Jumat, 27 Februari 2015

Malaikat Tangan Seribu

Al-Qadhiy al-Adib Sayyidi Ahmad as-Sukairij Radhiyallahu Anhu seorang ulama besar dari negri Maroko menyebutkan dalam kitabnya: Kasyful Hijab Amman Talaqa Maas Syekh at-Tijaniy Minal Ashab (ensiklopedia ulama Thoriqoh Tijaniyah yang bertalaqqi langsung kepada Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu) menyebutkan kumpulan redaksi shalawat yang sangat indah dengan gubahan sajak huruf-huruf Hijaiyah karya al-Imam Sayidi Muhammad al-Arobiy at-Taziy ad-Damrawiy at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu yang beliau beri nama Yaqutatul Muhtaj (Batu Yaqut yang diburu banyak orang). Di dalam salah satu redaksinya disebutkan nama malaikat yang memiliki tugas menghitung dan mengkoordinir jumlah shalawat-shalawat yang ada di alam untuk dilaporkan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Malaikat itu bernama “Shalshayayil” Alaihis Salam. Begitulah keterangan dari ahli ma'rifah Radhiyallahu Anhum.

Adapun riwayat hadis yang menyatakan bahwa ada malaikat yang memiliki seribu tangan, di setiap tangan ada seribu jari. Walaupun malaikat itu memiliki seribu tangan dan sejuta jari dan diberikan kepandaian untuk menghitung tetesan air hujan yang yang turun dari langit ke bumi, tapi ia tidak mampu menghitung jika ada kelompok manusia berkumpul di satu tempat, mereka menyebut nama Rasulullah shallallahu Alaihi Wa sallam lalu bershalawat kepada beliau. Riwayat ini maudhu (palsu) tida memiliki sanad yang bisa dipertanggung jawabkan sehingga boleh jadi tidak ditemukan dalam kitab-kitab hadis yang mu’tabar (diakui) oleh para ulama ahli hadis di kalangan ahli sunnah. Riwayat tersebut banyak disebutkan dalam kitab-kitab ulama syiah ekstrim.

Dikutip dari kitab “Ittihaf al-Amajid Bi Nafais al-Fawaid” karya H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy Hafizhahullah Wa Lathafa Bihi.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah makin pintar