Rabu, 08 Januari 2014

Doa Pengingat Dari Lupa (Syekh Muhammad Bin Abdul Kabir al-Kattaniy Radhiyallahu Anhu)




Doa Pengingat Dari Lupa
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين
وصلى الله على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى أله وصحبه وسلم
Lupa merupakan sifat manusiawi, tidak menjadi kehinaan bagi seseorang jika ia lupa. disebutkan dalam satu ungkapan:


وما سمي القلب قلبا الا لتقلبه، وما سمي الانسان الا لنسيانه



Artinya:" Tidaklah hati itu dinamakan Qalbu melainkan lantaran sering berbolak-balik (cepat berubah-ubah) dan tidak manusia disebut insane melainkan karena sering lupa."

Bahkan Rasulullah shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah mengalami lupa ketika beliau mengerjakan shalat, hingga dalam hukum Islam ada satu ibadah namanya sujud sahwi yakni sujud yang disyariatkan lantaran lupa.

Bedanya Rasulullah dengan kita adalah kalau lupanya Rasulullah itu menjadi syariat, sedangkan lupanya diri kita tidak menjadi apa-apa. Lupanya Rasulullah dari mengingat yang selain Allah, sedangkan lupanya kita mutlak semata-mata karena lalai dari mengingat Allah.

Imam Muhammad Bin Abdul Kabir al-Kattaniy al-Hasaniy Radhiyallahu Anhu menyebutkan dalam kitab "Khabiatul Kaun" halaman 356: "Siapa saja yang mengalami lupa akan sesuatu dan ia ingin mengingatnya, maka hendaknya ia letakkan tangannya di atas keningnya dan sambil membaca:

يا مبدئ يا معيد، ذكرني ما نسيت
 Yaa Mubdiu, Ya Mu'idu Dzakkirniy Ma Nasitu

Artinya:" Wahai Yang Maha Menciptakan semula. Wahai Yang Maha Mengembalikan semula. Berikanlah aku ingatan sesuatu yang aku lupa."

Dengan izin Allah Taala, maka ia akan mengingatnya.

 Adapun Sanad yang muttashil kepada Imam Muhammad Bin Abdul Kabir al-Kattaniy al-Idrisiy al-Hasaniy Radhiyallahu Anhu, kami dapatkan dari para guru kami diantaranya: Sayyid Muhammad Hamzah Bin Ali Bin Muhammad al-Kattaniy al-Idrisiy al-Hasaniy, Sayyid Muhammad Yahya Abdul Mun'im al-Kattaniy, Sayyid Majid Bin Hamid al-Husainiy, Syekh Abdullah Bin Abdul Qadir at-Talidiy, Sayyid Ali Syarif al-Idrisiy al-Hasaniy, Syekh Ahmad Saad al-Azhariy Hafizhahumullah dan lain-lain.

Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy 



2 komentar:

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah yaa Syekh

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu syaikh dg sanadnya