Selasa, 18 Agustus 2015

Buang Sifat Sombong Di Comberan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Jika kita membaca sejarah para imam ahlul bait (keluarga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam) kita akan mengetahui keluhuran akhlaq dan kemuliaan adab mereka.

Sebut saja Imam Muhammad al-Baqir Bin Ali Zainal Abidin Bin Husein Bin Ali Bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhum Ajmain. Beliau pernah berkata:

ما دخل قلب امرئ شيئ من الكبر الا نقص من عقله مثل ما دخل من ذلك الكبر او اكثر .

Artinya: Tidaklah masuk sifat sombong dalam hati seseorang melainkan akalnya berkurang sebesar kadar kesombongan yang masuk bahkan bisa menyebabkan bures akalnya.

Satu hikmah yang sangat dalam untuk kita renungi agar kita terhindar dari sifat buruk dan sangat berbahaya bernama sombong. Orang yang membangga-banggakan diri dengan kelebihan yang ia miliki pada hakikatnya ia sedang menutupi kekurangan besar dirinya. Orang yang sombong identik dengan pendusta dan pembual. Saking gurih menyombongkan diri dipastikan ia membesar-besarkan dirinya dengan sesuatu yang sebenarnya tidak pernah ada. Kalaupun ada, laksana orang mabok kebanyakan oplosannya.

Orang yang Membangga-banggakan keturunannya adalah orang bodoh yang numpang nyohor dengan nama besar orang tuanya. Dimana-dimana saat ketemu orang yang selalu dijadikan obrolan adalah kelebihan orang tuanya, bahwa orang tuanya ulama, orang mulia, banyak harta dan sebagainya. merupakan tanda sebodoh-bodohnya makhluq.







Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain

 

 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .


Jakarta: Selasa 04 Dzulqa'dah 1436 H


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


Tidak ada komentar: