Sabtu, 06 September 2014

Ayat ad-Dhamair (Ayat yang Paling banyak terdapat Isim Dhamir)



Ada beberapa ayat dalam al-Qur'an yang menjadi nama populer bagi sebutan ayat itu sendiri seperti: ayat al-Kursiy dalam surat al-Baqarah, ayat al-Hifzhiy, ayat as-syifa, ayat al-Hirsh, ayat ad-Dhamair dan nama ayat-ayat lainnya.
Surat apakah yang di dalamnya terdapat ayat yang disebut ayat ad-Dhamair (ayat yang paling banyak disebut isim Dhamir)? Dan alasan apa yang menyebabkan ayat tersebut kepangku julukan ayat ad-Dhamair?
Jawabannya:
Surat an-Nur ayat: 31.
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: "Katakanlah kepada wanita beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau  ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki mereka, atau putera saudara-saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan –pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”
Kepangku julukan ayat ad-Dhamair lantaran di dalamnya tersebut sebanyak 25 kali isim Dhamir. Hal ini tidak terjadi pada ayat-ayat al-Qur'an lainnya."
1.   يَغْضُضْنَ
2.   أَبْصَارِهِنَّ
3.   وَيَحْفَظْنَ
4.   فُرُوجَهُنَّ
5.   وَلَا يُبْدِينَ
6.   زِينَتَهُنَّ
7.   وَلْيَضْرِبْنَ
8.   بِخُمُرِهِنَّ
9.   جُيُوبِهِنَّ
10.               وَلَا يُبْدِينَ
11.               زِينَتَهُنَّ
12.               لِبُعُولَتِهِنَّ
13.               آبَائِهِنَّ
14.               بُعُولَتِهِنَّ
15.                أَوْ أَبْنَائِهِنَّ
16.               بُعُولَتِهِنَّ
17.               إِخْوَانِهِنَّ
18.               إِخْوَانِهِنَّ
19.               أَخَوَاتِهِنَّ
20.               نِسَائِهِنَّ
21.               أَيْمَانُهُنَّ
22.               يَضْرِبْنَ
23.               بِأَرْجُلِهِنَّ
24.               لِيُعْلَمَ يُخْفِينَ
25.                زِينَتِهِنَّ

اللهم ارزقنا لذة تلاوة كتابك الكريم 
يا رحمن يا رحيم

 Khadimul Ma'had al-Muafah 
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy




 الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي الاندونيسي
ألان الله تعالى قلبه القاسي

امين

Tidak ada komentar: