Macam-Macam Walimah
Bentuk macam-macam Walimah ada banyak. Sedangkan yang disebutkan
oleh para ulama ada 11, terkumpul dalam Nazham:
إِنَّ الْوَلَائِمَ عَشْرَةٌ مَعْ وَاحِدٍ * مَنْ عَدَّهَا قَدْ عَزَّ في أَقْرَانِهِ
فَالْخُرْسُ إِنْ نُفِسَتْ كَذَاكَ عَقِيْقَةٌ * لِلطِّفْلِ وَاْلأَعْذَارُ عندَ خِتَانِهِ
وَلِحِفْظِ قُرْآنٍ وَآدَابٍ لَقْدْ* قَالَ الْحِذَاقُ، لِحَذْقِهِ وَبَيَانِهِ
ثُمَّ الْمِلاَكُ لِعَقْدِهِ وَ وَلِيْمَةٌ * فِي عُرْسِهِ، فَاحْرُصْ عَلَى إِعْلاَنِهِ
وَ كَذَاكَ مَأْدُبَةٌ بِلاَ سَبَبٍ يُرَى * وَ وَكِيْرَةٌ لِبِنَائِهِ لِمَكَانِهِ
وَ نَقِيْعَةٌ لِقُدُوْمِِهِ وَ وَضِيْمَةٌ * مِنْ أَقْرِبَاءِ
الْمَيِّتِ أَوْ جِيْرَانِهِ
وَ ِلأَوَّّلِ الشَّهْرِ الأَصَمِّ عَتِيْرَةٌ * جاءَتْ هُدِيْتَ
كَذَا لِرِفْعَةِ شَأْنِهِ
Artinya:"Sesungguhnya
macam-macam Walimah itu ada 10 ditambah satu. Siapa saja yang menghinggakannya,
maka ia sungguh mulia di kalangan teman-temannya. 1.Walimah al-Khurs ketika
wanita nifas, 2.Walimah Aqiqah bagi anak, 3.Walimah I'dzar waktu mengkhitannya,
4.Walimah hafal al-Qur'an, dan adab sungguh dikatakan oleh para ulama cerdik,
5. Walimah Hizaq untuk kecerdikan dan menjelaskan al-Qur'an, 6. Walimah Milak
untuk akad nikah, 7. Walimah Ursi pada resepsinya bersemangatlah dirimu untuk
mengumumkannya, seperti demikian yang ke-8 Walimah Ma'dubah walimah tanpa sebab
yang diketahui, 9. Walimah Wakirah untuk bangunan rumah yang ditempati, 10.
Walimah Naqi'ah yaitu untuk kedatangan dari seseorang yang berpergian jauh, 11.
Walimah Wadhi'ah yaitu karena mendapatkan mushibah dan jamuannya dari
tetangganya."
Imam Abu Manshur Ismail
al-Sya'labiy
al-Naisaburiy (W. 429 H) mengatakan:
طَعَامُ
الضَّيْفِ القِرَى, طَعَامُ الدَعْوَةِ المَأْدُبَةُ, طَعَامُ الزَّائِرِ التُّحْفَةُ,
طَعَامُ الإِمْلاك الشُّنْدخِيَّةُ عَنِ ابْنِ دُرَيْدٍ, طعامُ العُرْس الوَليمةُ,
طعام الوِلادَةِ الخُرْسُ, وعندَ حَلْقِ شَعْرِ المولودِ العقيقةُ ,طَعَامُ الخِتَانِ
العَذِيرَةُ عَنِ الفَرَّاءِ, طَعَامُ المَأْتَم الوَضِيمَةُ عَنِ ابْنِ الأعْرَابِيّ
, طَعَامُ القَادِم مِنْ سَفَرٍ النَّقِيعَةُ, طَعَامُ البِنَاء الوَكِيرَةُ, طَعَامُ
المُتَعَلِّلِ قبلَ الغَذَاءِ السُّلْفَةُ واللُّهْنَةً, طَعَامُ المُسْتَعجِلِ قَبْلَ
إدْرَاكِ الغَذَاءِ العُجَالَة, طَعَامُ الْكَرَامَةِ القُفِيُّ وَالزَّلَّةُ .
Artinya:"Jamuan buat tamu
disebut al-Qira, jamuan undangan disebut al-Ma'dubah, jamuan orang yang
berziarah disebut al-Tuhfah, jamuan akad nikah disebut al-Syundakhiyyah
dikatakan oleh Ibn Duraid, jamuan Dukhul sisebut al-Walimah, jamuan sebab
kelahiran disebut al-Khursu, jamuan ketika menggunting rambut kepala bayi
disebut al-Aqiqah, jamuan sebab khitanan disebut al-Adzirah dikatakan oleh Imam
al-Farra, jamuan orang meninggal disebut al-Wadhimah dikatakan oleh Imam Ibn
al-Arabiy, jamuan sebab musafir yang baru sampai disebut al-Naqiah, jamuan
sebab bangun rumah disebut al-Wakirah, jamuan yang orang sibuk sebelum makan
disebut al-Sulfah dan al-Luhnah, ,jamuan yang disegerakan sebelum makan makanan
pokok disebut al-Ujalah, jamuan buat orang mulia disebut al-Qufiyy dan
al-Zallah."[1]
Dari macam-macam Walimah yang disebutkan oleh para ulama
di atas, tidak ditemukan adanya Walimah 7 bulanan dan Walimatus Safar (Haji).
Untuk Walimah 7 bulanan dapatlah digolongkan kepada Walimah Ma'dubah atau
Walimatul Ursiy. Sebab kesunnahan Walimatul Ursiy tidak luput waktunya sebab
terlalu lama. Ada yang mengadakan Walimah pada saat usia kehamilan 4 bulan
dengan alasan bahwa manusia dalam kandungan ibunya ditiupkan ruhnya saat usia
120 hari. Mengadakan Walimah saat usia kandungan 4 bulan atau 7 bulan keduanya
dibolehkan, seandainya tidak diadakanpun tidak masalah. Yang terpenting adalah berdoa
dan memberikan doa. Semakin berat kandungan atau semakin lama usia kandungan
sang ibu, maka semakin banyak doa yang ia panjatkan, sebagaimana keterangan
al-Qur'an:
هُوَ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ
وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ
حَمْلاً خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِ فَلَمَّآ أَثْقَلَتْ دَعَوَا اللهَ رَبَّهُمَا
لَئِنْ ءَاتَيْتَنَا صَالِحًا لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ فَلَمَّآ
ءَاتَاهُمَا صَالِحًا جَعَلاَ لَهُ شُرَكَآءَ فِيمَآءَاتَاهُمَا فَتَعَالَى اللهُ
عَمَّا يُشْرِكُونَ .
Artinya:“Dialah yang menciptakan kalian dari satu manusia dan
menjadikan darinya pasangannya, agar dia merasa tentram dengannya. Maka setelah
dia mengumpulinya, istrinya mengandung kandungan ringan, terus merasa ringan
beberapa waktu. Tatkala dia merasa berat, maka keduanya berdoa kepada Rabbnya,
seraya berkata: ‘Sesungguhnya jika engkau memberi kami anak yang sempurna,
tentulah kami termasuk orang yang bersyukur.’ Tatkala Allah memberi anak yang
sempurna kepada keduanya, maka keduanya menjadikan sekutu bagi Allah terhadap
anak yang telah dianugerahkan kepada keduanya. Maha suci Allah terhadap apa
yang mereka persekutukan.” (QS. Al
A’raaf: 189-190)
Sedangkan Walimatus Safar dapat digolongkan kepada
Walimah Naqi'ah yakni jamuan yang dibuat lantaran ada orang yang baru datang
dari perjalan jauh, apabila orang yang telah datang dari perjalanan disunnahkan
mengadakan Walimah, maka bagi orang yang ingin melakukan perjalanan juga
dianjurkan mengadakan Walimah. Tujuan Walimah tersebut untuk meminta doa
kebaikan, sebagaimana hal itu disebutkan dalam keterangan hadis:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "
إذَا أَرَادَ أَحَدُكُمْ إلَى سَفَرٍ فَلْيُوَدِّعْ إخْوَانَهُ فَإِنَّ اللَّهَ جَاعِلٌ
فِي دُعَائِهِمْ خَيْرًا .
Artinya:"Dari Abu Hurairah
semoga Allah memberikan keridhaan kepadanya dari Rasulullah bersabda: Apabila
salah seorang kalian ingin melakukan perjalanan, maka hendaknya ia berpamitan
kepada saudara-saudaranya karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan pada
doa mereka."[2]
Dalam riwayat lain dikatakan:
عَنْ زَيْدِ بْنِ
أَرْقَمَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :"إذَا
أَرَادَ أَحَدُكُمْ إلَى سَفَرٍ فَلْيُوَدِّعْ إخْوَانَهُ فَإِنَّ اللَّهَ جَاعِلٌ
فِي لَدَى دُعَائِهِمْ الْبَرَكَةَ .
Artinya:"Dari
Zaid Ibn Arqam berkata: Rasulullah bersabda: Apabila salah seorang
kalian ingin melakukan perjalanan, maka hendaknya ia berpamitan kepada
saudara-saudaranya karena sesungguhnya Allah menjadikan keberkahan pada doa
mereka [3]
Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy
انى احب "محمدا" ** و الله خير شاهدا
يارب صل على المدى** ابدا عليه مجددا
صلى وسلم سيدى **ما جاء ذكر محمد
فى قلب كل موحد **ذاق المقام الاحمدى
فبسر نور "ابى الهدى"** إنى احب محمدا
والحب منك فإن بدا **ربـى ...فزده مؤيدا
وبسر انوار "النبى" ** وبنور سر " العربى"
و لآنت تعلم مأربى ** ماغير وجهك مطلبى
وبسر نور "المصطفى" ** اصل السماحة والوفا
يا خير غفار عفا ** اجعل فؤادى فى صفا
وبسر نور "الهاشمى" ** عجل بفتح منعم
واجعل نبيك بلسمى ** من كل داء مبهم
وبسر نور "المرتضى" ** وبسر اسرار القضا
إفتح لنا باب الرضا ** واغفر وسامح ما مضى
و بنور "يس " الجلى ** وبحق اسمك يا ""على "
احببته .. فاجعله لى *** يا رب مولاى الولى
و بنور من اسميته *** "طه" و قد ناديته
يا رب قد اهديته ** روحى و قد بايعته
وبسر نور حبيبنا ** اجعله رب شفيعنا
و ولينا وكفيلنا **فى كل حال شئوننا
و بســر نــص قاطــع **ســر حكيــم جامــع
كن لى نجيى سامعى ** ما من سواك بنافع
اللَّهُمَّ صَلِّ
وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى الْحَبِيبِ الأَعْظَم* وَ الْمَلاذِ الأَفْخَم* طِبِّ
قَلْبِي وَ الْبَلْسَم* سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ بْنَ عَبْدِ الله*صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ صحبه و سَلَّمَ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله* صَلاةً يُفَاضُ
نُورُهَا عَلَى جَمِيعِ أَجْزَاءِ ذَاتِي فَيَجْعَلُنِي مُسْتَغْرِقًا
بِالْكُلِّيَّةِ فِي شُهُودِ ذَاتِهِ الْعَلِيَّة* فَلا أَتَحَرَّكُ حَرَكَةً
إِلاَّ وَ فِيهَا سِرُّحَرَكَاتِهِ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَسَلَّمَ) وَ
لا أَتَنَفَّسُ نَفَسًا إِلاَّ وَ فِيهِ عَبِيرُ أَنْفَاسِهِ (صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلِّمَ) وَ لا أَسْكُنُ سُكُونًا إِلاَّ وَ فِيهِ طِيبُ
سَكَنَاتِهِ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ) وَ لا أَقُولُ قَوْلاً
إِلاَّ وَ فِيهِ نُورُ أَقْوَالِهِ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ) وَ
لا أَفْعَلُ فِعْلاً إِلاَّ وَ فِيهِ هَدْيُ أَفْعَالِهِ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ) وَ لا يَكُونُ بِي حَالٌ إِلاَّمِنْ فَيْضِ أَحْوَالِهِ
(صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَسَلَّمَ) وَ لا لِيَ مَقَامٌ إِلاَّ مِنْ
بَرَكَةِ مَقَامَاتِهِ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّم)*صَلِّ عَلَيْهِ
رَبَّنَا عَدَدَ الْحَرَكَاتِ وَ السَّكَنَاتِ وَ الأَنْفَاسِ وَ الأَقْوَالِ وَ
الأَفْعَالِ وَ الأَحْوَالِ وَ الْمَقَامَاتِ الَّتِي حَدَثَتْ فِي الْكَائِنَاتِ
مِنْ قَبْلِ الْقَبْلِ إِلَى بَعْدِ الْبَعْدِ بِلا كَيْفٍ وَ لاكَمٍّ وَ لاحَصْرٍ
وَ لاعَد وَ اجْعَلْ كُلَّ ذَلِكَ وَ أَضْعَافَ أَضْعَافَهُ إِلَى مَا لا
نِهَايَةَ فِي صَحِيفَتِهِ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّم)* هَدِيَّةً
لَهُ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّم)* مِنْ أَجْلِهِ (صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّم)* بِجَاهِهِ (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ
سَلَّم)* صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ عَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَ تَابِعِيهِمْ
إِلَى يَوْمِ الدِّين* وَ سَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ* وَ الْحَمْدُ للهِ رَبِّ
الْعَالَمِين
Tidak ada komentar:
Posting Komentar