Jumat, 24 Agustus 2018

Amalan Hari Tasyriq


Amalan Hari Tasyriq

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Bulan Dzul Hijjah dipenuhi dengan hari-hari istimewa dan memiliki keutamaan besar. Hari kedelapan disebut hari Tarwiyah. Hari kesembilan disebut hari Arafah. Hari kesepuluh disebut hari an-Nahr. Hari kesebelas disebut hari al-Qar (karena jamaah haji sudah nginap dan menetap di mina. Hari kedua belas disebut hari Nafar awwal (gelombang pertama jamaah haji meninggalkan Mina). Hari ketiga belas disebut Nafar tsani (Gelombang kedua jamaah haji yang meninggalkan Mina). Ketiga hari tersebut (11, 12 dan 13 Dzul Hijjah dinamakan hari Tasyriq karena pada hari-hari tersebut banyak daging qurban yang dijemur).

Imam Ibn Rajab al-Hambali (wafat tahun 795 Hijriyah) dalam kitabnya Lathaiful Maarif halaman 290, meriwayatkan dari Imam Ikrimah dan Atha menyebutkan, “Di antara amalan yang dibaca oleh para salafus shalih pada hari tasyriq adalah memperbanyak membaca:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bahkan Abd Bin Humaid mentakhrij riwayat tersebut dalam kitab tafsirnya. Doa di atas merupakan doa serba guna super komplit untuk segala hajat dan permohonan dunia dan akhirat.

Abu Kinanah al-Qurasyi mengatakan bahwa sanya bahwa ia mendengar Abu Musa al-Asy’ari menyebutkan dalam khutbah idul adhha, “Setelah hari Nahr ini, akan ada 3 hari yang Allah Taala nyatakan sebagai hari-hari ma’dudat (yang ditentukan) di mana doa tidak tertolak di dalamnya. Maka bangkitkanlah semangat kalian untk berdoa kepada Allah.”

Bila pesan moral Idul Fithri membentuk manusia agar bermental Ramadhan maka spirit Idul Adhha mengajarkan manusia untuk meneladani prototipe Nabi Ibrahim dan keluarganya. Idul Adhha momen kita meraih ridha Allah, ajang kita taqorrub, idul Adhha menjadi ivent berbagai dengan hamba-hamba Allah, perintah qurban menjadi simbol menyembelih sifat-sifat buruk binatang dalam diri kita, buas, angkuh, tamak, sombong dan sifat-sifat tercela lainnya. Sungguh merugi orang yang menyembelih hewan tetapi belum bisa membinasakan sifat-sifat hewan dalam dirinya.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


6 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Mdh2an bisa berkurban dua2 nya

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah...semoga kita d jauhkan dr sifat" yg ada d dlm diri hewan qurban

Muhamad Sahlan mengatakan...

Mudah2an terkabul hajat2 kita semua,,,,, aamiin

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

jaakallohu kyai atas tambahan ilmu dan amalannya..mohon ijazahnya kyai...qobiltu

Rahmat hadi mengatakan...

Alhamdulillah

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah