Sabtu, 08 Agustus 2015

Ulama Hanafi Pindah Ke Mazhab Syafii

Ulama Hanafi Pindah Ke Mazhab Syafii

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan dari saudara Akiz at-Tijani jamaah majlis al-Muafah:

Saya Pernah mendengar ada ulama yang bermazhab imam Abu Hanifah kemudian pindah ke mazhab Imam Syafii setelah mendapat mimpi. Pertanyaan saya siapa nama ulamanya? Tolong Jelaskan kronologi mimpi itu? Dan tercatat dalam kitab apa kisah tersebut?

JAWABAN:

Dari riwayat yang pernah al-Faqir baca beliau adalah Syekh Muhammad Bin Muhammad Bin Ali al-Kasyghariy wafat pada tahun 705 Hijriyah merupakan seorang ahli tasawuf, pakar bahasa, tafsir dan sejarah yang pernah belajar di Kota Makkah selama 14 tahun dan membuat ringkasan kitab Usdul Ghabah Fi Ma'rifatis Shahabah karya Imam Ibn Atsir.

Beliau merupakan salah satu pentolan ulama Mazhab Imam Abu Hanifah Radhiyallahu Anhu yang kemudian berapiliasi dengan mazhab Imam Syafii Radhiyallahu Anhu. Diriwayatkan bahwa yang menjadi penyebabnya adalah beliau pernah bermimpi telah terjadi kiamat dan aku melihat sekelompok manusia digiring untuk masuk sorga, hingga akhirnya aku masuk dalam kelompok itu. Kemudian aku ditarik oleh seseorang seraya berkata: asal tahu saja ulama mazhab imam Syafii bakal masuk sorga lebih dahulu dari pada ulama mazhab imam Abu Hanifah.

Keesokan harinya beliau mengamalkan dan berfatwa dengan mazhab imam syafii Radhiyallahu Anhu. Ketika murid-murid beliau bertanya apa yang menyebabkan engkau pindah Mazhab? Beliau menjawab: aku ingin bersama orang-orang yang lebih dahulu di surga.

Riwayat di atas diceritakan oleh imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitab Bughyatul Wu'ah Fi Thabaqat Lughawiyyin Wan Nuhah jilid satu halaman: 230. Dan kemudian alfaqir H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi mencacat ulang dalam kitab ittihaful amajid bi nafaisil Fawaid.

Cerita di atas bukan untuk mengajarkan fanatik kepada mazhab imam syafii Radhiyallahu Anhu dan bukan sama sekali merendahkan kemuliaan mazhab imam Abu Hanifah Radhiyallahu Anhu. Ketahuilah bahwa Mazhab imam yang 4 (imam Malik, imam Abu Hanifah, imam syafii dan imam Ahmad bin hambal) semua di atas petunjuk Allah Taala.

Mimpi ulama tersebut merupakan Busyra Manamiyah (kabar gembira lewat mimpi) boleh jadi hanya menjadi hujjah (dalil) buat dirinya saja bukan buat konsumsi publik.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .


Jakarta: Sabtu 24 Syawwal 1436 H


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910




3 komentar:

Unknown mengatakan...

Subhanallah.

Makasih Informasinya tuan Guru.

Yayasan Almuafah mengatakan...

Manfaat buat jamah dan ummat bi haulillah wa quwwatih

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah manfaat