Hukum Menggunakan Payung Saat Berihram
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawi M.A
بسم
الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل
يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر
الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله
بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما
بعد
Pertanyaan saudara Irwan Hendrawan at-Tijani dari Kampung Baru Jakarta
Timur.
Di antara larangan berihram adalah tidak boleh memakai penutup
kepala bagi laki-laki.
Pertanyaan saya, “Apa hukumnya bagi orang yang sedang berihram
berteduh dengan menggunakan payung?
Jawaban:
Berteduh atau ngaub ada kalanya dengan ghair mahmal (pasilitas yang
tidak bisa dibawa) seperti ngaub di dalam bangunan, di teritipan atap, di bawah
pohon, ngaling di tembok atau sebagainya maka hal itu dibolehkan buat orang yang sedang berihram, berdasarkan sebuah riwayat yang menyebutkan Rasulullah shallalahu alaihi wa
sallam melakukan haji beliau memerintahkan sahabat untuk membuatkan kemah.[1]
Adapun berteduh dengan mahmal (alat yang bisa dibawa) seperti
payung disebutkan oleh Lajnah Fatwa ulama al-Azhar sebagai berikut:
فقد اختلف الفقهاء في حكم الاستظلال به: فمذهب الشافعية
والحنفية وإحدى الروايات عن الإمام أحمد: جواز الاستظلال بغير كراهة. ومذهب المالكية
وإحدى الروايتين عن الإمام أحمد: حرمة الاستظلال ووجوب الفدية. القول المختار :
هو قول الجمهور وهو جواز الاستظلال بالمحمل (المظلة أو الشمسية )
Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum menggunakan payung saat
berihram. Ulama madzhab Syafii, Hanafi dan salah satu riwayat dari Imam Ahmad
membolehkan menggunakan payung saat berihram tanpa ada kemakruhan. Sedangkan madzhab
Malik dan riwayat lain dari Imam Ahmad menyatakan haram hukumnya menggunakan
payung saat berihram dan wajib bayar fidyah. Adapu pendapat terpilih yaitu
pendapat mayoritas ulama menegaskan hukumnya boleh menggunakan payung bagi
orang ihram. Pendapat ini berargumen dengan hadis riwayat imam Muslim (hadis
no: 1298) dari Ummu al-Hushain:
عَنْ أُمِّ الْحُصَيْنِ جَدَّتِهِ قَالَتْ حَجَجْتُ مَعَ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَّةَ الْوَدَاعِ فَرَأَيْتُ
أُسَامَةَ وَبِلَالًا وَأَحَدُهُمَا آخِذٌ بِخِطَامِ نَاقَةِ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْآخَرُ رَافِعٌ ثَوْبَهُ يَسْتُرُهُ مِنْ الْحَرِّ
حَتَّى رَمَى جَمْرَةَ الْعَقَبَةِ
Dari Ummu Hushain kakekknya, ia berkata; Aku ikut menunaikan haji
bersama-sama dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika haji wada'.
Aku melihat Bilal dan Usamah; yang satu memegang tali Unta Nabi shallallahu
'alaihi wasallam, dan yang satu lagi memayungi Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam dengan bajunya dari terik matahari sampai beliau selesai melempar
Jamrah Aqabah.
دل الحديث على أن النبي صلى الله عليه وسلم قد اطلع على بلال وهو
يستتر من حر الشمس بثوبه ولم ينهه، ولم يأمره بالفدية فدل على أن الاستظلال بغير
الملبوس على أصل الإباحة. ويضاف إلى ما سبق : القياس على التظلل
بالبيت والخباء، وهو مباح بالإجماع ، كما أن الاستظلال بالمحمل مباح للحلال،
والأصل: أن ما حل للحلال حل للمحرم، إلا ما قام على تحريمه دليل، ولا دليل على
التحريم فيبقى على أصل الإباحة.
Hadis di atas menunjukkan bahwa Rasulullah shallahu alaihi wa
sallam melihat Bilal berteduh dari panas terik matahari dengan bajunya tetapi
beliau tidak melarang hal itu dan tidak memerintahkannya membayar fidyah. Kesimpulannya
bahwa berteduh selain dengan pakaian hukum asalnya adalah boleh. Dan disandarkan
kepada apa yang telah lalu dengan menganalogikan ngaub di rumah atau tenda itu
hukumnya boleh berdasarkan kesepakatan ulama sebagaimana ngaub dengan benda
yang bisa dibawa itu boleh. Hukum asal apa yang dibolehkan bagi orang yang
tidak sedang ihram hukumnya boleh dilakukan oleh orang yang berihram kecuali
ada dalil yang mengharamkannya. Dalam hal ini, tidak ditemukan dalil yang
mengharamkannya maka hukumnya kembali kepada asalnya.
Dikutip ulang dari kitab ittihaful
amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy
jilid 2 halaman 253.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy M.A
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi
********* ******** ********
يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل
شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة
لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ
سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا
غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا،
وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ
اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ
مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ
كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ
جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ
بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ
لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ
أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا
[1] Hadis riwayat
Imam Muslim dalam shahihnya , hadis no: 1218:
Telah
menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Ishaq bin Ibrahim
semuanya dari Hatim ia berkata, - Abu Bakr berkata- Telah menceritakan kepada
kami Hatim bin Isma'il Al Madani dari Ja'far bin Muhammad dari bapaknya ia
berkata; Kami datang ke rumah Jabir bin Abdullah, lalu ia menanyai kami satu
persatu, siapa nama kami masing-masing. Sampai giliranku, kusebutkan namaku
Muhammad bin Ali bin Husain. Lalu dibukanya kancing bajuku yang atas dan yang
bawah. Kemudian diletakkannya telapak tangannya antara kedua susuku. Ketika
itu, aku masih muda belia. Lalu dia berkata, "Selamat datang wahai anak
saudaraku, tanyakanlah apa yang hendak kamu tanyakan." Maka aku pun
bertanya kepadanya. Dia telah buta. Ketika waktu shalat tiba, dia berdiri di atas
sehelai sajadah yang selalu dibawanya. Tiap kali sajadah itu diletakkannya ke
bahunya, pinggirnya selalu lekat padanya karena kecilnya sajadah itu. Aku
bertanya kepadanya, "Terangkanlah kepadaku bagaimana Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam melakukan ibadah haji." Lalu ia bicara dengan
isyarat tangannya sambil memegang sembilan anak jarinya. Katanya; Sembilan
tahun lamanya beliau menetap di Madinah, namun beliau belum haji. Kemudian
beliau memberitahukan bahwa tahun kesepuluh beliau akan naik haji. Karena itu, berbondong-bondonglah
orang datang ke Madinah, hendak ikut bersama-sama Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam untuk beramal seperti amalan beliau. Lalu kami berangkat
bersama-sama dengan beliau. Ketika sampai di Dzulhulaifah, Asma` binti Humais
melahirkan puteranya, Muhammad bin Abu Bakar. Dia menyuruh untuk menanyakan
kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apa yang harus dilakukannya
(karena melahirkan itu). Maka beliau pun bersabda: "Mandi dan pakai kain
pembalutmu. Kemudian pakai pakaian ihrammu kembali." Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam shalat dua raka'at di masjid Dzulhulaifah,
kemudian beliau naiki untanya yang bernama Qashwa. Setelah sampai di Baida`,
kulihat sekelilingku, alangkah banyaknya orang yang mengiringi beliau, yang berkendaraan
dan yang berjalan kaki, di kanan-kiri dan di belakang beliau. Ketika itu turun
Al Qur`an (wahyu), dimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengerti
maksudnya, yaitu sebagaimana petunjuk amal yang harus kami amalkan. Lalu beliau
teriakan bacaan talbiyah: "LABBAIKA ALLAHUMMA LABBAIKA LABBAIKA LAA
SYARIIKA LAKA LABBAIKA INNALHAMDA WAN NI'MATA LAKA WALMULKU LAA SYARIIKA LAKA
(Aku patuhi perintah-Mu ya Allah, aku patuhi, aku patuhi. Tiada sekutu bagi-Mu,
aku patuhi perintah-Mu; sesungguhnya puji dan nikmat adalah milik-Mu, begitu
pula kerajaan, tiada sekutu bagi-Mu, aku patuhi perintah-Mu)." Maka
talbiyah pula orang banyak seperti talbiyah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
itu. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak melarang mereka membacanya,
bahkan senantiasa membaca terus-menerus. Niat kami hanya untuk mengerjakan
haji, dan kami belum mengenal umrah. Setelah sampai di Baitullah, beliau cium
salah satu sudutnya (hajar Aswad), kemudian beliau thawaf, lari-lari kecil tiga
kali dan berjalan biasa empat kali. Kemudian beliau terus menuju ke Maqam.
Ibrahim 'Alais Salam, lalu beliau baca ayat: "Jadikanlah maqam Ibrahim
sebagai tempat shalat..." (Al Baqarah: 125). Lalu ditempatkannya maqam itu
diantaranya dengan Baitullah. Sementara itu ayahku berkata bahwa Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam membaca dalam shalatnya: "QUL HUWALLAHU
AHADL…" (Al Ikhlas: 1-4). Dan: "QUL YAA AYYUHAL KAAFIRUUN.." (Al
Kafirun: 1-6). Kemudian beliau kembali ke sudut Bait (hajar Aswad) lalu
diciumnya pula. Kemudian melalui pintu, beliau pergi ke Shafa. Setelah dekat ke
bukit Shafa beliau membaca ayat: "Sesungguhnya Sa'i antara Shafa dan
Marwah termasuk lambang-lambang kebesaran Agama Allah..." (Al Baqarah:
1589). Kemudian mulailah dia melaksanakan perintah Allah. Maka dinaikinya bukit
shafa. Setelah kelihatan Baitullah, lalu beliau menghadap ke kiblat seraya
mentauhidkan Allah dan mengagungkan-Nya. Dan beliau membaca: "LAA ILAAHA
ILAALLAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA 'ALAA
KULLI SYAI`IN QADIIR LAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU ANJAZA WA'DAHU WANASHARA
'ABDAHU WAHAZAMAL AHZABA WAHDAH (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah
satu-satu-Nya, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah kerajaan dan segala puji,
sedangkan Dia Maha Kuasa atas segala-galanya. Tiada Tuhan yang berhak disembah
selain Allah satu-satu-Nya, Yang Maha Menepati janji-Nya dan menolong
hamba-hamaba-Nya dan menghancurkan musuh-musuh-Nya sendiri-Nya)." Kemudian
beliau berdo'a. Ucapakan tahlil itu diulanginya sampai tiga kali. Kemudian beliau
turun di Marwa. Ketika sampai di lembah, beliau berlari-lari kecil. Dan sesudah
itu, beliau menuju bukit Marwa sambil berjalan kembali. setelah sampai di bukit
Marwa, beliau berbuat apa yang diperbuatnya di bukit Shafa. Tatkala beliau
mengakhiri sa'i-nya di bukit Marwa, beliau berujar: "Kalau aku belum
lakukan apa yang telah kuperbuat, niscaya aku tidak membawa hadya dan
menjadikannya umrah." Lalu Suraqah bin Malik bin Ju'tsyum, "Ya,
Rasulullah! Apakah untuk tahun ini saja ataukah untuk selama-lamanya?"
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memperpanjangkan jari-jari tangannya
yang lain seraya bersabda: "Memasukkan umrah ke dalam haji. Memasukkan
umrah ke dalam haji, tidak! Bahkan untuk selama-lamanya." Sementara itu
Ali datang dari Yaman membawa hewan kurban Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
didapatinya Fathimah termasuk orang yang tahallul; dia mengenakan pakaian
bercelup dan bercelak mata. Ali melarangnya berbuat demikian. Fathimah
menjawab, "Ayahku sendiri yang menyuruhku berbuat begini." Ali berkata;
Maka aku pergi menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam untuk meminta
fatwa terhadap perbuatan Fathimah tersebut. Kujelaskan kepada beliau bahwa aku
mencegahnya berbuat demikian. Beliau pun bersabda: "Fathimah benar."
Kemudian beliau bertanya: "Apa yang kamu baca ketika hendak menunaikan
haji?" Ali berkata; Aku menjawab: "Ya Allah, aku aku niat menunaikan
ibadah haji seperti yang dicontohkan oleh Rasul Engkau." Kemudian Ali
bertanya, "Tetapi aku membawa hwankurban, bagaimana itu?" Beliau
menjawab: "Kamu jangan tahallul." Ja'far berkata; Jumlah hadya yang
dibawa Ali dari Yaman dan yang dibawa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ada
seratus ekor. Para jama'ah telah tahallul dan bercukur semuanya, melainkan Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam dan orang-orang yang membawa hadya beserta beliau.
Ketika hari Tarwiyah (delapan Dzulhijjah) tiba, mereka berangkat menuju Mina
untuk melakukan ibadah haji. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menunggang
kendaraannya. Di sana beliau shalat Zhuhur, 'Ashar, Maghrib, Isya dan Shubuh.
Kemudian beliau menanti sebentar hingga terbit matahari; sementara itu beliau
menyuruh orang lebih dahulu ke Namirah untuk mendirikan kemah di sana.
Sedangkan Orang Quraisy mengira bahwa beliau tentu akan berhenti di Masy'aril
Haram (sebuah bukit di Muzdalifah) sebagaimana biasanya orang-orang
jahililiyah. Tetapi ternyata beliau terus saja menuju Arafah. Sampai ke
Namirah, didapatinya tenda-tenda telah didirikan orang. Lalu beliau berhenti
untuk istirahat di situ. Ketika matahari telah condong, beliau menaiki untanya
meneruskan. Sampai di tengah-tengah lebah beliau berpidato: "Sesungguhnya
menumpahkan darah, merampas harta sesamamu adalah haram sebagaimana haramnya
berperang pada hari ini, pada bulan ini, dan di negeri ini. Ketahuilah, semua
yang berbau Jahiliyah telah dihapuskan di bawah undang-undangku, termasuk
tebusan darah masa jahilijyah. Tebusan darah yang pertama-tama kuhapuskan
adalah darah Ibnu Rabi'ah bin Harits yang disusukan oleh Bani Sa'ad, lalu ia
dibunuh oleh Huzail. Begitu pula telah kuhapuskan riba jahiliyah; yang
mula-mula kuhapuskan ialah riba yang ditetapkan Abbas bin Abdul Muthalib.
Sesungguhnya riba itu kuhapuskan semuanya. Kemudian jangalah dirimu terhadap
wanita. Kamu boleh mengambil mereka sebagai amanah Allah, dan mereka halal
bagimu dengan mematuhi peraturan-peraturan Allah. Setelah itu, kamu punya hak
atas mereka, yaitu supaya mereka tidak membolehkan orang lain menduduki
tikarmu. Jika mereka melanggar, pukullah mereka dengan cara yang tidak
membahayakan. Sebaliknya mereka punya hak atasmu. Yaitu nafkah dan pakaian yang
pantas. Kuwariskan kepadamu sekalian suatu pedoman hidup, yang jika kalian
berpegang teguh kepadanya yaitu Al Qur`an. Kalian semua akan ditanya mengenai
diriku, lalu bagaimana nanti jawab kalian?" mereka menjawab: "Kami
bersaksi bahwa Anda benar-benar telah menyampaikan risalah, Anda telah
menunaikan tugas dan telah memberi nasehat kepada kami." Kemudian beliau
bersabda sambil mengangkat jari telunjuknya ke atas langit dan menunjuk kepada
orang banyak: "Ya, Allah saksikanlah, Ya Allah saksikanlah, ya Allah
saksikanlah." Sesudah itu, beliau adzan kemudian qamat, lalu shalat
Zhuhur. Lalu qamat lagi dan shalat Ashar tanpa shalat sunnah antara keduanya.
Setelah itu, beliau meneruskan perjalanan menuju tempat wukuf. Sampai di sana,
dihentikannya unta Qashwa di tempat berbatu-batu dan orang-orang yang berjalan
kaki berada di hadapannya. Beliau menghadap ke kiblat, dan senantiasa wukuf
sampai matahari terbenam dan mega merah hilang. Kemudian beliau teruskan pula perjalanan
dengan membonceng Usamah di belakangnya, sedang beliau sendiri memegang
kendali. Beliau tarik tali kekang Unta Qashwa, hingga kepalanya hampir
menyentuh bantal pelana. Beliau bersabda dengan isyarat tangannya:
"Saudara-saudara, tenanglah, tenanglah." Setiap beliau sampai di
bukit, beliau dikendorkannya tali unta sedikit, untuk memudahkannya mendaki.
Sampai di Muzdalifah beliau shalat Maghrib dan Isya`dengan satu kali adzan dan
dua qamat tanpa shalat sunnah antara keduanya. Kemudian beliau tidur hingga
terbit fajar. Setelah tiba waktu Shubuh, beliau shalat Shubuh dengan satu Adzan
dan satu qamat. Kemudian beliau tunggangi pula unta Qaswa meneruskan perjalanan
sampai ke Masy'aril Haram. Sampai di sana beliau menghadap ke kiblat, berdo'a,
takbir, tahlil dan membaca kaliamat tauhid. Beliau wukuf di sana hingga langit
kekuning-kuningan dan berangkat sebelum matahari terbit sambil membonceng
Fadlal bin Abbas. Fadlal adalah seorang laki-laki berambut indah dan berwajah
putih. Ketika beliau berangkat, berangkat pulalah orang-orang besertanya.
Fadlal menengok pada mereka, lalu mukanya ditutup oleh Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam dengan tangannya. Tetapi Fadlal menoleh ke arah lain untuk
melihat. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menutup pula mukanya dengan
tangan lain, sehingga Fadlala mengarahkan pandangannya ke tempat lain. Sampai
di tengah lembah Muhassir, dipercepatnya untanya melalui jalan tengah yang
langsung menembus ke Jumratul Kubra. Sampai di Jumrah yang dekat dengan
sebatang pohon, beliau melempar dengan tujuh buah batu kerikil sambil membaca
takbir pada setiap lemparan. Kemudian beliau terus ke tempat penyembelihan
kurban. Di sana beliau menyembelih enam puluh tiga hewan kurban dengan
tangannya dan sisanya diserahkannya kepada Ali untuk menyembelihnya, yaitu
hewan kurban bersama-sama dengan anggota jama'ah yang lain. Kemudian beliau
suruh ambil dari setiap hewan kurban itu sepotong kecil, lalu disuruhnya masak
dan kemudian beliau makan dagingnya serta beliau minum kuahnya. Sesudah itu, beliau
naiki kendaraan beliau menuju ke Baitullah untuk tawaf. Beliau shalat Zhuhur di
Makkah. Sesudah itu, beliau datangi Bani Abdul Muthalib yang sedang menimba
sumur zamzam. Beliau bersabda kepada mereka: "Wahai Bani Abdul Muthalib,
berilah kami minum. Kalaulah orang banyak tidak akan salah tangkap, tentu akan
kutolong kamu menimba bersama-sama." Lalu mereka timbakan seember, dan
beliau pun minum daripadanya. Dan Telah meceritakan kepada kami Umar bin Hafsh
bin Ghiyats Telah menceritakan kepada kami bapakku Telah menceritakan kepada
kami Ja'far bin Muhammad telah menceritakan kepadaku bapakku ia berkata; Saya
mendatangi Jabir bin Abdullah dan bertanya kepadanya tentang haji Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam. lalu ia pun menyebutkan hadits yang serupa dengan
haditsnya Hatim bin Isma'il, dan ia menambahkan di dalamnya; Dulu orang-orang
disuruh oleh Abu Sayyarah untuk menaiki Himar telanjang. Dan ketika Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam melewati Muzdalifah di Masy'aril Haram,
orang-orang Quraisy tidak ragu sedikit pun bahwa beliau akan berhenti di situ
dan akan menjadi tempat persinggahannya nanti. Namun beliau melewatinya dan
tidak singgah hingga beliau sampai di Arafah dan singgah di sana.
2 komentar:
Adapun hukum menutup muka dan sarung tangan baik buat lelaki dan perempuan itu dilarang baik Dalam hadis shahih Bukhari, terdapat keterangan
وَلاَ تَنْتَقِبِ الْمَرْأَةُ الْمُحْرِمَةُ وَلاَ تَلْبَسِ الْقُفَّازَيْنِ
Wanita ihram tidak boleh memakai cadar dan tidak boleh memakai kaos tangan. (HR. Bukhari 1838, Nasai 2693)
Syukron ..Baginda ...bacanya bersambung
Posting Komentar