Sabtu, 07 November 2015

Derajat Manusia Ditentukan Dari Shadaqahnya

Derajat Manusia Sesuai Shodaqohnya

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Dikisahkan pada suatu hari ada seorang ahli ma'rifah sedang berjalan bersama muridnya di satu jalan perkampungan kota Mesir. Tiba-tiba sang murid melihat di sebrang jalan  ada tukang safir (peminta-minta) bertemu dengan orang kaya, ia ingin meminta shodaqoh kepadanya. Orang kaya itupun segera mengambil dompetnya dan mencari-cari uangnya. Sang ahli ma'rifah berkata kepada muridnya: "Taukah engkau apa yang sedang dicari-cari oleh orang kaya itu? Muridnya menjawab: "Aku tidak tau". Sang ahli ma'rifah menjawab: "orang kaya itu sedang mencari kedudukan pangkat dirinya di sisi Allah untuk dia berikan kepada si faqir miskin."

Terlihat orang kaya itu hanya memberikan uang kecil (kira-kira 500 rupiah) kepada orang faqir tersebut.

Tahukan anda siapakah ahli ma'rifat dan muridnya itu? Yang dimaksud ahli ma'rifat itu adalah imam Ali al-Khawwash dan muridnya imam Abdul wahhab as-sya'raniy Radhiyallahu Anhuma.

Dan tahukah anda bahwa shadaqoh yang kita berikan kepada orang menjadi barometer seberapa besar pangkat, kedudukan dan derajat kita di sisi Allah. Jika kita ingin pangkat kita besar di sisi Allah Taala, bershodaqohlah dengan ikhlas dan maksimal. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

الناس تحت ظل صدقته

Manusia itu pada hari qiyamat berada di bawah naungan shodaqohnya.

Disarikan dari kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Mun'yah as-Syakunjiy jilid 2 halaman; 38.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



Tidak ada komentar: