Senin, 16 November 2015

Naktal Nama Saudara Nabi Yusuf

Naktal Nama Saudara Nabi Yusuf

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Syaikh Muhammad Bin Shalih al-Ustaimin (Lahir 1928-2001 Masehi) mendengar ada seorang tetangganya yang istrinya baru saja melahirkan. Syekh Muhammad al-Ustaimin bertanya: Siapa nama anakmu? Tetangganya menjawab: Saya akan beri nama anakku dengan nama naktal !! Syekh Muhammad Al-Ustaimin bertanya lagi: Apa yang kau ketahui tentang nama itu? Tetangganya menjawab: Naktal adalah nama saudara Nabi Yusuf alaihis salam, saya ingin bertabarruk dengan nama itu. Syekh Muhammad al-Ustaimin: "Dari mana kau tahu bahwa Naktal adalah nama Saudara Nabi Yusuf Alaihis Salam?
Tetangganya menjawab: Dari surat Yusuf ayat; 63.

فَلَمَّا رَجَعُوا إِلَى أَبِيهِمْ قَالُوا يَا أَبَانَا مُنِعَ مِنَّا الْكَيْلُ فَأَرْسِلْ مَعَنَا أَخَانَا نَكْتَلْ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ .

Maka ketika mereka telah kembali kepada ayahnya (Yakub) mereka berkata, “Wahai ayah kami! Kami tidak akan mendapat jatah (gandum) lagi, (jika tidak membawa saudara kami), sebab itu biarkanlah saudara kami pergi bersama kami agar kami mendapat jatah, dan kami benar-benar akan menjaganya.”

Tetangganya: Pada ayat itu jelas sekali disebut kata ( أَخَانَا نَكْتَلْ  ) saudara kami Naktal.

Mendengar hal itu, Syekh Muhammad al-Ustaimin akhirnya mesem-mesem ketawa sorak habis-habisan dalam hatinya.

Kisah di atas dikutip dari kitab Ittihaful Amajid Binafaisil Fawaid jilid 2 halaman; 98 karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy.

Dalam kitab tafsir Anwarut Tanzil Wa Asrarut Ta'wil jilid 1 halaman: 477, karya Imam Abdullah Bin Umar al-Baidhawiy (wafat 791 Hijriyah) disebutkan bahwa anak-anak Nabi Ya'qub Alaihis Salam ada 12 sebagai berikut:

1.Ruwaibil
2. Syam’un
3. Lawi
4. Yahudza
5. Yasyakhar
6. Zabalun
7. Bunyamin
8. Asyir
9. Dan
10. Naftali
11. Jad
12. Yusuf

Jadi itu orang salah memahami ayat al-Qur'an surat Yusuf ayat 63. Kesimpulannya, biar kata ada orang hafal al-Qur'an bisa dia baca dari belakang bolak balik, dan ia coba-coba memahami ayat-ayat al-Qur'an dengan pendapatnya sendiri tanpa memahami penjelasan para ulama ahli tafsir, maka sudah dipastikan ia akan terjerumus dalam kesalahan yang sangat fatal.

Seorang penyair berkata:


وكم من عائب قولا صحيحا ** وآفاته من الفهم السقيم

“Betapa banyak orang mencela satu ucapan yang benar dan terbukti latar belakangnya adalah adanya kesalahan dalam memberikan pemahaman ."

Biar tidak salah, ayo ngaji kepada para ulama yang benar-benar berkompeten dalam bidangnya. Kalau mengakaji al-Qur'an dan hadis kepada ahli uka-uka pasti dapet pemahaman samba wera yang kaga karu-karuan.

Para pembaca jangan salah faham juga dengan saya, ketika saya menyebut tokoh wahhabi blongkotan dengan nama Syekh Muhammad Ustaimin. Sebenarnya saya kurang suka membaca kitab-kitab ulama wahhabiy lantaran terlalu ekstrem dan sangat tasahul (gampang) menggunakan term Bid'ah, kafir, musyrik dan sesat kepada muslim lain yang berbeda pandangan dengannya. Tapi untuk sosok Muhamad al-Ustaimin ini menurut saya pribadi, beliau lebih banyak mengerti tentang hadis ketimbang al_Albaniy. Sekali lagi saya nyatakan ini hanya pendapat pribadi, saya tidak ngajak-ngajak sodara untuk mengamininya.

Dalam hal ini saya hanya mengamalkan perkataan ahli ma'rifah: "Ambillah hikmah walaupun keluar dari mulut orang gila."






Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا




 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910




Tidak ada komentar: