Sabtu, 07 November 2015

Surat Ali Imran 157-158

Surat Ali Imron 157-158

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

:
Dua ayat dalam surat Ali Imran berbicara tentang dua macam kematian:

"وَلَئِنْ قُتِلْتُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ مُتُّمْ لَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرَحْمَةٌ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ.(157)

Artinya: Dan sungguh kalau kalian gugur di jalan Allah atau meninggal, tentulah ampunan Allah dan rahmat-Nya lebih baik (bagi kalian) dari pada harta rampasan yang mereka kumpulkan.

"وَلَئِنْ مُتُّمْ أَوْ قُتِلْتُمْ لَإِلَى اللَّهِ تُحْشَرُونَ(158) ".

Artinya: "Dan sungguh jika kalian meninggal atau gugur, tentulah kepada Allah saja kalian dikumpulkan.

Sungguh sangat bedanya antara orang-orang yang wafat berperang membela agama Allah Taala dengan orang-orang yang meninggal biasa. Boleh jadi Allah Taala sebutkan lebih dahulu dalam redaksi ayat 157..

Pendek kata ayat 157 menyatakan bahwa: Orang yang mati syahid meraih rahmat dan ampunan Allah. Pangkat ini tidak akan diberikan kecuali buat orang Islam.

Pada redaksi ayat 158 didahulukan kematian secara umum baik mati lantaran sakit, kena mushibah atau bahkan dibunuh. Maksud ayat ini ingin menjelaskan bahwa kematian itu merupakan ketetapan Allah Taala pada semua manusia karenanya pada ayat ini tidak disertai kata fi sabilillah sebagaimana disebut pada ayat sebelumnya. Dan mati dalam kondisi tidak dalam Sabilillah adalah bentuk kematian terbanyak yang di alami manusia.

Orang-orang yang mati dalam keadaan dibunuh meliputi orang muslim dan non muslim, orang zholim dan orang yang dizholimi karenanya diujung ayat 158 ini Al-Qur'an menyatakan "Hanya kepada Allah Taala kalian dikumpulkan."



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy

 

 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


Tidak ada komentar: