Kamis, 10 September 2015

Niat Aqiqah Digabung Dengan niat Qurban

Satu Kambing Dengan Dua Niat Aqiqoh Dan Qurban

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan dari saudara Umar Khair Mursyid salah satu jamaah Majlis al-Muafah dari Pengarengan Jakarta Timur:

Bagaimana hukumnya seseorang melakukan sembelihan seekor kambing dengan dua niat, niat qurban sekaligus juga niat buat aqiqoh? Dan apakah boleh melakukan aqiqoh di saat hari raya Qurban? Tolong sebutkan reperensinya?

JAWABAN:

Menyembelih seekor kambing dengan dua niat qurban dan aqiqoh sekaligus, sah menurut imam Muhammad ar-Ramliy (wafat 1004 Hijriyah).

Adapun pendapat Imam Ibnu Hajar al-Haitamiy (Wafat 973 Hijriyah) tidak sah, lantaran aqiqoh dan qurban merupakan dua ibadah yang berdiri sendiri dan masing-masing memiliki aturan khusus. Jadi kambingnya kudu dua, satu ekor buat niat aqiqoh dan satu ekor lagi buat niat qurban baru dikatakan sah. Menyembelih Satu kambing bakal dua niat, itu kambing jadi kambing sengketa. Seperti surat tanah yang ada dua nama pemilik disebut tanah sengketa.

Ketika Imam Muhammad ar-Ramliy dan Imam Ibnu Hajar al-Haytamiy berbeda pendapat, maka qaul Ibnu Hajar al-Haitamiy yang kudu lebih diunggulkan sebagaimana amal ulama Hijaz dan Yaman.

Oleh karenanya Syekh Sulaiman al-Bujairimiy (wafat 1221 Hijriyah dalam kitab at-Tajrid Li Naf'il Abid jilid 4 halaman 303 mengatakan:

ولو نوى بها العقيقة والضحية حصلا عند شيخنا. خلافا لابن حجر حيث قال: لا يحصلان لأن كلا منهما سنة مقصودة وهو وجيه .

Artinya; Jika seseorang meniatkan satu ekor kambing dengan dua niat, aqiqoh dan qurban maka sah keduanya menurut guru kami Syekh Muhammad ar-Ramliy. Berbeda dengan pendapat imam Ibn Hajar al-Haitamiy yang mengatakan; satu ekor kambing dengan niat secara kolektif qurban dan aqiqoh jadi satu, maka tidak sah, lantaran masing-masing dari qurban dan aqiqoh memiliki aturan tertentu dalam kesunnahannya. Dan pendapat ini yang lebih unggul.

Adapun melakukan aqiqoh di saat idhul adha hukumnya boleh, dengan catatan pelaksanaan aqiqoh tersebut mengikuti prosedur ketentuan syarat-syarat dalam aqiqoh.

Bolehkah kita mengamalkan pendapat imam Muhammad ar-Ramliy?

Jawabannya; boleh saja, berdasarkan qaidah yang mengatakan mengamalkan qaul dhoif (lemah) dalam satu mazhab lebih baik dari pada pindah ke mazhab lain. Jika ada orang yang ekonominya sulit atau rajanya dhoif (orang tidak mampu) ia hanya sanggup beli satu ekor kambing padahal ia ingin sekali berqurban dan aqiqoh, dalam kondisi demikian dibolehkan mengamalkan qaul imam Muhammad ar-Ramliy. Akan tetapi jika itu diamalkan oleh orang mampu, maka itu akan jadi kehinaan. Ketahuan banget pelitnya, duit banyak ngerjain ibadah pake niat borongan. Pendapat imam Muhammad ar-Ramliy pendapat yang dhoif, hanya boleh diamalkan saja, bukan buat fatwa. Pendapat dhoif jika dibuat fatwa maka akan diserang dan digebuk oleh pendapat yang Mu"tamad (pendapat kuat yang banyak dipegang oleh ulama). Qoul mu'tamad inilah yang dijadikan amal dan fatwa.

Apabila ingin mengetahui penjelasan yang lebih luas mengenai alasan Imam Ibn Hajar al-Haitamiy tidak menyetujui satu kambing dijadikan dua niat qurban dan aqiqoh dapat anda lihat dalam kitab Fatawa Al-Kubra jilid 4 halaman: 256.

والله ولي التوفيق والهادي الى أقوم الطريق
والله أعلم ويهدي الى سبل السلام




Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .






2 komentar:

Dewi Rizki mengatakan...

Rencanakan ibadah qurban di Idul adha yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW ini dengan memilih hewan qurban yang terbaik www.globalqurban.com

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah syukron kyai