlah beliau Sehat Afiat.
Jauhkanlah guruku dari segala bala,fitnah dan musibah serta ada niatan orang berbuat jahat kepada keguru.
Ya Allah limpahkan rezeki kepadanya.

Unknown mengatakan...

aamiin ya rabb