Sabtu, 19 September 2015

Shalawat al-Jami'ah Imam Muhammad Al-Arabiy at-Taziy

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Shalawat al-Jamiah Imam Muhammad at-Taziy ad-Damrawiy

اللهم اجمع جميع أذكار الذاكرين و جميع صلوات المصلين و اجعل جميع الاذكار ذكري و جميع الصلوات صلاتي على سيدنا محمد شفيع المذنبين و على ءاله بحر الكاملين عدد ما في علمك يا رب".

Allahummaj-ma' jami-a adzkaridz dzakirin, wa jami-a shalawatil mushollin, waj'al jami-al adzkari dzikriy, wa jami-as sholawat sholatiy ala sayyidina Muhammadin syafi'il mudznibin, wa ala alihi bahril kamilin, adada ma fi ilmika Ya Rob ....

Artinya; Ya Allah, jadikan semua dzikir dan sholawat yang dilakukan makhluq di alam ini sebagai dzikirku dan sholawatku kepada Nabi Muhammad pemberi syafaat para pendosa, semoga tercurah juga kepada keluarga beliau yang merupakan lautan orang-orang sempurna sebanyak apa saha yang dalam pengetahuan Allah.

Shalawat di atas dinisbahkan kepada Al-Imam Sayyidi Muhammad Bin al-Arabiy at-Taziy ad-Damrawiy (wafat 1250 Hijriyah). Shalawat ini dinamakan shalawat al-Jamiah lantaran siapa saja yang membacanya, maka ia telah melakukan pujian yang mencakup segala dzikir dan seada-adanya shalawat di alam ini.

Keutamaan ini hanya didapat oleh orang yang telah mendapat izin dari orang yang memang memiliki ahliyyah (kelayakan) memberikan izin ijazah dzikiran dalam thariqoh tijaniyah.

Shalawat ini catatkan oleh al-Qadhi Ahmad Sukairij dalam kitab Raf'un Niqab halaman 168 dan dikutip kembali dalam kitab Manba' Fuyudh Wa al-Madad karya Abu Mun'yah as-Syakunjiy.

Adapun al-Faqir telah mendapat ijazah dari Prof Dr Sayyid Muhammad Radhi Ghannun al-Idrisiy al-Hasaniy dengan sanad muttashil kepada Imam Sayyidi Muhammad al-Arobiy at-Taziy ad-Damrawiy sebagai berikut;

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المحقق الباحث سيدي الشريف محمد الراضي كنون الادريسي الحسني عن الدكتور الفاضل سيدي احمد بن عبد الله سكيرج عن عم والده الحاج عبد الرحمن سكيرج عن شقيقه العلامة العارف بالله سيدي احمد بن العياشي سكيرج عن العارف بالله احمد العبدلاوي عن والده محمد بن قويدر العبدلاوي عن العلامة سيدي محمد بن المشري عن صاحب الصلاة الجامعة الامام العارف بالله سيدي محمد بن العربي التازي الدمراوي رضي الله عنه .


Shalawat al-Jamiah merupakan doa yang selalu dibaca oleh Imam Sayyidi Muhammad Al-Arabiy at-Taziy ad-Damrawiy untuk bertemu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Satu Kalimat Dzikir yang dibaca oleh ashabul khosshotil khosshoh (orang-orang khusus) berbeda bobotnya dengan ratusan bahkan milyaran kalimat dzikir yang dibaca oleh orang awam.

Diriwayatkan pada suatu hari di satu kampung kedatangan ulama besar yang terkenal keilmuan dan kezuhudannya. Ketika masyarakat dan para tokoh berkumpul di satu majlis dzikir, pimpinan majlis mempersilahkan agar si ulama tersebut yang memimpin dzikir. Akhirnta si ulama pun memimpin dzikir jamaah, kemudian di saat membaca kalimat Tahlil (La ilaha ilallah) sang ulama hanya membaca 11 kali saja dan rupanya hal demikian menjadi satu hal yang mengejutkan masyarakat, masa ulama besar membaca La ilaha illallah cuma 11 kali. Memang adat kampung tersebut apabila bertahlil sudah biasa dengan jumlah yang banyak minimal 300 sehinga akan menjadi kehinaan jika kurang dari bilangan standar.

Setelah selesau dzikir ada salah satu jamaah berbisik, katanya ulama besar kok dzikirnya sedikit?. Mendengar ucapan itu sang ulama langsung meminta kertas dan pulpen kemudian ia tulis kalimat La ilaha illallah dan bergegas keluar dari majlis sambil membawa kertas tadi dan menancapkannya di gundukan pasir yang ada dalam sebuah gerobak lalu berkata: coba kalian dorong gerobak ini!! Ada beberapa jamaah yang kemudian maju mendorong gerobak itu. Apa yang terjadi? sudah 7 orang mendorongnya namun gerobak pasir belum juga bergerak sama sekali, bahkan ratusan sampai seada-adanya jamaah dzikir ikut serta untuk bersama-sama mendorongnya namun sia-sia. Akhirnya jamaah dzikir semuanya yakin bahwa satu kalimat La ilaha illah yang dibaca orang alim tersebut memiliki bobot yang sangat dahsyat.





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .




Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



26 komentar:

FAKHRU BABANDAM mengatakan...

Assalaamu'alaikum Kyai.
Ana mohon antum bersedia ijazahin sholawat al-jami'ah ini sama ana.
Sebelum dan sesudahnya Jazaakallah Ahsanal Jazaa'.

Yayasan Almuafah mengatakan...

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
اجزناكم يا سيدي الفاضل

بارك الله فيكم وجعلنا واياكم في عقد المعية برسول الله صلى الله عليه وعلى اله وسلم

FAKHRU BABANDAM mengatakan...

قبلت ... جزاك الله أحسن الجزآء .

Yayasan Almuafah mengatakan...

ولكم احسن المسرات واوفرها

Unknown mengatakan...

Ana juga mohon ijazah shalawat ini kyai

Anonim mengatakan...

قبلت ... جزاك الله أحسن الجزآء .

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

قبلت ... جزاك الله أحسن الجزآء .

Unknown mengatakan...

ana mohon ijazahnya kiai

mohammad mengatakan...

Ijazahin ana ya syehh

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Markoem mengatakan...

mohon ijazahnya kiai dan apa ada ketentuan utk mengamalkannya kisi

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Bin Budiman mengatakan...

qobiltu syaikh

Bin Budiman mengatakan...

qobiltu syaikh

Unknown mengatakan...

Qobiltu Baginda

Make Money Blogging mengatakan...

Qobiltu ya Baginda

Rahmat mengatakan...

Qobiltu ustadz

Gilang mengatakan...

Qobiltu ijazah alfatihah

Elza mengatakan...

Qobiltu ijazah

Ahmad Imron mengatakan...

Qobiltu yaa sayyidi..

Al maghfurlah KH Rizqi

Anonim mengatakan...

Qobiltu Ijazah Kyai..
Ana mohon ridho ilmunya..
Jazakumullohh Khoiran..🙏

Anonim mengatakan...

Apakah saya boleh membacanya . Tadi Malam saya bermimpi melakukan salat taubat jamaah di masjid bersama . Kemudian disuruh tadabur dulu . Di suruh salawat jamiah .karna saya tidak tau ap itu salawat jamiah saya cari di google . Teryata artinya dbegitu . Apakah salawat ini nyata . Dan kalau boleh tolong beritahu saya siapakah . Imam sayidy Muhammad ak araby at tariy ad damrawiy itu

Anonim mengatakan...

Qobiltu Ijazah..mohon halalnya..Syukron

lza mengatakan...

Saya elza aprianza
Qobiltu