Selasa, 24 November 2015

Manfaat Ud Shalib (Fawania)

Manfaat Ud Sholib Atau Fawania

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Ud Shalib nama tumbuhan yang berada di Afrika memiliki khasiat yang sangat luar biasa dari batang sampai akarnya bahkan bunganya. Nama biologi Ud Sholib adalah Paeonia atau Fawania. Bunganya berwarna merah mirip dengan mawar, daunnya hijau dan bagian dalam batangnya berwarna putih dengan totol-toloan berwarna hitam seperti bintik-bintik totolan buah nanas.

Sejak zaman dahulu Kitab-kitab tentang Thib (pengobatan) banyak menyebutkan khasiat ud sholib, sebut saja di antaranya: kitab Qanun Fit Thib karya Ibnu Sina, kitab Tadzkirah Ulil Albab dan kitab an-Nuzhatul Mubhijah karya Daud Bin Umar al-Anthakiy, kitab Ajaibul Makhluqat karya al-Qazwiniy, kitab al-Mu'tamad Fil Adwiyah al-Mufradah karya Yusuf Bin Umar al-Ghassaniy, kitab Fathul Malikil Majid karya Ahmad ad-Dairabiy dan lain-lain.

Ud Shalib diyakini memiliki khasiat yang sangat zhahir (nyata) dalam pengobatan penyakit medis dan non medis. Karenanya banyak ahli ruhaniyah di Afrika menggunakan Ud Shalib sebagai kalung, tasbeh, gelang, bukhur dan sebagainya.

Imam Ahmad ad-Dairabiy dalam kitab Fathul Malikil Majid Li Naf'il Abid halaman 181 mengatakan: "Di antara manfaat U'd Sholib dapat dijadikan obat mujarrab:

1. Menyembuhkan penyakit Colon.
Colon adalah penyakit kanker usus besar yang merupakan salah satu penyakit kanker nomor tiga yang paling banyak terjadi didunia dan merupakan salah satu penyakit kanker yang mematikan.
Caranya: ambil Ud Sholib seukuran kacang tanah lalu tumbuk halus, kemudian dimakan.

2. Mengatasi, mencegah dan menghilangkan bau tidak sedap dari badan.

Bau badan merupakan masalah internasional yang dialami hampir setiap orang. Meski begitu, ini bukan hal yang bisa terus dibiarkan. Bau badan tak sedap ambreng-ambrengan hingga dapat mengganggu orang lain.

Tehniknya seperti cara di atas.

3. Meyembuhkan sengatan segala binatang berbisa.

Caranya ambil Ud Sholib seukuran kacang tanah kemudian dipapak di mulut lalu separo papakannya ditelan dan separo lagi diborein pada bagian yang tersengat . Segala jin dan bintang berbisa tidak betah berada pada rumah yang ada Ud sholib di dalamnya.

4. Mengobati penyakit kejang-kejang pada bocah.

Caranya: ambil gerusan ud sholib lalu masukkan pada susu yang akan di minumkan kepada bocah. Lakukan cara seperti itu setelah bocah itu nangis dan kemudian minumkan susu tersebut dan kalungkan dengan ud sholib.

5. Benteng dari segala bentuk sihir, santet, guna-guna dan lain-lain.

Siapa saja yang membawa ud sholib akan mendapat perlindungan dari sihir bahkan jika ia tidur membawa ud sholib maka ia akan terhindar dari mimpi buruk.

6. Perlindungan dari kejahatan binatang buas.

Apabila ud sholib dikalungkan pada leher seekor kambing yang berada pada komunitas kambing di dalam kandangnya, maka seada-adanya kambing di kandang akan aman dari serangan serigala.

7. Tampil Percaya diri dan dapat menghilangkan rasa takut.

Memiliki rasa takut yang berlebihan akan segala sesuatu tentunya akan menjadi penghalang bagi seseorang dalam beraktivitas dan menghambat dalam meraih cita-cita dan impian mereka. Namun, orang yang mampu bangkit dan menghilangkan perasaan takut dari hidupnya, biasanya akan memiliki motivasi yang tinggi dalam beraktivitas.

Terkadang seseorang merasa takut dari hal-hal yang sebernarnya tidak pantas untuk dikhawatirkan. Laksana kerbau takut sasak, lantaran terlalu takut ia lari salah arah sehingga jatuh terperosok ke jurang, padahal sasak (jembatan) yang ada di depannya sangat kuat.

Siapa saja membawa ud sholib, maka ia akan diberikan rasa aman sehingga ketika berjalan ia sudah tidak lagi khawatir tengak-tengok ke kanan ke kiri ataupun ke belakang.

Orang-orang Romawi tempo dulu selalu membawa ud sholib ketika mereka ingin melakukan safar (berpergian) ke berbagai tempat. Bahkan mereka punya kebiasaan menggantungkan ud sholib di leher bocah-bocah lantaran mereka meyakini ud sholib memiliki banyak khasiat dan manfaat terutama sebagai hijab (pelindung) dari kejahatan jin.

Hendaknya seseorang memiliki ud sholib yang sewaktu-waktu ia bisa gunakan di saat punya keperluan. Dan boleh jadi harga ud sholib agak mahal sampai disebutkan:

يستحق ان يباع بوزنه ذهبا

Artinya: Ud Sholib Pantas jika dijual bagai membelinya dengan harga emas.

8. Penangkal dari kejahatan Jin

Jalianus adalah seorang ahli hikmah dan juga tabib (dokter) masyhur yang hidup di zaman Nabi Isa alaihis salam berkata: Ada seseorang yang sering kesurupan (kemasukan syetan) kemudian salah satu saudaranya mengalungkan ud sholib di lehernya, maka jin yang selama ini mengganggunya sudah kapok buat masuk lagi ke dalam diri orang itu.

9. Bikin akur orang ribut

Syekh Daud al-Anthakiy dalam kitabnya Tadzkiratu Ulil Albab halaman 264 mengatakan: Siapa saja yang sedang saling membenci agar akur kembali hendaknya seseorang meletakan ud shalib di bawah bantal yang dipakai tidur orang tersebut, maka akan harmonis hubungan keduanya.

Masih banyak lagi manfaat Ud shalib di antaranya: menjaga janin dari keguguran, mengobati batuk, hernia, kanker rahim, mencegah lumpuh, memudahkan proses kelahiran, melancarkan peredaran darah, mencegah stres dan gila, sesak nafas dan lain-lain. Imam Ahmad ad-Dairabiy dalam kitab Mujarrabatnya panjang lebar menjelaskan keutamaan oud sholib.

Menurut keterangan al-Hafizh Muhammad Abdul Hay al-Kattaniy dalam kitab Fihrisul Faharis dhabit (catatan) nama الديربي yang tepat adalah Dayarbiy.

Sanad Oud Sholib

Adapun sanad Muttashil kepada Imam Daud Bin Umar al-Anthakiy wafat 1592 Masehi bertepatan tahun 1008 Hijriyah, al-Faqir riwayatkan sebagai berikut:



الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المعمر السيد ابي بكر بن احمد بن حسين الحبشي عن العلامة الشيخ عمر حمدان المحرسي المكي عن الشيخ فالح بن محمد الظاهري عن الشيخ محمد بن علي الخطابي السنوسي عن الحافظ السيد مرتضى الزبيدي عن الشمس محمد سالم الحفني عن عبد العزيز الزيادي عن الشمس محمد بن العلاء البابلي عن العلامة الطبيب داود بن عمر الأنطاكي رحمه الله .  


NB: khasiat Oud Sholib yang disebutkan di atas akan hilang apabila saat memetik atau memotong Oud Sholib dengan menggunakan benda yang terbuat dari besi. Jadi oud sholib yang sudah kena mesin bubut berbentuk butiran tasbeh, sudah hilang khasiatnya. Waktu memetiknya pun hanya pada waktu-waktu tertentu bahkan di pasaran juga banyak ditemukan ud sholib palsu. Waspadalah !!

Seangkan sanad muttashil (bersambung) kepada Imam Ahmad Bin Umar ad-Dayrabiy yang al-faqir dapatkan adalah:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن المعمر العلامة المحدث مسند العصر السيد عبد الرحمن الكتاني عن والده الحافظ السيد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني (ت 1382 هـ) عن الشيخ عبد الرزاق بن حسن البيطار الدمشقي (ت 1335 هـ) عن الشيخ يوسف بدر الدين الدمشقي (ت 1279 هـ) عن الشيخ عبد الله بن حجازي الشرقاوي (ت 1227 هـ ) عن الشيخ أبو الحسن علي بن أحمد الصعيدي العدوي (ت 1189 هـ) عن شهاب الدين احمد بن عمر الديربي رضي الله عنه (ت 1151 هـ)‪‬‪‬

Alhamdulillah, al-Faqir sudah memiliki Ud shalib dalam asli yang masih bentuk bonggolan maupun bentuk Tasbeh Thariqah Tijaniyah hadiah dari Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy penyair kerajaan Maroko pada tahun 2014. Wassyukru Lillah al-Faqir sudah mendapatkan ijazah sanad Oud Sholib semoga dengan ijazah sanad tersebut semakin zhohir barokah wiridan yang alfaqir baca.

Pada tahun 2013, saat Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy Hafizhahullah datang pertama kali ke Indonesia singgah di rumah al-Faqir, beliau berkata kepada al-Faqir: Ya Qadhinal Mubajjal, jenis tasbeh yang pantas buat kau pakai wirid adalah Ud Shalib, Insya Allah saya akan hadiahkan kepadamu."

Sayyid Abdul Karim sangat sering memanggil al-Faqir dengan sebutan Qadhi. Panggilan tersebut beliau ucapkan pertama kalinya ketika al-Faqir bertemu di kota Rabath, Maroko. Sebenarnya Qodhi adalah jabatan keistimewaan buat pakar hukum. Rasanya al-Faqir tidak layak dipanggil dengan julukan itu. Semoga sebutan beliau menjadi doa buat al-Faqir.

Banyak ulama pemegang asrar menggunakan ud shalib sebagai tasbeh, di antaranya; Syekh Shalahuddin at-Tijaniy al-Mishriy, Sayyid Muhammad al-Habib Bal Hasan al-Jakkaniy, Syekh Ayman Hamdiy al-Mishriy dan lain-lain.

Tasbeh jenis ud sholib dapat dibeli di toko-toko sekitar zawiyah Kubra Sayyidi Syekh Ahmad Tijaniy di kota Fez, Maroko.

Ketahuilah Ya ikhwan, jangan kalian tertipu dengan keutamaan-keutamaan yang disebutkan, lantaran dalam berdzikir yang terpenting adalah niat lillahi taala, kekhusyu'an, hudhur, yaqin, tamkin dan istiqomah. Jika semua itu ada maka jenis tasbeh apapun yang dipakai itulah yang bakal mendatangkan asrar dan futuh. Kalau niat komersil bukan sekedar rusak asrarnya bahkan bisa dapat mushibah. Naudzubillah.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



50 komentar:

Unknown mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz

Unknown mengatakan...

Qobiltu Tuan Guru

Ali fikri mengatakan...

Subhanalloh....

Ali fikri mengatakan...

Subhanalloh....

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah...kita saban hari selalu mendptkan siraman ilmu yg tdk pernah kita ketahui InsyaALLAH guru kami (Baginda) menjadi lautan ilmu buat kita2..Aamiin Yaa Rabb..

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah...kita saban hari selalu mendptkan siraman ilmu yg tdk pernah kita ketahui InsyaALLAH guru kami (Baginda) menjadi lautan ilmu buat kita2..Aamiin Yaa Rabb..

Unknown mengatakan...

Sy ijazahkan,, cari tasbehnya,yg asli

Unknown mengatakan...

Barokah

Unknown mengatakan...

Was syukru lillah

Unknown mengatakan...

Banyak ilmu yang masih tersembunyi

Unknown mengatakan...

Masya ALLOH,Syukron Pak Kyai

Unknown mengatakan...

Kyai, ampe sekarang ana msh penasaran bgt ama tasbeh Marjan, pengen banget punya itu tasbeh, pastinya yg ori. hehehe...

Unknown mengatakan...

Alhamdu lillaah... syukron abuya...

mad35 mengatakan...

qobiltu yeah ustaz

mad35 mengatakan...

qobiltu yeah ustaz...saya sudah dpt ud shalib dari ikhwan tijani Indonesia

Unknown mengatakan...

Sya ada barang out shalib

Unknown mengatakan...

Ampe kebawa mimpi

Unknown mengatakan...

Sy tijaniy kang..mohon ijazahnya

Syaeful bahar mengatakan...

Qobiltu baginda

Unknown mengatakan...

Berapa harga pak

Muhammad mukhlis mengatakan...

Qabiltu kang kiyai

Syaeful bahar mengatakan...

Alhamdulillah sekarang punya

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah Baginda

Achmad mengatakan...

Kalau ingin punya beli nya dimana ya kiai....terima kasih

Dhana yudistira putra mengatakan...

Cara mengetahui yang asli sama yang palsu gimana ya.. mohon info nya??🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Unknown mengatakan...

Berapa satu utas

Unknown mengatakan...

Ustadz utk batu akik marjan yg asli belinya dimana?

Mohamad rashdan mengatakan...

qobiltu tuan guru

Unknown mengatakan...

Salam. Kyai saya mau oud nya buat obat kangker usus guru kami alhaj ajid muhammad ridwan, saya mohon, berapa harganya? Mudah Mudahan jadi wasilah kesembuhan guru kami

Unknown mengatakan...

Salam. Kyai saya mau oud nya buat obat kangker usus guru kami alhaj ajid muhammad ridwan, saya mohon, berapa harganya? Mudah Mudahan jadi wasilah kesembuhan guru kami

Mohamad rashdan mengatakan...

Qobiltu..pak ustaz

Unknown mengatakan...

Qobiltu Baginda

Indra Wahyudi mengatakan...

Bagi yang ingin membeli tasbih ud sholib silahkan hubungi ana di nomer ini via wa .. 082323806545 syukron

Indra Wahyudi mengatakan...

Bisa juga tasbih yusr ke ana juga,, kurma muda baik yg merah atau kuning ikhtiar untuk pasutri ... Fadhol

Unknown mengatakan...

Macam mana saya nak dapatkan/beli tasbih oud sholib

Anonim mengatakan...

Di shopee ada

Indra Wahyudi mengatakan...

Yang lagi nyari tasbih yuser ,unnab dan oud sholib serta marja asli Mesir dan Maroko boleh chat sy di WhatsApp +62 822-5859-7065

abusyifa mengatakan...

qobiltu

sigit waskito aji mengatakan...

Yang cari Oud Solib, Unnab, Yusr Asli, pantau FB saya Sigit Waskito Aji. Atau WA 083869727860. Cek IG @Elsubha

Akhi mengatakan...

Qobiltu

Agung Irfani mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz dan izin copas untuk kebutuhan saya berdagang

Doni mengatakan...

Bang agung irfani ente jualan kayu tasbihnya ???

Doni mengatakan...

Qobiltu pak kyai

Tabib nanang mengatakan...

Tidak ada keterangan riwayat dikitab thib apapun yang menuliskan kalo proses pengambilan kayu oudh sholib pakai besi dan mesin bubut bisa menghilangkan kasiatnya,,,,, kalo tidak ada keterangan kasiat hilang sebab logam jangan mengada2 bikin keterangan sendiri demi laku dagangannya,,,, oudh sholib mutlak kandungannya dipetik pakai logam apapun, dibubut pakai mesin apapun, dipetik diwaktu apapun tetap berkasiat ampuh,,,, kayu oudh sholib anugerah dari allah untuk manusia seluruh alam,,,,

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Tuan Haji saya mohon ijazahnya,Ud Sholib menjadi barokhah dunia akhirat & saya mohon dibolehkan copy semua ini Tuan Haji

Unknown mengatakan...

Barusaja saya berfikir, seandainya benar manfaat oud sholib hilang jika sdh terproses menggunakan alat/mesin/besi jadi untuk apa membeli tasbih oud sholib mahal mahal? Kan sama saja dengan beli tasbih kayu biasa. Mohon pencerahan

Zaenudin mengatakan...

Alhamdulillah sy sudah membeli tasbih oil sohib lewat ustadz Sigit Waskito di shoppe, alsubha.

Irfan mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

Sy jg berfikir KL kayu aud sholob kasiatnya hilang karena di potong dan do proses dg bahan2metal terus kalau di jadikan tasbeh motong dan memproses bulat sedemikian rupa pakek apasoalnya di jaman sekarang gk ada orang sakti seperti dulu....la ters tasbeh yg ustat jual memperosesnya pakek apa...? Mohan di jelaskan ya ustadz....mohon maaf KL ada kata2 yg kurang sopan🙏🙏

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazah