Jumat, 14 Agustus 2015

Hikmah Tugas Malaikat Pemanggul Arsy

Pelajaran Dari Hamalatul Arsy

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Di antara malaikat ada yang memiliki peran sebagai Hamalatul Arsy artinya yang bertugas memikul Arsy. Dalam al-Qur'an surat al-Mu'min ayat: 7 Allah nyatakan:

الذين يحملون العرش ومن حوله يسبحون بحمد ربهم ويستغفرون للذين آمنوا ربنا وسعت كل شيء رحمة وعلماً فاغفر للذين تابوا واتبعوا سبيلك وقهم عذاب الجحيم (سورة المؤمن: 7)

Artinya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan Malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan Kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, Maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al-Mu’min: 7)

Hikmah dari tugas yang Allah berikan kepada Hamalatul Arsy buat manusia adalah sebagai berikut;

1. Jangan bersangka buruk kepada Allah, segala yang Allah taqdirkan adalah yang terbaik.

Ketahuilah wahai hamba Allah, Arsy merupakan makhluq Allah yang paling besar, paling luas dan berat, meski demikian Allah Taala menciptakan para malaikat yang mampu memikulnya.

Jangan aneh apalagi bingung, kalau jogrogan (bentuk fisik) malaikat cukup besar. Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu Anhu dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,

” أُذِن لي أن أحدِّث عن ملَك من ملائكة الله من حملة العرش ، إنَّ ما بين شحمة أذنه إلى عاتقه مسيرة سبعمائة عام ” (رواه أبو داود، رقم 4727 )

Artinya: “Aku telah diizinkan untuk menyampaikan tentang para malaikat Allah pembawa Arasy. Sesungguhnya antara daun telinga dan pundaknya berjarak tujuh ratus tahun.” (HR. Abu Daud, no. 4727).

Maka jangan pernah ada persangka pada dirimu bahwa Allah Taala tak mampu untuk mengatur sekaligus memberikan yang terbaik buat dirimu.

2. Bersabar dan bersyukur sebagai pilar hidup seorang muslim.

Wahai hamba Allah, bagaimanapun beratnya masalah yang kau hadapi dalam hidup ini, maka bersabarlah dan syukuri pemberianNya. Sesungguhnya apa yang Allah tugaskan kepada Hamalatul Arsy (para Malaikat pemikul Arsy) untuk memanggul Arsy itu lebih berat dari problem hidupmu, toh nyatanya para malaikat tersebut tak henti-hentinya memuji dan mengagungkan Allah Taala.

3. Berbagi kebaikan kepada orang lain.

Para malaikat tatkala memanggul Arsy mereka tidak pernah mengeluh bahkan tak henti-hentinya mereka memohon kepada Allah ampunan dan perlindungan dari azab neraka untuk orang beriman, para pelaku maksiat yang ingin bertaubat dan orang-orang yang taat mengikuti perintah Allah.

Sungguh sangat beruntung menjadi hamba Allah yang beriman kepadaNya, bertaubat dari dosa dan ma'siat serta selalu taat mengikuti bimbinganNya.


Dikutip dari Kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya al-Haj Rizqi Dzulqornain Asmat as-Syakunjiy jilid 1 halaman: 87.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .


Jakarta: Jum'at Syawwal 1436 H


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



4 komentar:

Unknown mengatakan...

Qobiltu yaa Syekh

Unknown mengatakan...

Salah surah itu dong..

Rizqi Dzulqornain Albatawie mengatakan...

Nama lain surah Ghafir adalah alMu’min .. Lihat tafsir alQurthubi, tafsir alBaihaqi,, tafsir hadaiqurr raihan, tafsir shawi ala jalalain, tafsir taisirur Rahman karya syekh Abdurrahman assaaadi..

Unknown mengatakan...

Qobiltu