Minggu, 29 November 2015

Tetapkan Bakhil & Pisahkan Dermawan

Tetapkan Bakhil & Pisahkan Dermawan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Ada seorang wali bersama anaknya melakukan perjalanan dan singgah di satu tempat. Singkat cerita kedua sampai di satu kampung yang penduduknya orang bakhil semua. Tidak ada penghuni kampung itu yang mengizinkannya menginap bahkan tutur kata mereka pun kasar dan kalimat-kalimat nyelekit yang bikin hati pendengarnya sampe dirorot-rorot. Melihat keadaan demikian sang wali membaca doa:" Ya Allah, berikan ketetapan kepada mereka di kampung ini."

Bergegaslah sang wali bersama anaknya meninggalkan kampung itu menuju kampung sebelah. Sungguh sangat bedanya kampung sebelah ini penduduknya ramah-ramah, wajahnya ajer-ajer dan mereka memberikan jamuan aneka makanan dan minuman. Penduduk kampung juga pada berebut menawarkan tempat singgah kepada si wali dan anaknya.

Sekonyong-konuong sang wali mendoakan mereka: "Ya Allah pisahkan mereka dari kampung ini." Anak sang wali terheran-terheran dengan doa ayahnya hingga ia bertanya: "Wahai ayah, di kampung sebelumnya kau mendoakan mereka agar mendapat ketetapan padahal mereka orang bakhil. Sedangkan di sini kau doakan agar penduduk kampung ini berpisah padahal penduduk kampung ini dermawan dan ramah pula? Sang wali menjawab:

ان البخلاء لو انتشروا في البلاد وتفرقوا لجعلوا كل من يقابلهم بخيلا . أما الكرماء فلو تفرقوا في البلاد لجعلوا كل من يقابلهم كريما .

Orang bakhil jika mereka pindah dari kampung mereka dan bertebaran di penjuru negri, maka mereka menjadi penyebab orang lain yang mereka jumpai menjadi pelit. Adapun orang dermawan seandainya mereka bertebaran ke tempat lain bakal jadi penyebab orang lain yang mereka temui menjadi dermawan.

Disarikan dari kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid jilid 2 halaman: 92 karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy

 

 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Takut terkontaminasi.....