Selasa, 22 September 2015

Sahabat Yang Kena Kaffarat Jima

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan Saudara Syarqowi Sarmidi Tijani dari Jakarta Utara:

Saya pernah mendengar tentang seorang sahabat Rasulullah shallallu Alaihi Wa Sallam yang pernah melakukan jima (hubungan seksual) dengan istrinya di siang hari bulan Ramadhan kemudian ia mendatangi Rasulullah dan melaporkan peristiwa yang lakukan lalu oleh Rasulullah orang tersebut diperintahkan membayar kaffarat (sangsi) namun karena orang tersebut rajanya kaum dhuafa sehingga beberapa rangkaian kaffarat tidak mampu ia kerjakan, akhirnya Rasulullah memberinya kurma untuk dibagikan kepada keluarganya. Yang saya ingin tanyakan siapakah nama sahabat Rasul tersebut?

JAWABAN:

Kisah tersebut disebutkan dalam riwayat hadis sebagai berikut:

وعَنْ أَبي هُريرة رضي الله عنْهُ قال: جاءَ رجُلٌ إلى النبي صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم فقال: هَلَكْتُ يا رسول الله قال, "وما أَهْلَكك؟" قال: وقعْتُ على امرأَتي في رمضان فقال, "هلْ تَجدُ ما تُعتقُ رقبة؟" قال: لا، قال, "فهل تَسْتَطيعُ أَن تَصومَ شهرين مُتتابعين؟" قال: لا، قال, "فهل تَجدُ ما تُطعمُ ستِّين مسْكيناً؟" قال: لا، قال: ثمَّ جلس فأَتي النبي صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم بعَرَقٍ فيه تمرٌ فقال, "تَصَدَّقْ بهذا" فقال: أَعلى أَفْقَر مِنّا؟ فما بيْنَ لابَتَيها أَهل بيت أَحْوج منّا فَضَحك النّبيُّ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم حتى بدتْ أَنيابهُ، ثم قالَ, "اذهب فأَطعمهُ أَهلك" رواهُ السبّعة واللفظ لمسْلمٍ

Dari Abi Hurairah, bahwa seseorang mendatangi Rasulullah dan berkata, ”Celaka aku ya Rasulullah.” “Apa yang membuatmu celaka?“ Aku berhubungan seksual dengan isteriku di bulan Ramadhan.” Nabi bertanya, ”Apakah kamu punya uang untuk membebaskan budak? “ “Aku tidak punya.” “Apakah kamu sanggup puasa 2 bulan berturut-turut?””Tidak.” “Apakah kamu bisa memberi makan 60 orang fakir miskin?“”Tidak.” Kemudian duduk. Lalu dibawakan kepada Nabi sekeranjang kurma maka Nabi berkata, ”Ambillah kurma ini untuk kamu sedekahkan.” Orang itu menjawab lagi, ”Adakah orang yang lebih miskin dariku? Tidak lagi orang yang lebih membutuhkan di barat atau timur kecuali aku.” Maka Nabi tertawa hingga terlihat giginya lalu bersabda, ”Bawalah kurma ini dan beri makan keluargamu.” (HR Bukhari: 1936, Muslim: 1111, Abu Daud 2390, Tirmizy 724, An-Nasai 3115 dan Ibnu Majah 1671).

Untuk mengetahui siapa nama lelaki yang dimaksud dalam kronologi di atas hendaknya kita lihat penjelasan para pensyarah kitab-kitab hadis. Di antaranya adalah imam Ibn Hajar al-Asqallaniy dalam kitab Fathul Bariy Syarh Shahih al-Bukhariy jilid ke-5 halaman: 671: beliau mengutip pendapat imam Abdul Ghaniy dan Ibn Basykuwal yang menyatakan bahwa nama lelaki yang dimaksud adalah Salman Bin Shakhr al-Bayadhi atau Salamah Bin Shakhr al-Bayadhiy.

Imam Abdul Wahhab Bin Ali as-Subkiy dalam Thabaqat Kubra jilid 10 halaman: 277 mengutip pendapat ayah beliau yang mengatakan lelaki yang mendatangi Rasulullah dalam kasus jima siang hari Ramadhan dan juga pernah menzihar (menyerupakan bagian fisik istrinya dengan bagian fisik salah satu mahram wanita dari suami) bernama Salamah Bin Shakhar al-Bayadhiy.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain

 

 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .




Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


Tidak ada komentar: