Selasa, 19 April 2016

Imamah Dan Umamah (Imam Syaukaniy)

Imamah Dan Umamah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Dikisahkan pada suatu hari imam Muhammad Bin Ali as-Saukaniy rahimahullah mengimami shalat berjamaah. Di pertengahan shalat, imamah (udeng-udeng) beliau jatuh lalu beliau mengambilnya dan memaikan imamah itu di kepalanya. Peristiwa tersebut mengundang respon negatif dari salah satu jamaah yang kemudian setelah selesai shalat langsung saja ia mengintrogasi imam Syaukaniy sekaligus menanyakan dalil dari perbuatan beliau; Ya syekh, shalat yang kau lakukan tadi seperti orang main-main! Dari mana dalilnya? Imam Muhammad Bin Ali as-Syaukani menjawab:

حمل العمامة أهونُ من حمل أُمامة...،

Membawa Imamah (udeng-udeng) lebih ringan dari pada membawa orang yang bernama Umamah.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat sambil menggendong cucu beliau yang bernama Umamah bint Zainab bint Rasulillah. Ketika itu Rasulullah mengimami shalat dalam keadaan menggendong umamah. Bila berdiri, beliau menggendong Umamah dan di saat sujud beliau meletakkannya. Apabila seorang yang sedang shalat melakukan hal tersebut maka tidak apa-apa dengan syarat bocah yang digendong dalam keadaan tidak ada najis dan sudah dikhitan.


Hadis dari Abu Qotadah al-Anshari mengatakan
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي وهو حامل أمامة بنت زينب بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم ولأبي العاص بن ربيعة بن عبد شمس، فإذا سجد وضعها وإذا قام حملها
“Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat sambil menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam, putri dari Abul ‘Ash bin Rabi’ah. Apabila beliau sujud, beliau letakkan Umamah dan jika beliau berdiri, beliau menggendongnya.”
Dalam lafadz yang lain:
رأيت النبي صلى الله عليه وسلم يؤم الناس، وأمامة بنت أبي العاص على عاتقه
“Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengimami jamaah, sementara Umamah binti Abil ‘Ash (cucu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) berada di gendongan beliau” (HR. Bukhari & Muslim)

Kalau ngendong anak dalam shalat ulama sepakat menyatakan kebolehannya dengan persyaratan yang tersebut di atas. Adapun menggendong istri bisa batal shalatnya soalnya bisa kaga jadi shalat lantaran telah terjadi gerakan radikal di bawah sarung dan berlanjut pada kegiatan seterusnya.

Dikutip dari kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Munyah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 55.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Rahmat hadi mengatakan...

Radikal.??? Hehe