Rabu, 02 September 2015

Berobat Dengan Membacakan Hadis Rasulullah

Berobat Dengan Hadis Rasulullah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan saudara Syarqowi Sarmidi at-Tijaniy:

Saya pernah mendengar bahwa membaca hadis-hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dapat dijadikan terapi menyembuhkan berbagai penyakit. Yang jadi pertanyaan saya adalah adakah ulama yang memang secara zhahir melakukan pengobatan penyakit dengan pembacaan kitab hadis? Siapakah nama ulama itu? Dan tolong sebutkan referensinya?

JAWABAN;

Imam al-Khatib al-Baghdadiy menyebutkan sanad dari Ahmad Bin Muhammad Bin Ghalib al-Faqih dari Abul Hasan ad-Daruquthniy dari Muhammad Bin Mukhallad menceritakan bahwa seorang ulama hadis dari negri Baghdad bernama Ahmad Bin Mansur ar-Ramadiy lahir tahun 182 Hijriyah wafat 265 Hijriyah sering kali bila mengalami sakit, maka ia mengundang para ahli hadis untuk berkumpul membacakan hadis-hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Hal itu dilakukan lantaran beliau yaqin bahwa bertabarruk dengan hadis-hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa salam dapat menjadi terapi menyembuhkan penyakit.

Riwayat tersebut dicatatkan dalam kitab Syarafu Ahlil Hadis karya imam al-Khathib al-Baghdadiy halaman; 68. Kemudian dikutip ulang dalam kitab ittihaful amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy.

Mulai sekarang, niatkan jika hadir di majlis ilmu yang di dalamnya dibacakan al-Qur'an dan hadis-hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk kesembuhan penyakit. Jika ada air ditempat itu yang sering dibagi-bagikan hendaknya diminum sampai habis, kalau tidak maka bawa pulang ke rumah untuk diberikan orang rumah yang sedang sakit atau yang sehat juga boleh itung-itung bertabarruk majlis ilmu.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .




Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz