Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد:
Pertanyaan dari saudara Irwan Hendrawan at-Tijani dari Kampung Baru Cakung Jakarta Timur:
Bagaimana hukumnya mengalungkan tasbeh (subhah) di leher? Dan jenis kayu atau bahan apa yang bagus dan banyak khasiatnya untuk dijadikan Tasbeh?
JAWABAN:
Mengalungkan Tasbeh dileher pada asalnya hukumnya mubah (mubah). Mengingat banyak riwayat para ulama yang meletakan tasbeh di leher mereka sebagai kalung. Di kalangan sahabat Rasulullah ada sahabat bernama Tamim ad-Dariy yang menjadikan tasbeh sebagai kalung. Disusul oleh ahli sufi besar yang bernama Fudhail Bin Iyadh yang memiliki kebiasaan mengalungkan tasbeh di lehernya sejak beliau masih menjadi perampok. Kalung tasbeh yang beliau gunakan sebagai sesuatu yang mengingatkan beliau untuk inshaf (taubat). Begitu juga dengan ahli fiqih papan atas dalam Mazhab imam Malik yang bernama imam Syahnun sebagaimana diriwayatkan oleh imam Qadhi iyadh dalam kitabnya al-Madarik bahwa imam Syahnun mengalungkan tasbehnya di leher.
Dari keterangan di atas, sesungguhnya hukum mengalungkan tasbeh di leher adalah boleh lantaran itu dilakukan oleh orang shalih generasi awal islam dan selanjutnya.
Mengalungkan tasbeh dileher dibolehkan selama semata-mata dijadikan sebagai hiasan, dianalogikan seperti hukum mengenakan cincin di jari tangan, tentunya dengan bahan yang dibolehkan syariat. Adapun bahan tasbeh yang terbuat dari emas, maka haram dipakai oleh lelaki.
Syekh Hasan al-Fatih dalam kitab al-Manhaj as-Shufi menegaskan di antara beberapa Alasan para ulama membolehkan mengalungkan tasbeh dileher adalah tasbeh sebagai salah satu benda mulia, ia memiliki peran sebagai hablul wushul (tali yang menghubungan untuk sampai mendapat ridho Allah) meletakannya di leher merupakan satu bentuk ta'zhim (penghormatan) dan juga lebih aman dari jatuh atau hilang.
Adanya korelasi benda mulia diletakan pada tempat mulua. Leher merupakan salah satu organ yang mulia. Disebutkan dalam hadis;
المؤذنون أطول الناس أعناقا يوم القيامة
Para tukang adzan diberikan keistimewaan sebagai manusia yang paling panjang lehernya pada hari qiyamat. (Shahih Muslim hadis no: 9136)
Ketika air keringat manusia sampai telinga, Allah selamatkan para muadzzin dari keringat yang membanjiri manusia dengan memiliki leher panjang. Sebagian ulama juga menambahkan bahwa leher para muadzin dipanjangkan di hari qiyamat agar mereka menjadi kelompok yang paling terlebih dahulu melihat ni'mat surga pada saat banyak manusia mengalami kesengsaraan masal.
Diriwayatkan dari Jabir Bin Abdullah Radhiyallahu Anhu:
كان السواك من رسول الله صلى الله عليه وسلم موضع القلم من اذن الكاتب .
Seringkali siwak Rasulullah berada di telinga beliau seperti pulpen yang diselipkan oleh penulis di atas daun telinganya. (Imam Khatib al-Baghdadiy dalam Tarikh Baghdad dan Imam Suyuthi dalam ad-Durrul Manstur).
Disamping itu juga para ahli tasawuf mengalungkan tasbeh di leher dengan niat Tabarruk (mengambil barokah) dari dzikir yang mereka baca. Ketahuilah, Tasbeh yang digunakan berdzikir memiliki cahaya.
Diriwayatkan pula bahwa imam Muhammad al-Arabiy ad-Darqawiy mengatakan: mengalungkan tasbeh di leher merupakan salah satu ciri khas malaikat. Beliau pernah diizinkan oleh Allah melihat salah satu malaikat yang sedang mengenakan kalung tasbeh. Ada juga riwayat yang menyebutkan; Siapa saja yang mengalungkan Tasbeh di lehernya, maka orang itu dicatat sebagai orang yang selalu berdzikir selama tasbeh itu berada di lehernya. Dari keterangan tersebut boleh jadi banyak pengikut Thariqah shufiyah mengenakan kalung tasbeh yang mereka pakai wiridan sebagai syiar, selain niat tabarruk dan niat Tasyabbuh (meniru) malaikat.
Adapun mengalungkan tasbeh dengan tujuan pamer, pengen dipandang berwibawa, ingin nyohor disebut tukang wirid, gila hormat jadi ulama besar, ingin disebut wali yang bekeramat maka hukumnya haram.
Pendapat inilah yang kemudian dipopulerkan dalam Thoriqoh Tijaniyah, Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu melarang keras para Ashhab dan pengikutnya mengalungkan Tasbeh:
وليحذر من تعليق السبحة بالعنق فانه من دواعي الشهرة
Artinya: Hendaknya seseorang menjauhi diri untuk mengalungkan tasbeh di leher lantaran itu dapat menjadi penyebab keinginan pamer.
Imam Muhammad an-Nazhifiy dalam kitabnya Mabadi'ul Israq wal Is'ad menambahkan:
من بدع شاعت لدى الافاق ** تعلق السبحة في الاعناق
وجعلها في اليد كالسوار ** وسردها بين ذوي الاخيار
Artinya; Di antara perbuatan Bid'ah yang tersebar ke berbagai tempat adalah mengalungkan tasbeh di leher. Sama halnya menjadikan tasbeh sebagai gelang tangan dengan menggunakannya di antara orang-orang terpilih.
Pendapat Thoriqoh Tijaniyah dalam hal ini lebih mengutamakan ihtiyath (kehati-hatian) bahwa jarang sekali orang yang selamat dari jeratan tipuan dan bisikan iblis. Dinyatakan dalam sebuah maqalah:
حب الظهور يقصم الظهور
Perbuatan suka pamer dapat mematahkan punggung seseorang.
Dalam pantun Betawi disebutkan:
Jangan suka main gul
Nanti keplarak
Jangan suka ngagul
Nanti lu berak
Imam Ibn Arobiy al-Hatimiy berkata;
الخمول يذهب الحجب والشهرة تورث العجب
Artinya; tidak menonjolkan diri dapat menghilangkan tabir yang mendindingi antara dirinya dengan Allah. Keinginan untuk menjadi terkenal mewarisi keangkuhan.
Takabbur, riya, sum'ah dan ujub merupakan kendaraan iblis untuk menjerumuskan ahli ibadah ke neraka. Naudzu billah.
Untuk jenis bahan yang bagus dan memiliki banyak khasiat jika dijadikan tasbeh di antaranya:
1. Ud Sholib nama latinnya Fawania (pohonnya banyak di Afrika). Bantak para pakar meneliti kayu ud sholib termasuk Ibnu Sina. Imam Ahmad ad-Dairabiy menyebutkan khasiatnya sampai 3 halaman.
2. Yusr (tumbuhan di dasar laut berwarna hitam) yang paling bagus yusr dari laut merah. Ulama sudan banyak yang menyebutkan khasiatnya dalam kitab as-Subhah Wa masyru'iyyatuha. Jika anda berminat mendapatkan Yusr asli, silahkan hubungi alFaqir Abu Munyah. Dan yang selama banyak beredar adalah Yusr palsu. Sebenarnya para penjual tidak ngerti sama sekali tentang yusr. Ingat hati-hati banyak barang palsu. Tukang tipu di akhir zaman merapak, banyak lele bule ngaku lele hitam, banyak kenek ngaku sebagai tukang.
3. Unnab. Merupakan galih (bagian dalam) pohon Zupzup yang hanya tumbuh di Afrika. Fadilahnya sangat banyak khususnya untuk cepat mendapat futuh.
من اراد الفتح فعليه بالعناب ومن اراد الغنى فعليه باليسر
Siapa yang ingin cepat dapat futuh, maka hendak ia berdzikir dengan kayu unnab. Siapa yang ingin jadi orang kaya, berdzikirlah dengan Yusr."
Perlu diketahui bahwa Unnab berbeda dengan Inab walaupun tulusan arabnya sama ( العناب ) unnab adalah galih dari batang pohon Zupzup sebagaimana al-Faqir pernah menanyakan langsung kepada salah satu dzurriyah (keturunan) Sayyidi Syekh Ahmad Tijani bernama Sayyid Zubeir Bin Salim saat alFaqir ziarah ke zawiyah kubra di kota Fez Maroko. Adapun ( العناب ) dibaca inab itu berarti anggur. Orang yang tidak pernah tahu riwayat Unnab mereka menyangka bahwa Unnab adalah batang pohon anggur, hal ini merupakan kesalahan besar. Unnab yang merupakan galih pohon zupzup orang Maroko sering menyebut Zubzub pada pertama kalinya dijadikan sebagai tasbeh oleh orang Tunisia.
3. Marjan (semacam karang atau tumbuhan di dasar laut) keutamaannya juga sangat banyak terutama berkhasiat untuk menolak kejahatan jin. Diriwayatkan ketika raja jin ingin membuang ilmu dia menuju tengah laut dan dia buang ilmu-ilmunys dan yang menyerap segals ilmu itu adalah tumbuhan dasar laut yang menjadi karang disebut Marjan.
4. Kauka (jenis kayu banyak di Afrika dan Turki) khasiatnya buat tolak bala.
Tanda atau ciri Yuser asli;
Hati-hati banyak beredar tasbeh yuser palsu yang telah dioplos plastik atau melamin. Yuser asli itu adalah tumbuhan yang berasal dari dasar laut. Tanda yang zohir bila digoyangkan ada bunyi garing seperti bunyi kerang yang kecrekin dan jika tidak pernah dipakai kira-kira satu tahun maka kulit yuser akan ada yang terkelupas (copot) seperti ganti kulit.
KESIMPULAN:
- Hukumnya boleh mengalungkan Tasbeh di leher semata mata bertabartuk dari dzikiran yang dibaca dan untuk menjaga tasbeh khawatir jatuh dan hilang.
- Haram mengalungkan Tasbeh dengan niat pamer atau berbangga-bangga. Mengalungkan tasbeh di leher tanpa pamer seperti di masukkan ke dalam baju tidak dikeluarkan dipajang hukumnya boleh.
- Thoriqoh Tijaniyah menekankan pentingnya ihtiyat (berhati-hati) konsentrasi menjaga hati dari bisikan iblis sehingga melarang untuk mengalungkan tasbeh. Terlebih lagi zaman sekarang banyak bangat orang mengaku-ngaku dirinya habib, ngaku ulama besar, pimpinan ahli shufi dengan pamer atribut-atribut orang sholeh pada dirinya padahal atribut tersebut kaga sembabad dengan prilaku keseharian mereka.
- Lebih utama setelah dzikir menyimpan tasbeh di kantong atau di tas. Atau jika dikalungkan di leher jangan dikeluarkan tetapi dimasukan di dalam baju.
- Jenis apapun Tasbehnya tetap saja asrornya terdapat pada dzikir yang dibaca.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy M.A
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi
********* ******** ********
يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل
شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة
لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ
سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا
غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا،
وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ
اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ
مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ
كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ
جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ
بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ
لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ
أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا
23 komentar:
Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz
SUBHANAALLAH
ماشاءالله
تبرك الله
ماشاءالله
تبرك الله
Assalamualaikum maaf syaikh Boleh numpang Nanya dimana yuser asli bisa diperoleh
Assalamualaikum maaf syaikh Boleh numpang Nanya dimana yuser asli bisa diperoleh
Assalamualaikum maaf syaikh Boleh numpang Nanya dimana yuser asli bisa diperoleh
Sidi buat dptin yuser asli dmn yah
Syukron Pak Kyai
Syukron ilmu nya baginda
Syukron katsir....
Syukron katsir....
Bagindaaaaa!!! , terimakasih,,,!!
Kayu cendana sari, (yang madein indonesia),juga berkhasiat usir jin..insyaallohh
Syukron baginda
Qobiltu
Qobiltu
Qobiltu AL-IJAZAH
Alhamdulillah.setelah baca tambah ilmu.
Dimana sy buleh dptkan kayu yusr Asli... Mohon penjual hubungi sy segera
Mesej sy what app. +06 01156639645
(Malaysia)
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh saya merasa ini cukupembantu saya untuk mempelajari agam Allah untuk hijrah ke jalan yang lebih baik,Aamin yallah🙏
Saya minat yuser aseli beli nya dimana?
Ini nomer wa saya tolong hubungi saya
0895333135813
Sukron ustadz. Terima ksh ilmunya
Posting Komentar