Kamis, 01 Agustus 2013

Ampunan Di Bulan Ramadhan

Imam al-Hafiz Ibnu Rajab al-Hambali (Wafat 779 H) dalam kitabnya Lathaiful Maarif halaman 287 mengatakan: "Bulan Ramadhan adalah bulan cuci gudang maghfirah yakni bulan yang sangat makmur dengan ampunan Allah. Di antara amalan yang menjadi penyebab datangnya ampunan Allah adalah:
1.    Shiyam Ramadhan
2.    Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih, Tahajjud, Sunnah Muthlaq, Witir)
3.    Memberikan jamuan berbuka kepada orang yang berpuasa
4.    Memperbanyak dzikir. Diriwayatkan dalam hadis marfu'    (ذاكر الله في رمضان مغفور له) Artinya: orang yang berdzikir pada bulan Ramadhan, maka dosanya diampuni oleh Allah.
5.    Memperbanyak Istighfar. Doa orang yang berpuasa itu mustajab ketika ia berpuasa atau setelah ia berbuka. Oleh karenanya Sayidina Umar radhiyallahu Anhu, apabila beliau telah berbuka puasa, beliau membaca doa:               ( اللهم يا واسع المغفرة، اغفر لي ) Artinya: Ya Allah, Engkau yang Maha memiliki ampunan yang luas, maka ampunilah dosaku." Disebutkan pula riwayat dari Sayidina Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam bersabda: "Semua Ummatku pada bulan Ramadhan mendapat ampunan, kecuali bagi yang tidak menginginkannya. Para sahabat bertanya: "Ya Rasulallah, siapa gerangan orang-orang yang tidak mau mendapat Ampunan Allah di bulan itu? Rasul menjawab: Bagi siapa saja yang tidak mohon ampun kepada Allah."
6.    Para malaikat memohonkan ampunan kepada Allah bagi orang-orang yang berpuasa sampai mereka berbuka.


Marilah kita semangatkan diri kita untuk meraih ampunan Allah terutama di bulan yang penuh dengan kemulian ini. jangan kita lewatkan begitu saja, hari, jam dan menit serta detik bulan Ramadhan, melainkan kita melakukan kebaikan. Manusia yang hidupnya paling keblangsak di hari qiyamat adalah orang-orang yang diberikan panjang umur sehat afiat tetapi tidak mendapatkan ampunan dan kasih sayang Allah di bulan Ramadhan..

رمضان مبارك كريم
وكل عام وأنتم بألف خير
اللهم أعنا على الصيام والقيام وفعل الخيرات
اللهم اجعل لنا فيه نصيبا من الرحمة والمغفرة
والعتق من النار والعلو في الدرجات
اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام
اللهم ارزقنا جميعا الصحة والسعادة والعفو والعافية في الدنيا والاخرة
اللهم يا لطيف نسألك اللطف فيما جرت به المقادير
اللهم أكرمنا بالأمن والأمان والطمأنينة والسلام 
ولجميع المسلمين والمسلمات في مشارق الأرض ومغاربها 

Jakarta: 23 Ramadhan 1434 H.
Rabu: 1 Agustus 2013 M

Khadimul Janabin Nabawi
H. Rizqi Zulqornain al-Batawi

Tidak ada komentar: