Senin, 30 Desember 2013

Dampak Negatif Dosa Dalam Ibadah


Dosa Menjadi Penyebab Lalai Mengingat Allah Dan Berat Melakukan Ibadah:

Dikisahkan ada seorang murid bertemu dengan gurunya yang bernama Syekh Karaz bin Wabrah Rahimahullah yang merupakan ahli ibadah di zamannya. Murid tersebut mendapati gurunya dalam keadaan menangis tersedu-sedu dalam bahasa betawinya nangis ampe ndesor-ndesor. Sang murid bertanya: "wahai guru, apa yang menyebabkan engkau menangis kekaukan kaga ngasoh-ngasoh? Apakah ada keluarga atau saudaramu yang meninggal? Sang guru menjawab: "mushibah ini lebih menyedihkan dari itu. Sang murid bertanya lagi: "apakah kau mengalami penyakit berat? Sang guru menjawab: "Mushibah yang aku alami lebih dahsyat dari itu? Sang murid bertanya lagi: gerangan apa yang menyebabkan kesedihan dirimu bersumut-sumut tak kunjung usai. Sang guru menjawab: " Tadi malam aku lalai hingga tidak sempat membaca wirid, aku yakin hal ini disebabkan oleh dosa-dosa yang aku pernah lakukan."

Imam Sufyan as-stauriy mengatakan: "Aku terhalang melakukan shalat malam selama 5 bulan, lantaran dosa yang pernah aku lakukan."



Disarikan dari kitab Makanatudz Dzikr Bainal Ibadat karya Syekh Usman Said as-syarqawiy halaman: 95.

Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy 



Tidak ada komentar: