Sabtu, 11 Agustus 2018

Mengobati Penyakit Dengan Rubah

Mengobati Penyakit Dengan Rubah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Rubah (الثعلب) adalah hewan karnivora kecil. Terdapat 27 spesies rubah, mereka adalah hewan omnivora dan anggota terkecil famili Canidae (mamalia yang berhubungan dengan anjing). Mereka adalah pelari cepat dan tangkas.

Rubah dapat ditemui di semua benua, hidup di hutan, semak-semak dan padang pasir. Kebanyakan rubah makan tikus, vole, kelinci, telur burung, serangga besar dan daging bangkai. Di Britania Raya, terdapat olahraga umum untuk berburu rubah dengan kuda dan anjing. (Wikipedia bahasa Indonesia)

Rubah masih satu keluarga dengan anjing dan serigala. Jadi, jangan heran kalau hewan ini mirip dengan anjing dan serigala. Rubah memang satu keluarga dengan anjing dan serigala. Tetapi, ukuran mereka berbeda. Tubuh rubah lebih kecil dan ringan, daripada kedua keluarganya. Bahkan, ada rubah yang ukurannya lebih kecil daripada kucing. Ia adalah rubah fennect. Panjang tubuhnya hanya 23 sentimeter dan beratnya hanya 1 kilogram.

Rubah hidup di semua benua, dari benua terbasah sampai benua terkering. Rubah di setiap benua akan tinggal di tempat yang berbeda-beda. Ada yang tinggal di hutan hujan, pegunungan, padang rumput, hingga padang pasir. Meski tinggal di tempat yang berbeda, rubah punya tempat tinggal yang sama, yakni rumah di dalam tanah. (Bobo.id)

Hukum Rubah
Syekh Kamaluddin Ad-Damiri menyebutkan, “Hukum mengkonsumsi Rubah, para ulama berbeda pendapat. menurut imam Syafii, Imam Thawus, Imam Atha adalah halal. Adapun Imam Abu Hanifah, Imam Malik memakruhkannya. Sedangkan Imam al-Buwaithi dan Imam Ahmad Bin Hambal mengharamkannya dengan alasan Rubah itu masuk kategori binatang buas.”

Manfaat Rubah
Syekh Kamaluddin Ad-Damiri mengatakan, “Angota tubuh Rubah memiliki manfaat antara lain: Taringnya bila dijadikan kalung dapat menyembuhkan penyakit bocah sering kaget saat tidur dan dijauhkan dari godaan ummus shibyan (kuntilanak) bahkan dilindungi dari kesurupan. Nyali (empedunya) dapat menyembuhkan kesurupan jika diciumkkan ke hidung orang yang sering kesurupan maka akan sembuh total selamanya bahkan emas yang diborehkan nyalinya akan berubah warnanya seperti warna tembaga. Gajih (lemak) Rubah yang diambil minyaknya untuk dijadikan obat oles dapat menyembuhkan penyakit encok, niqris (kartilago) gangguan persendian. Biji pelernya jika dijadikan kalung akan meredaka rasa sakit saat bocah numbuh gigi. Bulunya jika dijadikan bukhur dapat mengobati orang yang kena sihir marbuth (tidak bisa jima istrinya lantaran vagina istrinya digembok dengan sihir). Darahnya menjadi obat penumbuh rambut, dengan memborehkan darahnya di kepala orang botak maka akan tumbuh rambut meskipun ia botak dari sejak lahir. Riah (Jantungnya) bila dikonsumsi dapat jadi obat tolak angin. Siapa yang membawa Kulyah (Tulang pinggang) Rubah di genggamannya maka anjing galak akan tunduk dan tidak akan menggonggong kepadanya. Batang peler Rubah jika diletakkan di atas kepala orang yang sedang pusing eneg puyeng maka akan sembuh bahkan menyembuhkan bocah rewel yang sering nangis malam malam akan diam.

Mimpi Rubah
Siapa saja yang mimpi bermain dengan Rubah, maka itu jadi tanda ada wanita yang sedang jatuh cinta kepadanya dan ia suka kepada wanita tersebut. siapa saja mimpi makan daging Rubah takwilnya adalah ia akan ngalamin sakit.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.

  
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا



7 komentar:

Unknown mengatakan...

😻...diharepin ...

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah

Adi Putra mengatakan...

Masya Allah banyak bgt Manfaatnya dari setiap Tubuh Rubah ,,Syukron Baginda Atas Keterangan Ilmunya yg Bermanfaat 😍

Unknown mengatakan...

Kudu beli kitab tentang pengobatan hayawan .. ada dua jilid

Unknown mengatakan...

Jadi makin takjub dengan ciptaan Yang Maha Kuasa

Unknown mengatakan...

Ilmu yg didapet kudu kita catet biar kaga lupa

rashdan hazemi mengatakan...

qobiltu