Pengertian
Janazah
Kata janazah adalah nama bagi mayyit
yang ada di dalam keranda (tanduan atau kurung batang). Sebagian ulama
mengatakan janazah adalah nama bagi keranda yang di dalamnya ada mayyit.
Sedangkan al-Janaiz merupakan kata jamak bagi al-janazah. Imam Muhammad Ibn
Ahmad al-Ramliy mengatakan:
الْجَنَائِزُ جَمْعُ جَنَازَةٍ
بِالْفَتْحِ وَالْكَسْرِ اسْمٌ لِلْمَيِّتِ فِي النَّعْشِ وَقِيلَ بِالْفَتْحِ
اسْمٌ لِذَلِكَ وَبِالْكَسْرِ اسْمٌ لِلنَّعْشِ وَهُوَ عَلَيْهِ الْمَيِّتُ
وَقِيلَ عَكْسُهُ ، وَقِيلَ لُغَتَانِ فِيهِمَا ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ عَلَيْهِ
الْمَيِّتُ فَهُوَ سَرِيرٌ وَنَعْشٌ
.
Artinya:”al-Janaiz jamak dari
kata janazah dibaca dengan fathah dan kasrah, merupakan nama bagi mayyit yang
berada di atas keranda. Pendapat lain mengatakan dibaca dengan janazah dengan
fathah nama bagi mayyit, dibaca jinazah dengan kasrah nama keranda yang ada
mayyit di dalamnya. Pendapat lain mengatakan sebaliknya. Pendapat lain
mengatakan kata janazah dan jinazah digunakan buat arti keduanya. Apabila tidak
ada mayyit di dalamnya maka disebut keranda atau kurung batang.”[1]
Imam Muhyiddin Nawawi al-Dimasyqiy
menuqilkan pendapat pengarang kitab al-Mathali’ yang meriwayatkan dari Imam Ibn
Faris dimana beliau mengatakan: kata al-Janaiz bentuk jamak dari masdar
(invinitive) lafaz al-Janazah, terambil dari kata kerja Janaza,
Yajnizu, Janzan dan Janazatan yang memiliki arti menutup.[2]
Syaikh Muhammad Ibn Ahmad Batthal
al-Rakbiy mengatakan:
قَالَ الْجَوْهَرِيُّ : الْجَنَازَةُ
وَاحِدَةُ الْجَنَائِزِ، وَالْعَامَّةُ تَقُوْلُ: الْجَنَازَةُ بِالْفَتْحِ،
وَالْمَعْنَى: الْمَيِّتُ عَلَى السَّرِيْرِ، فَإِذَا لَمْ يَكُنْ عَلَيْهِ
مَيِّتٌ فَهُوَ سَرِيْرٌ وَنَعْشٌ. قَالَ اْلأَزْهَرِيُّ: يُقَالُ لِلسَّرِيْرِ
إِذَا جُعِلَ فِيْهِ الْمَيِّتُ ، وَسُوِّيَ لِلدَّفْنِ جِنَازَةٌ بِكَسْرِ الْجِيْمِ.
وَأَمَّا الْجَنَازَةُ بِفَتْحِ الْجِيْمِ، فَالْمَيِّتُ نَفْسُهُ.
Artinya:”al-Jauhari berkata:
Janazah bentuk tunggal dari kata janaiz. Kebanyakan orang menyebutnya dengan
fathah huruf jim artinya mayyit yang ada di dalam keranda. Jika mayyit tidak
ada di dalamnya, maka disebut keranda atau kurung batang. al-Azhariy
berkata: disebut keranda apabila dijadikan buat mayyit dan disempurnakan untuk
penguburannya disebut jinazah dengan kasrah jim. Adapun dibaca janazah dengan
fathah jim adalah nama bagi mayyit itu sendiri.”[3]
Syaikh Muhammad Mahfuz Ibn Abdullah
al-Termasiy mengatakan” al-Janaiz jamak dari kata al-Janazah yang dibaca dengan
fathah maupun kata al-Jinazah yang dibaca dengan kasrah. Wazan (timbangannya)
seperti lafaz Sahabah (awan) jamaknya adalah Sahaib dan Risalah (tulisan)
jamaknya adalah Rasail. Imam Ibn Malik berkata dalam al-Fiyyah:
وَبِفَعَائِلَ
اجْمَعْنَ فَعَالَهْ * وَشِبْهَهُ ذَا تَاءٍ أوْ مُزَالَهْ
Artinya:”Dengan Fa’ail
jama’kanlah olehmu wazan kata Fa’alah dan yang serupa dengannya baik yang
mempunyai Ta’ ataupun tidak.”
Sebagian ulama mengatakan:
وَهَذَا مَعْنَى قَوْلِهِمْ
الْأَعْلَى لِلْأَعْلَى وَالْأَسْفَلُ لِلْأَسْفَلِ أَيْ الْجِنَازَةُ
بِالْحَرَكَةِ الْعُلْيَا وَهِيَ الْفَتْحَةُ لِلْأَعْلَى وَهُوَ الْمَيِّتُ فِي
النَّعْشِ وَالْجِنَازَةُ بِالْكَسْرَةِ السُّفْلَى لِلنَّعْشِ وَعَلَيْهِ
الْمَيِّتُ وَهُوَ أَسْفَلُ
.
Artinya:”Makna perkataan ulama
menyebutkan atas untuk atas, bawah untuk bawah artinya dibaca dengan syakal di
atas janazah memiliki arti mayyit yang ada di atas keranda dan dibaca dengan
syakal di bawah memiliki arti kerandanya yang posisinya berada di bawah mayyit.”[4]
Disebutkan bahwa kurung batang itu
setiap hari memanggil dengan lisan halnya dengan ucapan:
أُنْظُرْ
إِلَيَّ بِعَقْلِكَ *
أَنَا الْمُهَيَّأُ لِنَقْلِلكَ
أَنَا
سَرِيْرُ الْمَنَايَا
* كَمْ سَارَ مِثْلِى بِِمِثْلِكَ
Artinya:”Renungkanlah aku dengan
akalmu. Aku disediakan untuk memindahkanmu. Aku adalah ranjang kematian. Berapa
banyak kurung batang seperti aku membawa orang seperti kamu.”[5]
Dikutip dari risalah:
الفَـوَائِدُ
الْمُمْتَازَة
فِي
بَيَانِ أَحْــكَامِ صَـلاَةِ الْجَنَازَة
جمع وترتيب
الحاج رزقي ذوالقرنين أصمت البتاوي
Jl.
Tipar Cakung Rt.05/08 No:5
Kelurahan
Cakung Barat Jakarta Timur
http://yayasanalmuafah.wordpress.com/2012/09/19/pengertian-janazah/comment-page-1/#comment-101
الْلَّهُم
ارْزُقْنِي الْرِّضَى وَرَاحَة الْبَال
الْلَّهُمَّ لَاتَجْعَلْ مُصِيْبَتِيْ فِىْ دِيْنِيْ ...وَلَاتَجْعَلْ الْدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّيْ
الْلَّهُمَّ لَاتَجْعَلْ ابْتِلَائِيّ فِىْ جَسَدِيْ وَلَا فِىْ مَالِيْ وَلَا فِيْ اهْلِيْ
الْلَّهُمَّ إِغْنَّنِيّ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ ..وَبِخَشْيَتكِ عَنْ عِصْيَانِكَ
الْلَّهُمَّ انَّ ضَاقَتْ عَلَيَّ الْارْضُ بِمَا رَحُبَتْ فَأَغِثْنِيْ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ أَغَثْتَ بِهَا صَاحِبُ الْحُوتِ
الْلَّهُمَّ انَّ رُفِعَتْ لَكَ يدَيِيّ أَدْعُوْكَ بِحَاجَةٍ ...فَلَا تَرُدَّ يَدِيَ بِلَا حَاجَتِيْ وَانْتَ الْكَرِيْمِ
الْلَّهُمَّ إِرْزُقْنِيْ مِنَ الْرِّزْقِ الْحَلَالِ ..مايُغنِيْنِيّ عَنْ سِوَاكَ
الْلَّهُمَّ إِمْنَحْنِيْ مِنْ الآمَانَ ...مايَجْعَلْنِيّ أَنْعَمَ بِنَوْمٍ الْطِّفْلِ فِيْ مَهْدِهِ
الْلَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ ذُرِّيَّةِ صَالِحَةً ..تَسُرُّنِي فِىْ شَبَابِيْ ..وَتَسْتُرُنِيِ فِىْ شَيْخُوْخَتِيْ !
الْلَّهُمَّ انْصُرْنِيْ عَلَىَ الْنَّفْسِ الْأَمَارَةَ بِالْسُّوْءِ
الْلَّهُمَّ لِاتُمَكِنِ أَبْلِيْسُ مِنِّيْ اللّهم امين
الْلَّهُمَّ لَاتَجْعَلْ مُصِيْبَتِيْ فِىْ دِيْنِيْ ...وَلَاتَجْعَلْ الْدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّيْ
الْلَّهُمَّ لَاتَجْعَلْ ابْتِلَائِيّ فِىْ جَسَدِيْ وَلَا فِىْ مَالِيْ وَلَا فِيْ اهْلِيْ
الْلَّهُمَّ إِغْنَّنِيّ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ ..وَبِخَشْيَتكِ عَنْ عِصْيَانِكَ
الْلَّهُمَّ انَّ ضَاقَتْ عَلَيَّ الْارْضُ بِمَا رَحُبَتْ فَأَغِثْنِيْ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ أَغَثْتَ بِهَا صَاحِبُ الْحُوتِ
الْلَّهُمَّ انَّ رُفِعَتْ لَكَ يدَيِيّ أَدْعُوْكَ بِحَاجَةٍ ...فَلَا تَرُدَّ يَدِيَ بِلَا حَاجَتِيْ وَانْتَ الْكَرِيْمِ
الْلَّهُمَّ إِرْزُقْنِيْ مِنَ الْرِّزْقِ الْحَلَالِ ..مايُغنِيْنِيّ عَنْ سِوَاكَ
الْلَّهُمَّ إِمْنَحْنِيْ مِنْ الآمَانَ ...مايَجْعَلْنِيّ أَنْعَمَ بِنَوْمٍ الْطِّفْلِ فِيْ مَهْدِهِ
الْلَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ ذُرِّيَّةِ صَالِحَةً ..تَسُرُّنِي فِىْ شَبَابِيْ ..وَتَسْتُرُنِيِ فِىْ شَيْخُوْخَتِيْ !
الْلَّهُمَّ انْصُرْنِيْ عَلَىَ الْنَّفْسِ الْأَمَارَةَ بِالْسُّوْءِ
الْلَّهُمَّ لِاتُمَكِنِ أَبْلِيْسُ مِنِّيْ اللّهم امين
اللهم
صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه صلاة عبدٍ ضاقت حيلته، ورسول الله
وسيلته، وأنت لها يا إلهي ولكل كربٍ عظيم، ففرج عنا ما نحن فيه بسر أسرار بسم الله
الرحمن الرحيم.
[1] Imam Muhammad al-Ramliy, Nihayah
al-Muhtaj Syarh al-Minhaj vol. 2 (Beirut: Dar al-Fikr 2004) h. 432.
[2] Imam Nawawiy al-Dimasyqiy, Tahrir
alFaz al-Tanbih (Dimasyq: Dar al-Qalam 1998) h. 94.
[3] Syaikh Muhammad Batthal, al-Nazhm
al-Musta’dzab Fi Syarh Gharib al-Muhadzzab vol. 1 (Beirut: Dar al-Fikr)
h. 125-126.
[4] Imam Sulaiman al-Jamal, Hasyiyah
al-Jamal Ala Fath al-Wahhab vol. 2 (beirut: Dar al-Fikr 1994) h. 132;
Syaikh Muhammad Mahfuz al-Termasiy, Mauhabah Dzi al-Fadl Ala Syarh Ba
Fadhl vol. 3 (Kairo: Mathbaah al-Amirah 1986) h. 377-378.
[5] Syaikh Abdullah al-Syarqawiy, Hasyiyah
Ala Tuhfah al-Thullab Syarh Tahrir vol. 1 (Beirut: Dar al-Fikr 1994)
334.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar