Sabtu, 20 September 2014

Satu Surat Dalam al-Qur'an Menyamai Fadhilah 1000 Ayat



Ada Surat dalam al-Qur'an yang apabila kita baca, fadhilahnya seperti membaca 1000 ayat. Surat apakah itu?
Jawaban:
Surat at-Takatsur
Diriwayatkan dari Imam ad-Dailamiy dari Sayyidina Umar Bin Khatthab Radhiyallahu Anhu berkata: bersabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam:
من قرأ فى ليلة ألف آية لقى الله وهو ضاحك فى وجهه قيل يا رسول الله ومن يقوى على قراءة ألف آية؟ فقرأ بسم الله الرحمن الرحيم (ألهاكم التكاثر) إلى آخرها ثم قال والذى بعثنى بالحق إنها لتعدل ألف آية .
Artinya:" Siapa saja yang membaca ayat al-Qur'an sebanyak 1000 ayat di malam hari, maka nanti pada hari qiyamat orang itu berjumpa dengan Allah dalam keadaan tertawa (penuh rasa senang). Ada sahabat yang bertanya: Ya Rasulallah, siapa yang sanggup membaca 1000 ayat setiap malam. Beliau menjawab: yaitu orang yang membaca surat at-Takatsur sampai akhirnya. Demi yang mengutus aku dengan kebenaran, sesungguhnya surat tersebut menyamai 1000 ayat."
Riwayat ini juga disebutkan oleh imam al-Khathib al-Baghdadiy dalam kitab al-Muttafaq wa al-Muftaraq. Menurut beliau hadis di atas bermasalah dalam tijauan sanadnya, lantaran terdapat salah seorang periwayat hadis yang meriwayatkan dari Yahya Bin Bukair adalah periwayat yang majhul (tidak diketahui secara  jelas).

Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy

 الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي الاندونيسي
ألان الله تعالى قلبه القاسي

Tidak ada komentar: