Jumat, 22 April 2016

Larangan Setelah Bekam

Larangan Setelah Berbekam

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Imam Ahmad Bin Ahmad Bin Salamah al-Qalyubiy (wafat 1069 H/1658 M) radhiyallahu anhu dalam kita Tadzkirah Fit Thib Wal Hikmah halaman: 114 menyebutkan: hendaknya bagi orang yang telah dibekam agar tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang asin dan juga makan ikan di hari di mana ia melakukan bekam lantaran bisa mewariskan penyakit jarb (gudik) dan bahq (penyakit bercak_bercak pada kulit).

Begitu juga dilarang memakan ikan dan minum susu di waktu yang sama, makan ikan sambil minum kopi karena hal tersebut bisa menyebabkan racun ditubuh.

Adapun terlalu sering makan ikan dibarengi dengan makan telor bisa menimbulkan penyakit  barash (kulit belang). Dulu-dulu orang bikin sayur pucung gabus kaga dicampur pake telor ayam. Orang sekarang aja yang nambain sayur pucung pake telor karena bukan pucung gabus tetapi pucung kocolan, ganjilan atau buncirit umen 3 ekor masak buat sekeluarga kurang jadinya ditambain telor biar kebagian semua katanya. Eh tau-taunya itu bisa bahaya. Biar selamat dari bahaya hari pertama makan telornya aja besok dach baru makan ikan kocolannya atau sebaliknya yang penting jangan ape bareng. Kalo emang kebetulan ikan gabus atau kocolannya ada telornya nga apa-apa dimskan bareng karena masih satu empol. Yang dilarang makan ikan ama telor laen.. tapi kalu telor cicek makanan bocah nga apa-apa kali.

Makan daging tanpa dikunyah dengan baik seperti baru beberapa kali papakan langsung ditelan bisa mendatangkan penyakit bengkak dan ngebet pada ruas-ruas persendian campur linu.

Mengkonsumsi buah-buahan yang basah (memiliki banyak kandungan air) seperti semangka, melon dan lain-lain berbarengan dengan minum air es dan makan makanan yang asem-asem lalu minum susu itu juga bisa menjadi racun.

Terlalu sering menahan lapar bisa menyebabkan penyakit budeg dan rabun serta kepala sering keliengan.

Dan sering meminum air hangat segelas dengan 7 kali tegukan sangat bermanfaat besar untuk terhindar dari batuk.



Dikutip dari kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Munyah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 55.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


5 komentar:

Unknown mengatakan...

Iya iya ..kasih air putih anget lebih afdhol

Yayasan Almuafah mengatakan...

Madu juga lebih afdolul afadhil

Tanto Herbal Anugrah mengatakan...

Pengobatan Bekam berfungsi untuk merangsang tubuh kita agar mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Pengobatan bekam ini bekerja dengan prinsip bahwa tubuh manusia sudah memiliki mekanisme penyembuhan diri yang alami tanpa harus diberikan zat kimia buatan apapun selain yang alami. Karena pada dasarnya tubuh kita hanya bisa merespon dengan baik dan aman dengan bahan-bahan yang alami.

Rahmat hadi mengatakan...

Alhamdulillah

Opan71 mengatakan...

بسم الله الرحن الرحيم
قبلت
Izin mengamalkan ilmunya kyai