Kamis, 28 April 2016

AMALAN TERHINDAR DARI KEHAUSAN (IMAM SALIM AL-AMIRIY)

AMALAN TERHINDAR DARI KEHAUSAN

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


Imam Muhammad Abdur Rauf al-Munawiy (dilahirkan pada tahun 952 Hijriyah. Wafat tahun 1031 Hijriyah) menyebutkan mujarrabat (hal yang sudah tereksperimen) kemanjurannya untuk menahan haus. Mujarrabat ini sangat cocok diamalkan pada daerah beriklim panas atau juga pada saat mengalami musim kemarau bahkan bisa saat kita melakukan shaum (puasa) biar yang orang lain kehausan kita enga. Kita bisa bayangkan kalau musim panas di siang hari tengari jentrek uweng-uweng romannya tenggorokan sampai ngonggor (haus tingkat tinggi) perasaan baru minum sudah haus lagi. Apalagi bagi orang yang kerja di bagian peleburan besi seada-adanya hari udah kaya diobong.
           
Syaikh Salim Bin Muhammad al-Amiriy al-Yamaniy (dilahirkan pada tahun 570 Hijriyah. Wafat tahun 630 Hijriyah) seorang ahli fiqih dan pakar hadist di zamannya menyebutkan hasil riset beliau terhadap khasiat dari membaca surat al-Fatihah. Beliau menyatakan siapa saja membaca surat al-Fatihah sebanyak 7 kali dengan niat terhindar dari haus dahaga, maka dengan izin Allah Taala dirinya pada hari itu tidak merasakan haus.

Adapun kaifiatnya sebagai berikut:

@ Membaca surat al-Fatihah 7 kali dengan niat terhindar dari athasy (rasa haus).
@ Al-Fatihah tersebut dibaca di pagi hari sebelum makan dan minum apa-apa. Kalau dilakukan saat puasa amalkan kaifiat ini kira-kira jam 9 pagi.
@ Menyemburkan ludah disertai tiupan ke dua telapak tangan
@ Mengusapkan kedua tangan ke muka

Imam Salim Bin Muhammad al-Amiriy mengatakan:

مَن خاف مِن العطش، فَلْيقرأ الفاتحة سبعاً عند الصباح، ويتفل على يديه ويمسح بهما وجهه، ويكون على الريق فإنه لا يظمأ في ذلك اليوم  .

Artinya: siapa saja yang khawatir mengalami kehausan, hendaknya ia membaca al-Fatihah sebanyak 7 kali di pagi hari dan ia lepihkan ludah di kedua telapak tangannya lalu dia usapkan keduanya pada mukanya, dan ludah itu adalah ludah dari mulut yang belum kena makanan dan minuman (kata orang Betawi Ludah basi), orang tersebut tidak akan kehausan sepanjang hari itu.

Untuk mengetahui biografi Syekh Salim Bin Muhammad al-Amiriy al-Yamaniy, silahkan dilongokin kitab al-kawakib ad-Durriyah Fi Tarajim as-sadah as-Shufiyyah karya Imam Abdurrauf al-Munawiy yang terdiri dari 4 jilid besar. Lihat juga kitab as-Suluk Fi Thabaqat al-Ulama Wa al-Muluk karya Syekh Muhammad Bin Yusuf al-Jundiy al-Yamaniy (wafat tahun 732 hijriyah) terdiri dari dua jilid.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 257.

Ada kawan saya pernah berkata: Kalau puasa yang paling saya tidak bisa nahan adalah haus, kalau nahan lapar dari pagi sampai sore sata nyanggup. Puasa tiap hari selama 5 taun juga saya nyanggup jika nahan makan saja.

Alfaqir mendengar itu cuma mesem dikit-dikit udah kaya kunyuk kena terasi. Hingga pada akhirnya al-Faqir membaca kitab al-Kawakibud durriyyah karya imam al-Munawiy tersebut cara untuk menahan haus semoga ini bisa jadi solusi buat dirinya.


NB: meludahkannya jangan banyak-banyak, khawatir bisa lender itu muka.

Adapun sanad muttashil kepada Imam Abdur Rauf al-Munawiy (wafat tahun 1031 Hijriyah) rahimahullah sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي الاندونيسي ألان الله قلبه القاسي عن العلامة المحدث سيدي عبد الرحمن الكتاني عن والده الحافظ سيدي محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الادريسي عن المعمر عمر بن طاهر بن الشريف العلوي المكناسي عن ابي حامد العربي ابن المعطى الشرقاوي عن الحافظ السيد مرتضى الزبيدي عن الشمس محمد سالم الحفني عن عبد العزيز الزيادي عن الشمس محمد بن العلاء البابلي عن الامام علي بن زين العابدين الاجهوري المالكي عن الامام عبد الرؤوف المناوي رحمه الله .

Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi







 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*
 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*
صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*
 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*


(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910

amalan anti haus


20 komentar:

Unknown mengatakan...

qobiltu ya ustadz

Syaeful bahar mengatakan...

Cocok amalannya pas puasa kyai qobiltu kyai

Syaeful bahar mengatakan...

Cocok amalannya pas puasa kyai qobiltu kyai

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah.....
Qobiltu baginda..

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah.....
Qobiltu baginda..

Unknown mengatakan...

Pas ..alhamdulillah

Unknown mengatakan...

Pas bangatt

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Syukron Pak Kyai

Unknown mengatakan...

Pas ....alhamdulillah

Abdul Kodir mengatakan...

Danta banget da aah...

ampe ludah kita bermanfaat...






Qobiltu baginda....
Gentaaaq...

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdlillah..Qobiltu Yaa Baginda.

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah.. jazakallah khoir guru

dede akhadiyat mengatakan...

Cocok banget..Qobiltu baginda

dede akhadiyat mengatakan...

Cocok banget..Qobiltu baginda

A.Royhan mengatakan...

Qobiltu kyai.
Gentakk maniaa.

Unknown mengatakan...

Qobiltu pa ustadz...

Unknown mengatakan...

Izin save pa kyai

rashdan hazemi mengatakan...

Assalam Tuan Guru..Qobiltu...mohon ijin amal.

Unknown mengatakan...

Qobiltu