Doa Buat Pengantin
Bagi para undangan Walimatul Ursiy disunnahkan mengucapkan selamat kepada
pengantin dengan mendoakannya sebagai berikut:
بَارَكَ
اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ
Doa di atas, sering diterjemahkan: “Semoga Allah memberi berkah kepadamu,
dan semoga Allah memberi berkah atasmu, dan semoga Ia mengumpulkan kalian
berdua dalam kebaikan.”
Sekilas, terjemahan di atas sudah tampak benar.
Akan tetapi, terjemahan tersebut belumlah mewakili makna yang terkandung dalam
doa walimah tersebut. Apabila dilihat secara leksikal (kosakata), memang tidak
salah apabila kita menemui kalimat:
بَارَكَ
اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ
Lalu kita
terjemahkan,“Semoga Allah memberi berkah kepadamu, dan semoga Allah memberi
berkah atasmu, dan semoga Ia mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”
Pertanyaannya
adalah, “Apakah pembaca dapat membedakan makna لَكَ (kepadamu)
dan عَلَيْكَ (atasmu) dalam terjemah doa
walimah di atas? Tentu tidak bisa bukan?
Perlu
diketahui, bahwa preposisi[1] اللام secara harfiyyah artinya memang bisa
diterjemahkan ‘kepada atau buat’. Adapun على dapat diterjemahkan ‘di atas’. Akan tetapi,
jika kedua preposisi tersebut terdapat dalam satu kalimat secara bersamaan,
makna preposisi tersebut tidak bisa lagi diterjemahkan secara harfiyyah’ kepada’
atau ‘di atas’ lagi. Namun, makna اللام menunjukkan
makna yang baik, sedangkan على menunjukkan makna yang buruk.
Oleh karena itu, jika memerhatikan hal ini, doa Walimah di atas jika
diterjemahkan akan menjadi panjang, yaitu:
“Semoga Allah memberi
berkah kepadamu di saat rumah tanggamu dalam keadaan harmonis, dan semoga Allah
(tetap) memberi berkah kepadamu di saat rumah tanggamu terjadi kerenggangan (terjadi
prahara), dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”.
Nah, bagaimana arti di saat rumah tanggamu dalam
keadaan harmonis bisa muncul? Jawabnya adalah karena adanya preposisi اللام
yang makna menunjukkan hal-hal yang baik jika
disandingkan dengan preposisi على dalam satu kalimat. Konteks kalimat di atas adalah
pernikahan, sehingga diketahui secara pasti bahwa hal-hal yang baik dalam
pernikahan adalah ketika pasangan hidup dalam keadaan harmonis.
Demikian pula sebaliknya, arti di saat rumah
tanggamu terjadi kerenggangan (terjadi prahara) dapat muncul sebagai terjemahan
dari preposisi على . Preposisi
ini akan menunjukkan makna yang buruk jika disandingkan dengan preposisi اللام
dalam satu kalimat. Konteks kalimat di atas adalah
penikahan, sehingga diketahui secara pasti bahwa hal-hal yang buruk dalam
penikahan adalah ketika pasangan hidup mengalami kerenggangan atau prahara
dalam rumah tangganya.
Hal ini membawa pelajaran penting bagi setiap
orang yang akan menikah bahwa Nabi sudah mengisyaratkan dalam rumah tangga yang
akan dihadapi tidaklah selamanya dalam keadaan yang bahagia dan harmonis.
Setelah menikah nanti, seorang istri akan melihat sisi lain dari sang suami,
yang tidak ia ketahui sebelum menikah. Demikian pula sebaliknya, sang suami
akan melihat banyak hal yang tidak diketahuinya dari si istri setelah ia
bergaul dengan istri beberapa hari pasca pernikahan. Pertengkaran sangat
mungkin terjadi antara suami dengan istri, yang bisa muncul karena adanya
kecemburuan, kesalahan dari salah satu pihak, bahkan karena adanya hal-hal
sepele sekalipun. Dalam kondisi prahara ini, Nabi mengisyaratkan bahwa Allah
bisa akan tetap memberi berkah pada suami istri tersebut. Bagaimana sikap suami
ketika menghadapi kesalahan istri, demikian pula bagaimana istri ketika
menghadapi kesalahan suami adalah hal-hal yang telah diajarkan dalam syariat
Islam.
Anggapan bahwa rumah tangga selamanya 100% akan
harmonis, tanpa ada perselisihan dan pertengkaran adalah anggapan yang keliru.
Bagi yang sudah menikah, tentu mengetahui hal ini. Nabi kita yang mulia,
memberi sifat bagi wanita bahwa mereka adalah kaca-kaca, sebagaimana dalam
sabdanya,
اُرْفُقْ بِالْقَوَارِيرِ
Artinya:"‘Lembutlah kamu kepada kaca-kaca (maksudnya para wanita)."[2]
Dijelaskan bahwa wanita disamakan dengan kaca
karena begitu cepatnya mereka berubah dari ridha menjadi tidak ridha, senang
menjadi kesal dan karena tidak tetapnya mereka (mudah berubah sikap dan
pikiran), sebagaimana kaca yang mudah untuk pecah dan tidak menerima kekerasan.
Dikatakan tentang wanita "Rambutnya panjang, pikirannya pendek"
Bahkan, Nabi sendiri juga menjelaskan bahwa sangat
memungkinkan suami akan mendapati hal-hal yang tidak ia senangi pada istrinya,
tetapi hal tersebut Nabi larang dijadikan alasan untuk membenci istrinya
tersebut, sebagaimana dalam sabda Rasulullah:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَفْرَكْ مُؤْمِنٌ
مُؤْمِنَةً إِنْ كَرِهَ مِنْهَا خُلُقًا رَضِيَ مِنْهَا آخَرَ .
Artinya:“Janganlah
seorang mu'min benci kepada seorang wanita mu'minah (istrinya). Jika ia membenci sebuah
sikap (perbuatan) istrinya, maka ia akan ridha dengan sikapnya yang lain”[3]
Jika terjadi pertengkaran antara seorang
dengan istrinya, janganlah ia bersegera untuk membenci atau mencerainya. Hendaknya
ia bersabar terhadapnya, niscaya Allah akan menampakkan dari istrinya apa yang
disukainya. Jangan sampai karena hal yang sepele, suami sampai marah
abis-abisan seperti sang istri kurang manis membuatkan kopi, kurang sedep
olahan sayur asem bikinannya, kurang medok bikin sambel, kaga bisa nyiangin
ikan betok, atau teledor dalam menjaga totok ikan peda seperti dalam cerita al-Marhum
Haji Bokir. Perlu diketahui bahwa dalam berumah tangga sebagai suami
dituntut ekstra sabar, pastinya masih banyak hal-hal yg positif dan disenangi
oleh suami dari sang istri. Walaupun misalnya sang istri kurang pandai ngulek
cabe bikin sambel, boleh jadi sang istri pandai dalam goyangannya di ranjang.
Itu yang disebut setiap ada kekurangan pasti di situ ada kelebihan.
Suami yang paling sedikit mendapat taufik dari Allah
dan yang paling jauh dari kebaikan adalah seorang suami yang melupakan seluruh
kebaikan-kebaikan istrinya, atau pura-pura melupakan kebaikan istrinya dan
menjadikan kesalahan-kesalahan istrinya selalu di depan matanya. Bahkan
terkadang kesalahan istrinya yang sepele dibesar-besarkan, apalagi dibumbui
dengan prasangka-prasangka buruk yang akhirnya menjadikannya berkesimpulan
bahwa istrinya sama sekali tidak memiliki kebaikan.”
Syaithan berusaha memisahkan hubungan antara suami
dengan istri. Kesempatan yang tidak disia-siakan syaithan adalah ketika suami
melihat satu kesalahan istrinya, maka syaithan akan membisiki sang suami untuk
menjauhinya sampai menceraikannya. Namun, ingatlah kembali lafadz وَبَارَكَ
عَلَيْكَ ‘Semoga Allah memberi berkah
kepadamu ketika kamu ditimpa prahara’ ketika manusia mengucapkannya di saat
Anda menikah dulu.
Lalu, bagaimana agar Allah tetap memberi berkah
ketika rumah tangga ditimpa prahara dan pertengkaran? Namun, satu kunci pembuka
untuk menjawab pertanyaan di atas adalah pertama: masing-masing dari kedua
pasangan harus membekali hidup berumah tangga dengan ilmu agar masing-masing dari
mereka mengetahui hak-hak dan kewajiban serta pandai mencari solusi masalah
rumah tangga. Kedua: pengamalan agama yang bagus agar kasih sayang, keberkahan
dan keridhaan Allah selalu tercurah dalam rumah tangganya. Dan ketiga: dituntut
bagi kedua pasangan menghiasi pergaulan dengan akhlaq karimah dengan harapan
keharmonisan selalu terjaga.
Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy
( قُلْ بِفَضْلِ اللّهِ
وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُواْ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ )
اللهم صل وسلم وبارك عليه (3مرات)
قالت السيده آمنه . ان الله تعالى قد كشف عن بصري . فرأيت الاشباح يدخلون عليّ افواجا . ورأيت قصور بصرى من ارض الشام . ورأيت ثلاثة اعلام منصوبات . علما بالمشرق . وعلما بالمغرب . وعلما على سطح الكعبة . ثم رأيت طائفة من الطيور دخلوا حجرتي . فنثروا اللؤلؤ والمرجان . ثم وقفت تلك الطيور يسبحون الله تعالى حولي . وانا اطلق ساعة بعد ساعة . والملائكة تنزل عليّ افواجا افواجا . وبأيديهم مباخر من ذهب احمر وفضة بيضاء . واطلقوا الند والعود والعنبر والبخور . ورفعوا اصواتهم بالصلاة والسلام على الرسول المكرم . والحبيب المفخم صلى الله عليه وسلم وشرف وعظم . قالت آمنه وانتشر القمر فوق رأسي كالخيمه . واصطفت النجوم على راسي كالقناديل البهيه . وكان قد لحقني عطش شيديد . فاذا انا بشربة بيضاء كافوريه . اشد بياضا من اللبن . واحلى من السكر والعسل . وابرد من الثلج . فشربتها فلم اجد شيئا الذ منها . ثم اضاء عليّ منها نورعظيم . ثم نظرت واذا انا بطير ابيض . قد دخل عليّ في حجرتي . ثم مر بجناحيه على فؤادي فوضعت النبي الهادي صلوا وسلموا عليه
وهنا يجب الوقوف لزوما واستقبال القبلة ورفع الاصوات بالصلاة عالحبيب المصطفى صلى الله عليه وسلم .
الصلاة عليك السلام عليك من بـــــــــــاب السلام
الصلاة عليك السلام عليك في جنـــــــــح الظلام
الصلاة عليك السلام عليك يا مظلل بالغمـــــام
الصلاة عليك السلام عليك يا نسل الكـــــــــرام
الصلاة عليك السلام عليك يا نســــــل الذبيحي
الصلاة عليك السلام عليك ذا الديــــــن الصحيحي
الصلاة عليك السلام عليك ذا العلم الــــــــرجيحي
الصلاة عليك السلام عليك ذو الوجـــــه الصبيحي
الصلاة عليك السلام عليك طه يــــــــــا مؤيد
الصلاة عليك السلام عليك طه يــــــــــا ممجد
صلوا وسلموا عليه اللهم صل وسلم وبارك عليه (3مرات)
وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
كل عام انتم بخير وفى شوق ومحبة ارتباط وإتصال وإتباع سيدنا رسول الله صل الله عليه واله وسلم ولنا الشرف بسرد قصة مولد اخرى لانه مولد لايحصى ولا يعد عجائبه ومعجزاته وإرهاصات مجيئه .
قصة المولد النبوي الشريف للإمام شهاب الدين أحمد بن حجرالهيتمي الشافعي رحمه الله تعالى
قالت السيده آمنه . ان الله تعالى قد كشف عن بصري . فرأيت الاشباح يدخلون عليّ افواجا . ورأيت قصور بصرى من ارض الشام . ورأيت ثلاثة اعلام منصوبات . علما بالمشرق . وعلما بالمغرب . وعلما على سطح الكعبة . ثم رأيت طائفة من الطيور دخلوا حجرتي . فنثروا اللؤلؤ والمرجان . ثم وقفت تلك الطيور يسبحون الله تعالى حولي . وانا اطلق ساعة بعد ساعة . والملائكة تنزل عليّ افواجا افواجا . وبأيديهم مباخر من ذهب احمر وفضة بيضاء . واطلقوا الند والعود والعنبر والبخور . ورفعوا اصواتهم بالصلاة والسلام على الرسول المكرم . والحبيب المفخم صلى الله عليه وسلم وشرف وعظم . قالت آمنه وانتشر القمر فوق رأسي كالخيمه . واصطفت النجوم على راسي كالقناديل البهيه . وكان قد لحقني عطش شيديد . فاذا انا بشربة بيضاء كافوريه . اشد بياضا من اللبن . واحلى من السكر والعسل . وابرد من الثلج . فشربتها فلم اجد شيئا الذ منها . ثم اضاء عليّ منها نورعظيم . ثم نظرت واذا انا بطير ابيض . قد دخل عليّ في حجرتي . ثم مر بجناحيه على فؤادي فوضعت النبي الهادي صلوا وسلموا عليه
وهنا يجب الوقوف لزوما واستقبال القبلة ورفع الاصوات بالصلاة عالحبيب المصطفى صلى الله عليه وسلم .
الصلاة عليك السلام عليك من بـــــــــــاب السلام
الصلاة عليك السلام عليك في جنـــــــــح الظلام
الصلاة عليك السلام عليك يا مظلل بالغمـــــام
الصلاة عليك السلام عليك يا نسل الكـــــــــرام
الصلاة عليك السلام عليك يا نســــــل الذبيحي
الصلاة عليك السلام عليك ذا الديــــــن الصحيحي
الصلاة عليك السلام عليك ذا العلم الــــــــرجيحي
الصلاة عليك السلام عليك ذو الوجـــــه الصبيحي
الصلاة عليك السلام عليك طه يــــــــــا مؤيد
الصلاة عليك السلام عليك طه يــــــــــا ممجد
صلوا وسلموا عليه اللهم صل وسلم وبارك عليه (3مرات)
وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
كل عام انتم بخير وفى شوق ومحبة ارتباط وإتصال وإتباع سيدنا رسول الله صل الله عليه واله وسلم ولنا الشرف بسرد قصة مولد اخرى لانه مولد لايحصى ولا يعد عجائبه ومعجزاته وإرهاصات مجيئه .
قصة المولد النبوي الشريف للإمام شهاب الدين أحمد بن حجرالهيتمي الشافعي رحمه الله تعالى
3 komentar:
Ilmu yg sangat bermanfaat....
اللحمد لله رب العالمين.
شكرا كثيرا يا أستاذ.
جزاكم الله احسن الجزاء.
Bahasan artikel antum tentang doa utk Kementan telah menambah referensi pengetahuan alfaqir sehingga alfaqir dapat mengerti maksud doa utk penganten tsb.
Qobiltu yai
Posting Komentar