Jumat, 13 Desember 2013

Qashidah Syekh Muhammad al-Arabiy Bin Saih (Qashidah Ziarah Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu)



Seorang ulama besar papan atas al-Allamah al-Musnid Syekh Idris Bin Muhammad Bin al-Abid al-Iraqiy Radhiyallahu Anhu menyebutkan dalam kitab ar-Risalatus Syafiyah Fi Fiqh at-Thariqah al-Ahmadiyyah at-Tijaniyyah jilid 1 halaman: 535: "al-Imam Syekh Muhammad al-Arabiy Bin Saih Radhiyallahu Anhu yang merupakan pengarang kitab Bughyatul Mustafid Syarh Munyatul Murid apabila beliau melakukan ziarah ke maqbarah Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu, beliau melakukan tajarrud (mengosongkan diri) dari ilmu, pengetahuan, harta dan segala sesuatu yang beliau miliki. Kemudian beliau berkata: "Wahai Guruku, aku datang karena Allah dan aku datang karena Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan aku datang karena engkau, dalam keadaan faqir mengosongkan diri dari segala sesuatu karena megharap engkau memberikan aku sesuatu yang telah Allah Taala berikan kepadamu. Ketika beliau sampai di pintu maqbarah Sayyidi Syeh Ahmad Tijani beliau membaca qashidah ini:
أَتَيْتُ إِلَى بَابِكُمْ فَزِعًا   *   وَلَيْسَ اِلَى غَيْرِكُمْ مِنْ فَزَع
فَمُنُّوا بِدَفْعِ الَّذِي أَشْتَكِى * لِيَسْكُنَ قَلْبِي مِنْ ذَا الْجَزَع
فَأَنْتُمُ أَنْتُمُ أَهْــلُ الْوَفَا   *  وَحَاشَ لَدَيْكُمْ يَخِيْبُ الطَّمَع
****
Aku datang menuju pintumu dalam keadaan memohon pertolongan. Tidak ada yang dapat menolong selain engkau. Maka anugrahkan aku sesuatu yang dapat menghilangkan keluh kesah, guna mendatangkan ketenangan hati dari kegelisahan yang selama ini aku rasakan. Engkaulah orang yang pantas menepatinya. Tidak mungkin menjadi sia-sia harapan kami di sisimu.

Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy 

 

Tidak ada komentar: