Biografi Imam Syafii
Imam Syafi’i yang dikenal sebagai pendiri madzhab
Syafi’i memiliki nama lengkap Muhammad Ibn Idris al-Syafi’iy. Beliau dilahirkan
di daerah Ghazzah, Palestina pada tahun 150 H pada bulan Rajab.
Beliau bernama Muhammad Ibn
Idris Ibn Abbas Ibn Utsman Ibn Syafi’i Ibn Saib Ibn Ubaid Ibn Abd Yazid Ibn
Hasyim Ibn Mutahallib Ibn Abdu Manaf al-Qurasyiy. Kun-yah (panggilan kehormatan)
beliau adalah Abu Abdullah (bapaknya Abdullah) dikarenakan salah seorang anak
beliau yang bernama Abdullah. Nasab Imam Syafi’i bertemu dengan nasab
Rasulullah pada Abdu Manaf yang merupakan kakek ketiga Rasulullah dan kakek
kesembilan Imam Syafii. Dinisbahkan nama al-Syafii kepada beliau lantaran
Syafi’ adalah nama kakek ketiga beliau yang merupakan salah seorang sahabat
Rasulullah, beliau bertafaul (mengharap kebaikan) mendapat syafaat.
Diriwayatkan bahwa ketika
beberapa hari setelah Fatimah ibunda Imam Syafi’i melahirkan terdengar kabar
dari Baghdad tentang meninggalnya Imam Abu Hanifah. Tatkala diteliti dengan
seksama ternyata hari meninggalnya Imam Abu Hanifah bertepatan dengan saat lahirnya
Imam Syafi’i. Para ulama waktu itu mengisyaratkan bahwa Muhammad yang baru
lahir kelak akan mengikuti derajat keilmuan Imam Abu Hanifah.[1]
Kesungguhan Imam
Syafi’i dalam menuntut ilmu
Ketika beliau berusia 2 tahun, ayah beliau wafat. Ibu
beliau membawa beliau ke kota Makkah. Meskipun dibesarkan dalam keadaan yatim
dan kondisi keluarga yang miskin, tidak menjadikan beliau rendah diri apalagi
malas. Sebaliknya, keadaan itu membuat beliau makin giat menuntut ilmu. Pada
umur 9 tahun beliau telah hafal al-Quran seluruhnya. Beliau banyak berdiam di
Masjid al-Haram dimana beliau menuntut ilmu pada ulama-ulama dalam berbagai
bidang ilmu. Beliau mencatat ilmu-ilmu yang telah diperolehnya pada
kertas-kertas, kulit dan tulang binatang. Hingga pada suatu hari kamar tempat
istirahatnya penuh oleh kertas, kulit dan tulang. Maka seluruh catatan pada
benda-benda itu dihafal oleh Imam Syafi’i seluruhnya, lalu setelah itu
benda-benda tersebut dibakarnya.
Kekuatan hafalan Imam Syafi’i
sangat mencengangkan. Sampai-sampai seluruh kitab yang dibaca dapat
dihafalnya. Ketika beliau membaca satu kitab beliau berusaha menutup halaman
yang kiri dengan tangan kanannya karena khawatir akan melihat halaman yang kiri
dan menghafalnya terlebih dahulu sebelum beliau hafal halaman yang kanan.
Mengenai hal ini beliau bercerita: bahwa
beliau pernah bermimpi bertemu Rasulullah dan Rasulullah berkata kepadanya: “Siapa
kamu hai anak muda?” Imam Syafi’i berkata. : “aku termasuk
umatmu, ya Rasulullah” Rasulullah berkata: “mendekatlah padaku.”
Imam Syafi’i lalu mendekat kepada Rasulullah, lalu Rasulullah mengambil air
liurnya dan meletakkan air liur itu ke dalam mulut dan bibir Imam Syafi’i.
setelah itu Rasulullah berkata padanya: “berangkatlah, semoga Allah
memberkahimu.” Setelah mimpi itu beliau tak pernah merasa
kesulitan dalam menghafal ilmu.
Beliau juga telah mencapai kemampuan
berbahasa yang sangat indah. Kemampuan beliau dalam menggubah syair dan
ketinggian mutu bahasanya mendapat pengakuan dan penghargaan yang sangat tinggi
oleh orang-orang alim yang sejaman dengan beliau.
Demikian tinggi prestasi-prestasi
keilmuan yang telah beliau capai dalam usia yang masih sangat belia, sehingga
guru-gurunya membolehkan beliau untuk berfatwa. Ketika itu beliau bahkan baru
mencapai usia 15 tahun.
Imam Syafi’i ke Madinah
Imam Syafi’i hidup sezaman dengan Imam Malik bin Anas,
seorang ulama besar pendiri madzhab Maliki. Imam Malik bin Anas juga dikenal
sebagai Ahli Hadits. Beliau menghimpun hadits-hadits Nabi dalam kitab beliau
yang berjudul Muwattha’. Imam Syafi’i pernah meminjam kitab Muwattha’
pada salah seorang penduduk Makkah dan menghafalnya dalam waktu singkat. Imam
Syafi’i rindu untuk melihat Imam Malik di Madinah al-Munawwarah dan berharap
dapat mengambil manfaat dari ilmu beliau.
Maka pada suatu hari berangkatlah Imam Syafi’i ke Madinah dengan niat untuk
menuntut ilmu. Dalam perjalanan dari Makkah menuju Madinah beliau mengkhatamkan
bacaan al-Qur’an sebanyak 16 kali. Malam satu kali khatam dan siangnya satu
kali. Pada hari ke delapan beliau tiba di Madinah setelah shalat ashar. Beliau
shalat di Masjid Nabawi dan berziarah terlebih dahulu ke makam Rasulullah.
Setelah itu baru beliau menuju kediaman Imam Malik bin Anas.
Ketika Imam Syafi’i menghadap Imam Malik, beliau berkata: “mudah-mudahan
Allah selalu memberimu kebaikan. Aku adalah seorang penuntut ilmu. Kondisi dan
ceritaku begini dan begini…”
Mendengar perkataan itu Imam Malik merasa iba dan bertanya kepadanya: “siapa
namamu?” Imam Syafi’i menjawab: “Muhammad.” Imam Malik
berkata kepadanya; “wahai Muhammad, bertaqwalah kepada Allah, hindarilah
maksiat. Aku melihat dihatimu ada cahaya. Karena itu janganlah kamu padamkan
cahaya itu dengan maksiat. Sesungguhnya cahaya itu akan menjadikanmu dibutuhkan
oleh manusia. “ Imam Syafi’i menjawab: “ya.” Imam Malik lalu
berkata: “kalau besok kamu masih ada, kami akan mengajarkanmu kitab
Muwattha’.”
Imam Syafi’i berkata: “wahai tuanku, aku telah membaca kitab Muwattha’
sampai hafal.” Imam Malik berkata: “bacalah!” lalu Imam
Syafi’i membaca dan Imam Malik menyimaknya. Ketika Imam Syafi’i khawatir Imam
Malik lelah, maka beliau berhenti. Dan Imam Malik lalu berkata: “teruskan
wahai anak muda, aku akan memperbaiki bacaanmu.”
Demikianlah, maka aktivitas harian Imam Syafi’i adalah membaca kitab Muwattha’
dibawah bimbingan Imam Malik.
Beliau pun selalu hadir di majlis ilmu Imam Malik yang menerangkan tentang
hadits-hadits Rasulullah. Imam Malik memuji kuatnya hafalan dan keluasan
pemahaman Imam Syafi’i terhadap ilmu yang dipelajarinya. Seringkali sehabis
membacakan kitabnya, Imam Malik meminta Imam Syafi’i untuk menyampaikannya
kepada orang lain. Imam Malik juga sering memberikan hadiah kepada sang murid
sebagai wujud rasa cinta dan perhatian beliau kepadanya.
Demikian juga Imam Syafi’i begitu mencintai gurunya dengan sepenuh hati. Beliau
berkata: “Imam Malik bin Anas adalah guruku. Dari beliau aku belajar dan
tidak ada orang yang aku percaya kecuali Imam Malik bin Anas. Dan aku
menjadikan Imam Malik bin Anas sebagai hujjah (saksi) antara aku dan Allah.”
Kepergian Imam Syafi’i ke Iraq
Pada waktu Imam Syafi’i telah menyelesaikan
pelajarannya pada Imam Malik, beliau mendengar kabar tentang Imam Abu Yusuf dan
Imam Muhammad bin Hasan yang adalah murid utama sekaligus sahabat Imam Abu
Hanifah yang sedang berada di Iraq yaitu di kota Kufah. Beliau ingin sekali
bertemu dengan mereka berdua. Maka Imam Syafi’i lantas memohon izin kepada Imam
Malik untuk pergi ke Iraq. Imam Malik memberikan tambahan bekal kepada beliau
dan menyewakan hewan tunggangannya menuju kota Kufah.
Di Kufah, begitu berjumpa dengan Imam Abu Yusuf dan Imam Muhammad
bin Hasan, mereka berdua sangat gembira dengan kedatangan Imam Syafi’i. Mereka
bertanya kepada beliau tentang Imam Malik bin Anas. Beliau berkata: “aku
telah datang kepadanya.” Salah satu dari keduanya berkata:
“apakah kamu sudah membaca kitab Muwattha’?” Imam Syafi’i
menjawab: “aku telah menghafal kitab tersebut dalam lubuk hatiku.”
Itu semua telah membuat Imam Muhammad bin Hasan dan Imam Abu Yusuf menaruh
hormat kepada Imam Syafi’i. Imam Muhammad bin Hasan lalu bertanya kepada beliau
tentang masalah thaharah, zakat, jual beli, dan masalah lainnya yang dijawab
dengan jawaban yang sangat bagus oleh Imam Syafi’i. Bertambah kagumlah Imam
Muhammad bin Hasan pada beliau. Kemudian ia mengajak Imam Syafi’i ke rumahnya
dan mengizinkan Imam Syafi’i untuk menyalin kitab apa saja yan dia inginkan
yang ada di perpustakaan miliknya.
Selama di Kufah, Imam Syafi’i menjadi tamu Imam Muhammad bin Hasan. Ketika
beliau telah selesai mempelajari kitab-kitab di perpustakaan Imam Muhammad bin
Hasan, beliau lantas mohon izin untuk meneruskan perjalanan menuju Persia dan
kota-kota disekitarnya.
Kembali ke Madinah
Ketika beliau di kota Ramlah ada serombongan orang
Madinah datang. Beliau bertanya tentang keadaan guru beliau, Imam Malik bin
Anas. Mereka menjawab bahwa Imam Malik dalam keadaan sehat. Imam Syafi’i merasa
rindu dan ingin sekali berjumpa dengan guru yang sangat dicintainya itu. Maka
beliau pun mempersiapkan diri untuk perjalanan menuju ke Madinah.
Sampai di Madinah, setelah berziarah ke makam Rasulullah, beliau lantas menuju
pengajian Imam Malik. Ketika Imam Malik mengetahui kehadiran Imam Syafi’i,
beliau memanggilnya dan memeluknya dengan penuh kerinduan. Murid-murid Imam
Malik yang lain merasa terharu melihat peristiwa ini. Imam Malik lalu membawa
Imam Syafi’i duduk disisinya. Beliau berkata: “ajarilah ini, wahai
Syafi’i.” Setelah menyelesaikan pelajaran itu, Imam Malik mengajak Imam
Syafi’i ke rumahnya.
Imam Syafi’i tinggal selama beberapa tahun di Madinah. Selama itu beliau
senantiasa mendapat perlakuan yang istimewa dan sangat diperhatikan oleh
gurunya. Pada bulan Rabi’ul awwal tahun 179 H Imam Malik bin Anas wafat dan
dimakamkan di pemakaman Baqi’ di kota Madinah. Seluruh penduduk Madinah
tenggelam dalam duka cita karena meninggalnya Imam yang sangat alim dan mulia
ini.
Setelah wafatnya Imam Malik, Imam Syafi’i
masih tinggal beberapa lama di Madinah. Beliau kemudian pergi ke Yaman, menetap
dan mengajarkan ilmunya di sana.
Berita tentang keluasan ilmu beliau
segera saja menyebar ke seluruh negeri. Orang berduyun-duyun datang untuk
menyimak pelajaran yang beliau sampaikan. Ketinggian ilmu dan ma’rifahnya, baik
itu dibidang fiqh, hadits, filsafat, kedokteran, ilmu falak dan lain-lain
membuat khalifah Harun al-Rasyid mengundang beliau dan meminta beliau untuk
mengajar di kota Baghdad. Sejak saat itu beliau dikenal secara luas dan lebih
banyak lagi orang yang datang menuntut ilmu padanya. Pada waktu itulah madzhab
beliau mulai dikenal. Imam Syafii mengajar banyak orang yang kelak sebagian
dari mereka menjadi ulama-ulama yang besar pula. Diantara murid-murid beliau
yaitu Imam Ahmad bin Hanbal yang kelak dikenal sebagai salah seorang Imam
madzhab juga.
Semua orang, baik dari kalangan pejabat
maupun rakyat sangat mencintai dan mengagungkan kedudukan Imam Syafi’i.
Demikian pula murid-murid beliau begitu menaruh hormat padanya. Ini terbukti
ketika Imam Ahmad bin Hanbal sakit dan Imam Syafi’i membesuknya. Waktu beliau
sampai di rumahnya, Imam Ahmad bin Hanbal langsung turun dari tempat tidurnya
dan meminta Imam Syafi’i untuk duduk di tempat itu. Sedangkan Imam Ahmad bin
Hanbal duduk di tanah dan sewaktu-waktu beliau bertanya pada Imam
Syafi’i.
Ketika Imam Syafi’i hendak pulang, Imam
Ahmad bin Hanbal menaikkan beliau ke hewan tunggangannya. Lalu Imam Ahmad
bin Hanbal naik ke tunggangannya beliau dalam kondisi sakit dengan menerobos
jalan dan pasar-pasar Baghdad, sampai ia bisa mengantar Imam Syafi’i tiba di
rumahnya.
Pulang ke Makkah
Setelah beberapa waktu berada di Baghdad, beliau
bermaksud pulang ke Makkah. Memakan waktu perjalanan beberapa hari akhirnya
beliau sampai di Makkah. Waktu itu tahun 181 H. Sebelum masuk kota Makkah,
beliau mendirikan kemah di luar kota. Penduduk Makkah keluar untuk menyampaikan
salam dan menyambutnya. Beliau lalu membagi-bagikan seluruh emas dan perak yang
beliau miliki kepada mereka. Hal itu dilakukan untuk melaksanakan wasiat ibunya
ketika beliau datang ke Makkah. Begitulah, Imam Syafi’i masuk ke kota Makkah
dalam keadaan tidak membawa apapun, sama seperti ketika beliau keluar dari
Makkah dalam keadaan tidak membawa benda apapun.
Beliau tinggal di Makkah selama 17 tahun. Selama berada disana beliau
mengajarkan ilmu pada manusia. Madzhab Imam Syafi’i tersebar di antara jamaah
haji dan mereka membawa madzhab tersebut ke tempat asal mereka masing-masing.
Selama 17 tahun tinggal di Makkah beliau mendengar wafatnya Imam Abu Yusuf dan
Imam Muhammad bin Hasan yang dahulu pernah ditemuinya di kota Kufah. Setelah
itu wafat pula Harun al-Rasyid.
Setelah sekian lama tinggal di Makkah beliau lantas kembali ke kota Baghdad.
Disana beliau melanjutkan kegiatan mengajar selama beberapa waktu. Setelah itu
beliau bermaksud hendak pergi ke Mesir. Ketika penduduk Baghdad mendengar akan
kepergian orang mulia ini, maka mereka keluar untuk perpisahan dengan beliau.
Di tengah-tengah penduduk ini ada Imam Ahmad bin Hanbal. Maka diwaktu itu Imam
Syafi’i memegang erat tangan Imam Ahmad bin Hanbal dan berkata: “sungguh
aku rindu akan bumi Mesir. Selain Mesir adalah bumi yang tandus. Demi Allah,
aku tidak tahu untuk kemuliaan atau untuk kaya aku pindah ke Mesir. Atau pindah
ke kubur?”
Seakan-akan Imam Syafii merasa akan wafat di Mesir dan kuburannya akan berada
di negeri itu. Lalu beliau menangis. Imam Ahmad bin Hanbal dan semua orang yang
menyaksikan perpisahan itu menangis semua. Imam Ahmad bin Hanbal pulang sambil
bercucuran air mata dan berkata pada para penduduk Baghdad: “sungguh ilmu
fiqh telah tertutup, lalu Allah membukakan ilmu itu dengan kedatangan Imam
Syafi’i.”
Menetap di Mesir
Di negeri Mesir segera saja
penduduknya jatuh hati pada Imam Syafi’i. Para ulama negeri itu juga
memuliakannya dan meminta beliau untuk mengajar di masjid Amru bin Ash. Beliau
mengajar sehabis subuh sampai zhuhur. Imam Syafi’i adalah orang pertama yang
mengajar ilmu hadits di Mesir sampai zhuhur. Setelah itu beliau melanjutkan
pelajaran di rumahnya.
Para ulama dan orang-orang jenius terpelajar lainnya datang menyimak pelajaran
yang beliau sampaikan baik di masjid maupun di rumah. Di antara orang-orang
yang belajar pada beliau yang kelak menjadi ulama terkenal adalah Muhammad bin
Abdullah bin Hakam, Abu Ibrahim bin Ismail bin Yahya al-Muzani, Abu Yaqub
Yusuf bin Yahya al-Buwaithi, Rabi’ al-Jizi dan lain sebagainya.
Ketika di Mesir ini pula Imam Syafi’i
banyak menulis kitab yang berisi madzhab beliau. Di antara kitabnya adalah Al-Umm,
Imla’ al-Shaghir, Jizyah, Ar-Risalah dan lain
sebagainya
Sebagian dari akhlak Imam Syafi’i
Imam Syafi’i adalah seorang yang taqwa, zuhud
dan wara’. Beliau juga sangat santun dalam memberikan peringatan kepada orang
yang melakukan kesalahan. Hatinya sangat lembut dan dermawan terhadap harta.
Imam al-Baihaqi meriwayatkan dari Hasan
bin Habib. Dia berkata: “Aku melihat Imam Syafi’i menunggang kuda melewati
pasar sepatu. Tiba-tiba cambuknya jatuh dan mengenai salah seorang pedagang
sepatu. Lalu pedagang sepatu itu mengusap cambuk untuk membersihkannya dan
memberikan cambuk itu pada beliau. Imam Syafi’i lalu menyuruh budaknya untuk
memberikan uangnya pada pedagang itu.”
Tiada hari yang dilewati beliau tanpa
bershadaqah. Siang dan malam beliau selalu bershadaqah, Apalagi di bulan
Ramadhan. Beliau juga sering mengunjungi fakir miskin dan menjamin kebutuhan-kebutuhan
mereka. Untuk menafkahi keluarganya beliau berdagang.
Imam Syafi’i sangat baik dalam
memperlakukan kerabat-kerabatnya. Beliau menghormati mereka dan tidak
menyombongkan dirinya. Beliau menghormati orang sesuai posisinya. Imam Syafi’i
pernah berkata: “Paling zhalimnya orang adalah ia yang menjauhi kerabatnya,
tidak mau tahu terhadap mereka, meremehkan dan sombong pada orang yang memiliki
keutamaan.”
Beliau juga senantiasa memaafkan orang
yang berbuat kesalahan kepadanya. Beliau membalas kejahatan dengan kebaikan dan
tidak pernah menyimpan dendam kepada seseorang.
Pujian Ahmad bin Hanbal kepada Imam Syafi’i
Sewaktu di Baghdad, Imam Syafi’i selalu bersama Imam
Ahmad bin Hanbal. Demikian cintanya pada Imam Syafi’i, sehingga putra-putri
Imam Ahmad merasa penasaran kepada bapaknya itu. Putri Imam Ahmad memintanya
untuk mengundang Imam Syafii bermalam di rumah untuk mengetahui perilaku beliau
dari dekat. Imam Ahmad bin Hanbal lalu menemui Imam Syafi’i dan menyampaikan
undangan itu.
Ketika Imam Syafi’i telah berada di rumah
Ahmad, putrinya lalu membawakan hidangan. Imam Syafi’i memakan banyak sekali
makanan itu dengan sangat lahap. Ini membuat heran putri Imam Ahmad bin
Hanbal.
Setelah makan malam, Imam Ahmad bin
Hanbal mempersilakan Imam Syafi’i untuk beristirahat di kamar yang telah
disediakan. Putri Imam Ahmad melihat Imam Syafi’i langsung merebahkan tubuhnya
dan tidak bangun untuk melaksanakan shalat malam. Pada waktu subuh tiba beliau
langsung berangkat ke masjid tanpa berwudhu terlebih dulu.
Sehabis shalat subuh, putri Imam Ahmad
bin Hanbal langsung protes kepada ayahnya tentang perbuatan Imam Syafi’i, yang
menurutnya kurang mencerminkan keilmuannya. Imam Ahmad yang menolak untuk
menyalahkan Imam Syafi’i, langsung menanyakan hal itu kepada Imam Syafi’i.
Mengenai hidangan yang dimakannya dengan
sangat lahap beliau berkata: “Ahmad, memang benar aku makan banyak, dan itu
ada alasannya. Aku tahu hidangan itu halal dan aku tahu kau adalah orang yang
pemurah. Maka aku makan sebanyak-banyaknya. Sebab makanan yang halal itu banyak
berkahnya dan makanan dari orang yang pemurah adalah obat. Sedangkan malam ini
adalah malam yang paling berkah bagiku.”
“Kenapa begitu, wahai guru?”
“Begitu aku meletakkan kepala di atas
bantal seolah kitabullah dan sunnah Rasulullah digelar di hadapanku. Aku
menelaah dan telah menyelesaikan 100 masalah yang bermanfaat bagi orang islam.
Karena itu aku tak sempat shalat malam.”
Imam Ahmad bin Hanbal berkata pada
putrinya: “inilah yang dilakukan guruku pada malam ini. Sungguh, berbaringnya
beliau lebih utama dari semua yang aku kerjakan pada waktu tidak tidur.”
Imam Syafi’i melanjutkan: “Aku shalat
subuh tanpa wudhu sebab aku masih suci. Aku tidak memejamkan mata sedikit pun
wudhuku masih terjaga sejak isya, sehingga aku bisa shalat subuh tanpa berwudhu
lagi.”[2]
Dilain kesempatan Imam Ahmad bin Hanbal
pernah berkata: “aku tidak pernah shalat sejak 40 tahun silam kecuali dalam
shalatku itu aku berdoa untuk Imam Syafi’i.”
Abdullah, putranya lantas bertanya: “wahai
ayahku, seperti apa sih Syafi’i, sehingga ayah selalu berdoa
untuknya?” Imam Ahmad bin Hanbal menjawab: “wahai anakku, Imam Syafi’i
bagaikan matahari bagi dunia dan seperti kesehatan bagi tubuh. Lihatlah anakku,
betapa pentingnya dua hal itu.”
Abdul Malik bin Abdul Hamid al-Maimuni
berkata: “Aku berada di sisi imam Ahmad bin Hanbal dan beliau selalu
menyebut Imam Syafi’i. Aku selalu melihat beliau mengagungkan Imam Syafi’i.”
Wafatnya Imam Syafi’i
Beliau wafat pada malam jum’at akhir dari
bulan Rajab tahun 204 H setelah mengalami sakit selama beberapa waktu. Setelah
isya ruh beliau yang suci kembali ke Rahmatullah di pangkuan murid beliau,
yaitu Rabi’ al-Jizi. Jenazah beliau dimakamkan dengan iringan tangis dan
rintih duka cita dari segenap penduduk Mesir.
Kecerdasan Imam Syafii
Imam Syafi’i, duduk disamping Imam Malik bin Anas
tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang berkata kepada |Imam Malik bin Anas
“Saya telah menjual burung perkutut pada hari ini, akan tetapi pembelinya
mengembalikan kepada saya sambil berkata, : “Burung perkututmu tidak bisa
berbunyi (manggung)”. Maka saya bersumpah pada pembeli itu bahwa saya akan
menceraikan istri saya sesungguhnya perkutut saya itu tidak pernah diam dari
manggung”. Maka Imam Malik bin Anas, berkata kepada laki-laki itu, “ Istrimu
telah terceraikan dan kamu tidak boleh lagi kembali kepadanya”.
Pada waktu itu Imam Syafi’i berusia 14 tahun, beliau berkata kepada laki-laki itu “Apakah burung perkututmu lebih banyak banyak berbunyi atau diam ?”. laki-laki tersebut menjawab “lebih banyak berbunyi”. Kemudian Imam Syafi’i berkata,” kalau begitu istrimu tidak kamu cerai (tertalaq).
Pada waktu itu Imam Syafi’i berusia 14 tahun, beliau berkata kepada laki-laki itu “Apakah burung perkututmu lebih banyak banyak berbunyi atau diam ?”. laki-laki tersebut menjawab “lebih banyak berbunyi”. Kemudian Imam Syafi’i berkata,” kalau begitu istrimu tidak kamu cerai (tertalaq).
Setelah Imam Malik bin Anas mendengar
jawaban dari Imam Syafi’i maka beliau bertanya kepada Imam Syafi’i “Wahai
pemuda darimana kamu dapatkan jawaban ini?”. Imam Syafi’i berkata, “ Dari
Engkau “, telah menceritakan kepada saya Az-Zuhri dari Ibnu Salamah bin
Abdurrahman dari Umi Salamah, sesungguhnya Fatimah binti Qois berkata, “ Ya
Rasulullah sesungguhnya Abu Jahm dan Muawiyyah meminang saya, maka Nabi
bersabda: “Muawiyyah itu faqir, sedangkan Abu Jahm tidak pernah meletakkan
tongkat dari pundaknya ( tidak pernah berhenti kerja” ). Sesungguhnya
Rasulullah tahu bahwa Abu Jahm itu juga makan , tidur dan istirahat dan
sesungguhnya Rasulullah bersabda tidak pernah menaruh tongkat dari pundaknya
itu adalah kiasan (Majazi). Orang Arab menjadikan umumnya 2 pekerjaan itu
adalah menurut apa yang diistiqamahkan/dilanggengkan.
Dengan demikian ketika perkutut itu
berbunyi lebih banyak daripada diamnya maka saya menjadikan dalil bahwa lebih
banyak berbunyi adalah sama dengan selalu berbunyi (tidak pernah diam dari
berbunyi).
Imam Malik bin Anas kagum atas hujjahnya
Imam Syafi’i maka beliau berkata: “Berikanlah fatwa, sungguh kamu telah mampu
berfatwa”. Maka beliau Imam Syafi’i memberikan fatwa sejak usia 14 tahun.[3]
السَّلاَم عَلَيْكَ
يَا رَسُولَ الله. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا نَبِيَّ الله. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا
خِيرَةَ الله. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا خَيْرَ خَلْقِ الله. السَّلاَمُ عَلَيْكَ
يَا حَبِيبَ الله. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا نَذِيرُ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا بَشِيرُ.
السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا طُهْرُ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا طَاهِرُ. السَّلاَمُ
عَلَيْكَ يَا نَبِيَّ الرَّحْمَةِ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا أبَا الْقَاسِمِ. السَّلاَمُ
عَلَيْكَ يَا رَسُولَ رَبِّ الْعَالَمِينَ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا سَيِّدَ
الْمُرْسَلِينَ وَخَاتِمَ النَّبِيِّينَ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا خَيْرَ
الْخَلاَئِقِ أجْمَعِينَ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا قَائِدَ الْغُرِّ
الْمُحَجَّلِينَ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَعَلَى آلِكَ وَأهْلِ بَيْتِكَ
وَأزْوَاجِكَ وَذُرِّيَّتِكَ وَأصْحَابِكَ أجْمَعِينَ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ
وَعَلَى سَائِرِ الأَنْبِيَاءِ وَجَمِيعِ عِبَادِ الله الصَّالِحِينَ. جَزَاكَ
الله يَا رَسُولَ الله عَنَّا أفْضَلَ مَا جَزَى نَبِيًّا وَرَسُولاً عَنْ
أُمَّتِهِ وَصَلَّى الله عَلَيْكَ كُلَّمَا ذَكَرَكَ ذَاكِرٌ وَغَفَلَ عَنْ
ذِكْرِكَ غَافِلٌ أفْضَلَ وَأكْمَلَ وَأطْيَبَ مَا صَلَّى عَلَى أحَدٍ مِنَ
الْخَلْقِ أجْمَعِينَ.
Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy
[1]
Syaikh Mu’min Ibn Hasan al-Sabalanjiy, Nur al-Abshar Fi Manaqib Al
al-Bait al-Mukhtar (Kairo: Musthafa al-Bab al-Halabiy) h. 233-234.
[2]
Syaikh Suaib al-Huraifisy, Raudh al-Faiq Fi al-Mawaizh Wa al-Raqaiq
(Beirut: Dar al-Fikr) h. 165.
[3]
Syaikh Mu’min Ibn Hasan al-Sabalanjiy, Nur al-Abshar Fi Manaqib Al
al-Bait al-Mukhtar (Kairo: Musthafa al-Bab al-Halabiy) h. 237.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar