Senin, 23 Desember 2013

Punya bini Cuma Satu Tapi kalo ngambek gede bangat (4 Orang Lelaki Masing-Masing Punya 100 Anak)



Disebutkan dalam kitab "Nawadirul Ma'lumat"  halaman: 273, bahwa ada 4 orang lelaki di dunia ini yang Allah Taala takdirkan masing-masing di antara mereka memiliki kurang lebih seratus orang anak:
1.    Anas Bin Malik sahabat dari Rasulullah shallallahu alaihi Wa sallam.
2.    Abdullah Bin Umar al-Laistiy
3.    Khalifah as-Saadiy
4.    Ja'far Bin Sulaiman al-Hasyimiy
Subhanallah, ada hal unik yang pernah terjadi di zaman dahulu, punya seratus orang anak. Coba kalau kita bayangkan seseorang punya anak seratus kaya apa repotnya. mungkin ia sendiri tidak hapal nama-nama anaknya. Terus urusan gegaresan buat sekali makan anak-anaknya saja ukuran persiapan orang ngerowahin tahlilan. Belum lagi kalau ada diantara seratus anak yang sakit bisa bikin dompet bapet.

Tentunya seratus orang anak itu bukan dari satu biang (istri), dipastikan dari banyak biang. Kalo satu atau dua biang ngelahirin anak sampai seratus bisa turun mesin atau gempor.

Bisa kita bayangkan betapa repotnya kondisi banyak anak banyak istri, tapi orang zaman dahulu tidak ketakutan lantaran iman, keyakinan dan pengamalan agama mereka kuat. Bukan Cuma si suami yang punya sifat syukur ama sabar, bahkan istri-istri mereka pada qonaah (nerima ikhalash pemberian suami apa adanya) Kalau orang zaman sekarang beda, buktinya punya istri satu saja sudah jadi rongrongan.  Disebutkan dalam sebuah pantun:

Buah buni dimakan kutu

Rujak bebek enak bangat

Punya bini Cuma Satu

Tapi kalo ngambek gede bangat.

H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy


Tidak ada komentar: