Kamis, 27 Agustus 2015

Agar Terhindar Dari Kencing Setan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


Bangun pagi untuk shalat Subuh bagi ahli begadang atau orang yang tidurnya kebluk bangat memang termasuk perkara sulit. Tidur terlalu larut didukung hawa dingin apalagi ada AC dan kondisi lingkungan yang masih sepi seolah-olah berbisik pada diri kita untuk terlelap kembali. Kalau sudah kebluk tidur, jangankan pasang alarm bahkan bila terjadi gempa pun dia kaga tau. Boleh jadi masang alarm 7 sekalipun bukan solusi jitu.

Sering sekali Sholat subuh dilakukan ketika matahari nandak memamerkan sinarnya. Itu sholat subuh apa sholat dhuha? Mau dibilang shalat subuh tapi waktunya sudah masuk waktu shalat dhuha lantaran matahari sudah naek muncer setinggi galah. Dibilang shalat Dhuha tapi dikerjakan dengan pakai Qunut. Si Qunut kalau bisa ngomong bakal teriak "Woy, kaga kasian apa ente sama ane udah tengari ane masih dijembreng (dijemur) aja".

Jangan terlalu sering bergadang lantaran tidak baik bagi kesehatan. Allah jadikan malam untuk beristirahat dan siang untuk memcari penghidupan (ikhtiar). Kabarkan kepada kawan-kawan kita utamanya bagi para pengangguran yang doyan bergadang untuk jangan bergadang, bukan apa-apa lantaran dikhawatirkan besok hari nganggur bisa kesiangan.

Sebenarnya, bangun pagi untuk sholat subuh tidaklah begitu sulit, cukup butuh latihan dan kebiasaan. Pepatah kita mengatakan (Al-Bisa Minal Biasa) jadi bisa itu karena terbiasa.

Di antaranya kita biasakan kalau sebelum tidur untuk perbanyak membaca dzikir, doa, shalawat dan lain sebagainya.

Salah satu dari sekian banyak kaifiat agar terhindar dari dikencingin setan adalah dengan mengamalkan mujarrobat dari Al-Ustadz Ali Abu Hayyullah al-Marzuqiy dalam kitab al-Jawahirul Lamma'ah halaman 83 mengatakan: Siapa saja yang sering bangun subuh kesiangan atau kalau tidur kebluk (susah bangun) dan ingin bangun tidur segera pada waktu yang dia inginkan, hendaknya sebelum tidur dia membaca 7 surat al-Isra ayat :78 sebagai berikut;

). أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖإِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا .

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Dengan izin Allah Taala orang yang tidur akan bangun pada waktu yang dia inginkan.

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ia pernah berkata, “Di hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan tentang seorang laki-laki yang tidur semalaman sampai kelewat waktu shubuh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda,

ذَاكَ رَجُلٌ بَالَ الشَّيْطَانُ فِى أُذُنَيْهِ – أَوْ قَالَ – فِى أُذُنِهِ

“Laki-laki itu telah dikencingi oleh setan pada kedua telinganya -dalam riwayat lain: di telinganya-” (Muttafaqun ‘alaih, HR. Bukhari no. 3270 dan Muslim no. 774).

Beberapa pendapat mengenai makna hadits tersebut, jika ketika tidur tidak menyebut asma Allah:

Setan memang benar-benar kencing. Al-Qurthubi dan beberapa ulama lain mengatakan bahwa tidak ada salahnya mengartikan seperti itu, karena memang telah terbukti bahwa setan makan, minum, dan kawin. Sehingga tidak ada larangan untuk mengatakan bahwa setan pun kencing;

Kiasan yang berarti setan menutup telinga orang tidur dan tidak mau bangun untuk shalat, sehingga tidak dapat mendengar suara adzan;

Setan mengisi pendengaran orang tidur dengan kebatilan, hingga telinganya tersumbat dan tidak dapat mendengar peringatan;

Kiasan yang berarti setan melakukan perbuatan kotor pada orang tidur;

Setan menguasai orang tidur dan menakut-nakutinya, sehingga orang tersebut seolah-olah terkencing-kencing karena lazimnya orang yang takut bisa terkencing-kencing saking takutnya;

Orang tidur seperti orang yang lupa untuk bangun karena begitu lelap tidurnya, seolah-olah telinganya tersebut menjadi berat dan rusak karena dikencingin setan.


إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (99) إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ (100)

Artinya: Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah. (An-Nahl; ayat: 99-100).



Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .




Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



7 komentar:

fajar sidik mengatakan...

Qolbitu tuan guru

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

ijin amalkan tuan guru, qobiltu (ian-lombok)

Syaeful bahar mengatakan...

Alhamdulillah nambah ilmu
Qobiltu baginda

bariswahyu mengatakan...

Qobiltu

Opan71 mengatakan...

بسم الله الرحمن الرحيم
قبلت الاجازة 🤲

Asyrof Barif mengatakan...

Qobiltu,

Anonim mengatakan...

qobiltu sulaeman gadel