Selasa, 03 Februari 2015

Diceraikan Suami Karena Membakar Bukunya (Imam Sibawaih)

Imam Sibawaih semoga rahmat Allah selalu tercurah kepadanya, salah seorang tokoh besar dalam Islam yang menjadi jendral ulama Nahwu (Gramatika Bahasa Arab) dari negri Persia yang menetap di kota Bashrah. Nama asli beliau adalah Amr Bin Usman Bin Qunbur al-Haristiy.
     Sebutan Sibawaih adalah panggilan akrab beliau yang merupakan bahasa Persia yang artinya “aroma apel”. Diriwayatkan ketika beliau dilahirkan, aroma apel tiba-tiba ambreng-amberangan (semerbak) di kamar tempat beliau dilahirkan. Sehingga sejak itulah beliau nyohor dengan sebutannya “Sibawaih”. Beliau lahir tahun 148 Hijriyah dan wafat pada tahun 180 Hijriyah.
     Diceritakan ketika Imam Sibawaih menikah, dua hari setelah akad nikah beliau kembali menyibukkan diri dengan kitab-kitabnya. Yang memang sedari kecil beliau sangat gemar membaca kitab dan membuat analisa dari bacaannya. Rupanya sulit bagi seseorang untuk meninggalkan sesuatu yang sudah menjadi hobinya dan itu bukan menjadi satu kehinaan. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah sang istri yang benar-benar sudah sah menjadi pasangan hidupnya sepertinya merasa disia-siakan. Saban hari Imam Sibawaih merasa sangat asyiq berkutat dengan tumpukkan kitab-kitabnya. Sang istri hatinya nyengkal (jengkel), sehinggi ia merencanakan untuk membuat siasat agar sang suami tidak lagi menyibukkan dirinya dengan kitab-kitabnya. Seminggu berlalu, sang istri akhirnya menyuruh Imam Sibawaih untuk membeli sesuatu di pasar.
     Kaga disangka kaga dinyana, ternyata sang istri menuang minyak tanah dan menyulutkan api ke tumpukan kitab-kitab suaminya. Habis terbakar seluruh kitab-kitab Imam Sibawaih.
Betapa terkejutnya Imam Sibawaih ketika beliau sampai di rumah melihat kitab-kitab kesayanganya sudah bures dimakan api. Sampai mendidih hati beliau melihat hal demikian. Kemudian beliau menceraikan istrinya. 
     Menurut beliau kaga bagus istri begini dirawatin. Ini semua beliau lakukan lantaran beliau lebih cinta kepada ilmu ketibang istri yang tukang pengambekkan. Kata orang Betawi dalam sebuah pantun:
Buah buni dimakan kutu.
Rujak bebek enak bangat.
Punya bini Cuma satu.
Tapi kalo ngambek gede bangat.

Subhanallah, ulama terdahulu kalau kita bakal ngaca perbuatan kita dengan mereka jauh bangat dach.
mereka lebih memilih ilmu dari pada syahwat. adapun anak muda zaman sekarang, semangat nuntut ilmunya lemah, belom nikah aja tidak ngaji-ngaji apalagi udah nikah. Seada-adanya hari sibuk mutholaah petakkan kecil bininya padahal masih banyak urusan fardhu ain yang masih dia belum ketahui.
     Cerita tentang Imam Sibawaih di atas banyak tersebar di internet padahal sampai gini hari al-Faqir belum menemukan cerita tersebut di kitab-kitab yang menjelaskan biografi Imam Sibawaih Rahimahullah.


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy


حكاية عن سيبويه الإمام النحوي ، وكيف أنه تزوج ، وبعد يومين عاد للانشغال بالكتب التي لم يستطع الابتعاد عنها ، وبعد أسبوع دعته زوجته للخروج لاتيانها ببعض الحاجيات ، فلما عاد وجدها قد أحرقت له كل كتبه ! فطلقها لذلك السبب .
هل منكم من راى الحكاية في كتاب ؟

Tidak ada komentar: