Rabu, 23 Januari 2013

Doa Ngemplang (Bersetubuh)



Doa Ketemu Istri Setelah Aqad Nikah
Dianjurkan juga bagi pengantin pria ketika bertemu pertama kali dengan pengantin wanita hendaknya ia memegang ubun-ubunnya dengan membaca doa:
اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ . اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ . اللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِي وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ . اللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا ما جَمَعْتَ في خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إذَا فَرَّقْتَ فِي خَيْرٍ ، بَارَكَ اللهُ لِكُلٍّ مِنَّا فِي صَاحِبِهِ .
Artinya:“Ya Allah, aku minta perlindungan untuk istriku dan keturunannya dari godaan setan yang terkutuk. Ya Allah, aku minta kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Kau jadikan tabiat padanya dan aku berlindung dari kejahatannya dan kejahatan yang Kau jadikan tabiat padanya. Ya Allah berikanlah keberkahan pada keluargaku dan berikanlah keluargaku keberkahan dariku. Ya Allah, satukanlah kami selama persatuan itu mengandung kebaikan-Mu dan pisahkanlah kami jika perpisahan itu menuju kebaikan-Mu.”

Doa Jima'
Bersetubuh dengan istri merupakan perbuatan termasuk jenis shadaqah sebagaimana sabda Rasulullah:
وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَأْتِى أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ قَالَ أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ
Artinya:”Dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah shadaqah “. Mereka bertanya, “ Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, maka ia mendapat pahala”.
Dan persetubuhan itu akan lebih sempurna jika diiringi dengan adab-adabnya diantaranya adalah membaca doa:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبْ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا  .
Artinya:" Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah Jauhkanlah kami dari syaitan, dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau karuniakan kepada kami.”
          Ada adab tambahan:
قال بَعْضُهُمْ وَيُسَنُّ أَنْ يَقْرَأَ قبل ذلك الْإِخْلَاصَ ثَلَاثًا وَيُسَبِّحَ وَيُهَلِّلَ وَيُكَبِّرَ وَيُجْرِي على قَلْبِهِ عِنْدَ الْإِنْزَالِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الذي خَلَقَ من الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصِهْرًا . وَلَا يَتَلَفَّظُ بِهِ .
Artinya:" Sebagian ulama mengatakan disunnahkan sebelum bersetubuh ia membaca Surat al-Ikhlash 3 kali, serta membaca Tasbih, Tahlil dan Takbir. Ketika inzal (keluar mani), hendaknya dia berkata dalam hatinya saja:”Segala puji bagi Allah Yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.”

          Disamping itu juga dianjurkan untuk mengingat para Nabi atau para wali, sebab hal itu sangat banyak manfaatnya, rahasia para Nabi dan para wali akan melakat padanya.

          Lupa kepada Allah pada saat itu laksana racun yang mematikan, dan merupakan penyakit yang menimpa hamper semua orang. Padahal pada saat itu banyak sekali pemberian Allah yang tidak dapat dibayangkan dan hanya diketahui oleh Ahlul kamal dan orang-orang yang memperbanyak zikir pada Allah.[1]

Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawi



اللهُم صَل عَلَى سَيدِنَا مُحمدٍ وَعَلَى آلهِ صَلاَةً تَعْدِلُ جَمِيْعَ صَلَوَاتِ أَهْلِ مَحَبتِكَ , وَسَلمْ عَلَى سَيدِنَا مُحمدٍ وَعَلَى آلهِ سَلاَمًا يَعْدِلُ سَلاَمَهُمْ
Ya Allah berikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebenar-benar shalawat yang menyamai seluruh shalawat ahli mahabbah kepada-Mu. Dan beikanlah salam kepada nabi Muhammad serat keluarganya sebenar-benar salam yang menyamai seluruh salam ahli mahabbah kepada-Mu.



[1] Habib Ahmad Ibn Umar al-Syathiriy, Hawasyi Bughyah al-Mustarsyidin vol. 4 (Tarim: Dar al-Faqih 2006) h. 160.

2 komentar:

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

ijin amalkan kyai...qobiltu (ian-lombok)

EARSADJAGAD404 mengatakan...

Qobiltu yai