Rabu, 18 November 2015

Shalawat Al-Awwalin Wa Al-Akhirin

Shalawat Al-Awwalin Wal Akhirin

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


 أللهم صلِ على سيدنا محمدٍ وعلى آلِ سيدنا محمد في الأولين والآخرين وفي الملأ الأعلى إلى يوم الدين

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad fil awwalin wal akhirin wa fil Mala-il A'la ila yaumiddin.

Artinya: Ya Allah, berikan rahmat yang diiringi ta'zhim kepada pemimpin kami Nabi Muhammad dan keluarga beliau seada-adanya shalawat yang diucapkan makhluq yang Kau ciptakan kelompok awwalin (yang terdahulu) dan akhirin (terkemudian) dan sebanyak makhluq yang ada di langit sampai hari qiyamat."

Imam Muhammad as-Sakhawiy menyebutkan dalam kitab al-Qoulul Badi' fis Shalat Alal Habib as-Syafi' halaman: 56, diriwayatkan dari Abul Hasan al-Bakriy dan Abu Umarah Bin Zaid al-Madaniy dan Muhammad Bin Ishaq al-Muthallibiy mereka berkata: Tatkala Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berada di Masjid, tiba-tiba datang seseorang lelaki menggunakan penutup wajah hingga ia membukanya dan mengucapkan salam kepada Rasulullah: Salam atas engkau Ya Rasulallah, orang yang memiliki kemuliaan yang tinggi dan kedermawanan yang luhur. Rasulullah pun langsung menjawab salam dan kemudian mempersilahkan ia duduk di tengah-tengah antara Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakr as-Shiddiq Radhiyallahu Anhu. Lalu Sayyidina Abu Bakr memperhatikan lelaki itu dan berkata: Ya Rasulallah, sebab apa gerangan lelaki ini kau berikan posisi tempat di tengah-tengah antara engkau dan aku, padahal sejauh pengetahuanku tidak ada orang yang paling kau cintai di muka bumi ini melainkan diriku? Rasulullah menjawab: Barusan Jibril memberikan aku kabar bahwasanya lelaki ini membaca shalawat kepadaku dengan menggunakan redaksi shalawat yang belum pernah dibaca oleh seorang pun di alam ini. Sayyidina Abu Bakr bertanya: "Bagaimana redaksi shalawat yang ia baca? Agar diriku bisa membaca shalawat seperti yang ia baca. Rasulullah menjawab:

أللهم صلِ على محمدٍ وعلى آلِ محمد في الأولين والآخرين وفي الملأ الأعلى إلى يوم الدين .

Sayyidina Abu Bakr bertanya: Ya Rasulallah, apa keutamaan pahala shalawat tersebut? Rasulullah menjawab: kau menanyakan hal yang aku sendiri tak mampu untuk menghitungnya, seandainya lautan menjadi tinta, pohon-pohon menjadi pena dan seluruh malaikat menjadi juru tulisnya pastinya mereka tak akan sanggup untuk mencatat pahala shalawat tersebut."

Riwayat ini dikutip oleh imam Ibnul Jauziy dalam kitab al-Muthrib dengan sanad yang munkar dan tergolong hadist Maudhu (palsu).

Ibnu Saba' dalam kitab as-Syifa menyebutkan riwayat yang serupa dengan di atas tanpa sanad. Ketika para sahabat terheran-heran melihat ada lelaki asing yang tiba-tiba disuruh oleh Rasulullah untuk duduk di samping Rasulullah sehingga posisinya lebih dekat dengan Rasulullah ketimbang sayyidina Abu Bakr Radhiyallahu Anhu.

Para sahabat bertanya: Kenapa orang itu lebih dekat kepada engkau ketimbang Sayyidina Abu Bakr? Rasulullah menjawab: Lantaran dia sering membaca shalawat:

اللهم صل على محمد كما تحب وترضى له

Allahumma Shalli Ala Muhammadin Kama Tuhibbu wa Tardho Lahu.

artinya: Ya Allah, berikan shalawat kepada Nabi Muhammad sebagaimana kau cintai dan kau senang kepada beliau."

Menurut Imam As-Sakhawiy, posisi khusus yang Rasulullah berikan kepada lelaki itu, boleh jadi Rasulullah ingin menjinakkan hatinya hingga konsisten dan makin mantap iman islamnya dan Rasulullah memberikan motivasi kepada para sahabat yang hadir untuk lebih banyak membaca shalawat baik dengan redaksi yang lelaki itu baca atau lainnya. Kisah itu tidak serta merta menyatakan bahwa lelaki itu lebih mulia dari Sayyidina Abu Bakr di sisi Rasulullah.

Kemudian shalawat di atas dikutip oleh imam Ibnu Mulaqqin dalam kitab al-Haqaiq, Imam Abdurrahman As-Shafuri dalam kitab Nuzhatul Majalis, Syekh Yusuf Bin Ismail an-Nabhaniy dalam kitabnya Afdhalus shalawat Ala Sayyidis Sadat halaman: 62-63 pada urutan shalawat yang ke-7.

Kemudian para ulama banyak menyebutkannya tambahan dengan redaksi;

الـلـَّـهُــمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي الأَوَّلِينَ . وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي الآخِرِينَ . وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي كُلِّ وَقْتٍ وَحِينٍ . وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِي المَلإَ الأَعْلَى إِلَى يَوْمِ الدِّينِ .

Imam as-Sujaiy berkata; Imam Said Bin Atharid menyebutkan: Siapa saja yang membaca shalawat ini 3 kali di waktu pagi dan 3 kali di waktu sore, maka dosa-dosa dan kesalahannya berguguran, mendapat kebahagiaan yang langgeng, doa-doanya terkabul, cita-cita tersampaikan dan mendapat kemenangan ketika diserang oleh musuh."

Al-Faqir pernah bertanya kepada Sayyid Abdul karim al-Idrisiy al-Hasaniy terkait makna shalawat di atas. Beliau menjawab;

أما سؤالكم عن  معنى (اللهم صل على سيدنا محمد في الاولين والاخرين وصل عليه في الملاء الاعلى الى يوم الدين )
أي أسألك يا الله بسائر اسمائك الحسنى ما علمنا منها وما لا نعلم ، أن تنوب عنا في الصلاة على حبيبك الأكرم ومظهر سرك الأعظم سيدنا ومولانا محمد في الأولين (أي) في كل طائفة صليت عليها ، أو الموجودين، (وفي الأخرين) أي فيمن يوجد من المتأخرين وهم أمته. والملاء هم الملائكة الكرام

Arti dari ucapan shalat di atas adalah Ya Allah, aku mohon kepadaMu dengan seluruh nama-nama keagunganMu yang kami ketahui dan tidak, hendaknya kau wakilkan kami untuk membrikan shalawat kepada kekasihMu yang paling mulia dan tempat terbitnya rahasia keagunganMu yakni pemimpin kami Nabi Muhammad pada setiap kelompok terdahulu yang Kau berikan shalawat atas mereka dan kelompok yang datang terkemudian (umat beliau) dan juga kelompok malaikat.

shalawat ini alFaqir sebutkan juga di dalam kitab Manba' Fuyudh Wal Madad Fis Shalawat Man Khasshahur Robbus Shomad shallallahu alaihi wa sallam bila Hasrin Wa la adad.

منبع الفيوض والمدد
في الصلوات على من خصه الرب الصمد
صلى الله عليه وسلم بلا حصر ولا عدد

Sekarang sedang dalam proses editan, semoga alFaqir dapat segera merampungkannya dengan hasil maksimal disertai niat semata_mata mengharap keridhaan Allah Taala dan kecintaan Rasulullah shallallahu alaihi wa ala alihi wa sallam dan pengabdian kepada al-Quthb al-Maktum Sayyidi Syekh Ahmad Bin Muhammad at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*
 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*
صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*
 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*


(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



15 komentar:

Unknown mengatakan...

الله اكبر

Bukankah shalawat itu biasa dibacakan awal berdoa yg biasa dibacakan oleh para guru guru .
Jadi alangkah hebat nya redaksinya.yg didapat guru guru terdahulu.kalau melihat asal dr shalawat ini ..

Yayasan Almuafah mengatakan...

betul .,,

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah Yaa syaikhunal Mukarom

Warman mengatakan...

Alhamdulillah dapat ilmu lagi mengenai sholawat mohon izin mengamalkan-nya..

WAFA Alvani mengatakan...

Qobiltu,.Kyai

teguhsarif mengatakan...

Qobiltu kyai.
Barokalloh aamiin...

Anonim mengatakan...

peliittt.. ga bisa di copyy..

Unknown mengatakan...

Qobiltu Yai....
Syukron...

Abdurachman Al-Alawi Al-Husaini mengatakan...

Qobiltu ijazataka.

oman nurrohman mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Jazaakumullahu Khairan

Unknown mengatakan...

Ijin share n save

Ahmad GZ mengatakan...

Qobiltu ijazah ya Ustadz

Anonim mengatakan...

Qobiltu

Shah jaafari mengatakan...

Allahumma shalialamuhammad wa ali Muhammad