Kamis, 21 April 2016

Liur Orang Berpuasa Obat Gigitan Anjing (Ibnu Sina)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Abu Ali al~Husain Ibn Sina seorang ilmuan besar islam yang ahli di bidang kedokteran (wafat 428 H/ 1037 M) dalam kitab Mujarrabat Ibnu Sina halaman 24: menyebutkan bahwa ludah dari mulut orang yang sedang berpuasa di saat waktu zawal (gelincir matahari) dapat menjadi obat mujarrab bagi orang yang kena gigitan anjing dan penyakit ghoba. (Gudik atau gatal-gatal) Bahkan jika ludah tersebut diborehkan kepada maghnet (besi berani) maka kekuatannya akan hilang sehingga tidak bisa nembel dengan besi lagi alias impoten.

Boleh jadi, imam Nawawi ad-Dimasyqiy berpendapat makruh hukumnya bersiwak atau gosok gigi bagi orang yang berpuasa ketika sudah zawal. Adapun sebelum zawal hukumnya mubah (boleh). Walaupun itu air liur (ludah) orang yang berpuasa di saat itu sedang ambreng-ambrengan baunya ternyata menjadi salah satu obat manjur bagi penyakit.


Menggosok gigi saat sedang berpuasa tidak membatalkan puasa selagi air atau pasta gigi tidak masuk kedalam tenggorokan (tertelan).

Pendapat ulama yang memakruhkan gosok gigi setelah zawal berargumentasi dengan hadist Nabi shallallahu alaihi wa salam:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ الله تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ


“ Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh aroma yang keluar dari mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari wangi minyak Misik.” (HR.Bukhari no. 1761 dan Muslim no. 1942)

Karena tidak makan dan minum serta banyak diam, mulut menjadi bau terlebih sangat bau atau makin medok baunya ketika meliwati zawal saat tengari uweng-uweng. Upaya-upaya menghilangkan bau mulut ketika berpuasa diangap menghilangkan keutamaan yang disebutkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Oleh karena itu makruh hukumnya apabila kita menggosok gigi pada waktu tersebut.

Pendapat lain mengatakan, menggosok gigi atau bersiwak setelah waktu Zuhur tetap tidak dimakruhkan. Hal ini didasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh Amir Robi'ah:

رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- مَا لاَ أُحْصِى يَتَسَوَّكُ وَهُوَ صَائِمٌ


“Aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa.” (H.R Ahmad, abu Dawud, dan Tirmidzi).

Imam Abdul Karim ar-Rafiiy mengatakan bahwa bau mulut orang yang berpuasa akan lebih wangi dari minyak misk sebagaimana disebutkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam itu hanya berlaku di akhirat saja bukan di dunia.

Dikutip dari kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Munyah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 55.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 7DE3D6CF
instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910

1 komentar:

Rahmat hadi mengatakan...

Terimkasih ilmu nya