Hari Arafah Dan Hari Raya Ditentukan Berdasarkan Ru'yah Negeri Setempat
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawi M.A
بسم
الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل
يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر
الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله
بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما
بعد
Pertanyaan H. Nur Ali at-Tijani dari Pulogebang Jakarta Timur.
Keutamaan puasa arafah sangat luar biasa. Di antaranya mendatangkan
ampunan dosa sebagaimana sabda Rasululllah shallallahu alaihi wa sallam:
صِيَامُ
يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الَّذِيْ قَبْلَهُ وَالَّتِيْ بَعْدَهُ
“Puasa pada hari Arafah bisa menghapus (dosa) setahun yaitu tahun
yang sebelum dan sesudahnya,” (HR Muslim).
Pertanyaan saya, patokan melakukan puasa arafah itu mengikuti tanggal
9 Dzulhijjah di negeri masing-masing atau jadwal wuquf jamaah haji di Arab
Saudi. Mengingat tahun ini terjadi perbedaan dalam menentukan tanggal 9
Dzulhijjah, antara pemerintah Indonesia dengan Saudi, mana yang harus
diikuti?
Jawaban:
Patokan puasa arafah mengikuti tanggal 9 Dzulhijjah di daerah
setempat bukan mengikuti wukuf jamaah haji di padang Arafah, Arab Saudi. Hal ini
berdasarkan sabda Rasulullah shalllallahu alaihi wa sallam:
@ Hadis riwayat Imam
Muslim:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَيَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ
وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالَ يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا وَقَالَ
الْآخَرُونَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ عَنْ مُحَمَّدٍ وَهُوَ
ابْنُ أَبِي حَرْمَلَةَ عَنْ كُرَيْبٍ أَنَّ أُمَّ الْفَضْلِ بِنْتَ الْحَارِثِ
بَعَثَتْهُ إِلَى مُعَاوِيَةَ بِالشَّامِ قَالَ فَقَدِمْتُ الشَّامَ فَقَضَيْتُ
حَاجَتَهَا وَاسْتُهِلَّ عَلَيَّ رَمَضَانُ وَأَنَا بِالشَّامِ فَرَأَيْتُ
الْهِلَالَ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ ثُمَّ قَدِمْتُ الْمَدِينَةَ فِي آخِرِ الشَّهْرِ
فَسَأَلَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ثُمَّ ذَكَرَ
الْهِلَالَ فَقَالَ مَتَى رَأَيْتُمْ الْهِلَالَ فَقُلْتُ رَأَيْنَاهُ لَيْلَةَ
الْجُمُعَةِ فَقَالَ أَنْتَ رَأَيْتَهُ فَقُلْتُ نَعَمْ وَرَآهُ النَّاسُ
وَصَامُوا وَصَامَ مُعَاوِيَةُ فَقَالَ لَكِنَّا رَأَيْنَاهُ لَيْلَةَ السَّبْتِ
فَلَا نَزَالُ نَصُومُ حَتَّى نُكْمِلَ ثَلَاثِينَ أَوْ نَرَاهُ فَقُلْتُ أَوَ لَا
تَكْتَفِي بِرُؤْيَةِ مُعَاوِيَةَ وَصِيَامِهِ فَقَالَ لَا هَكَذَا أَمَرَنَا
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَكَّ يَحْيَى بْنُ يَحْيَى
فِي نَكْتَفِي أَوْ تَكْتَفِي
Telah menceritakan
kepada kami Yahya bin Yahya dan Yahya bin Ayyub dan Qutaibah dan Ibnu Hujr
-Yahya bin Yahya berakata- telah mengabarkan kepada kami -sementara dua orang
yang lain berkata- telah menceritakan kepada kami Isma'il, yakni anak Ja'far
dari Muhammad bin Abu Harmalah dari Kuraib bahwasanya; Ummul Fadhl binti Al
Harits mengutusnya menghadap Mu'awiyah di Syam. Kuraib berkata; Aku pun datang
ke Syam dan menyampaikan keperluannya kepadanya. Ketika itu aku melihat hilal
awal Ramadhan pada saat masih berada di Syam, aku melihatnya pada malam Jum'at.
Kemudian aku sampai di Madinah pada akhir bulan. Maka Abdullah bin Abbas
bertanya kepadaku tentang hilal, ia bertanya, "Kapan kalian
melihatnya?" Aku menjawab, "Kami melihatnya pada malam Jum'at."
Ia bertanya lagi, "Apakah kamu yang melihatnya?" Aku menjawab,
"Ya, orang-orang juga melihatnya sehingga mereka mulai melaksanakan puasa
begitu juga Mu'awiyah." Ibnu Abbas berkata, "Akan tetapi kami
melihatnya pada malam Sabtu. Dan kamipun sekarang masih berpuasa untuk
menggenapkannya menjadi tiga puluh hari atau hingga kami melihat hilal."
Aku pun bertanya, "Tidakkah cukup bagimu untuk mengikuti ru'yah Mu'awiyah
dan puasanya?" Ia menjawab, "Tidak, beginilah Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam memerintahkan kepada kami." Dalam lafazh
"NAKTAFI" (tidak cukupkah bagi kami?) atau "TAKTAFI" (tidak
cukupkah bagimu?), Yahya bin Yahya agak ragu. (shahih Muslim hadis no; 1819).
@ Hadis riwayat Imam at-Tirmidzi:
الصَّوْمُ
يَوْمَ تَصُومُونَ، وَالفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُونَ، وَالأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّونَ
"Puasa itu adalah hari di mana kalian berpuasa, berbuka kalian
(yakni 'idul Fitri) itu adalah hari di mana kalian berbuka, dan idul adhha itu
adalah hari di mana kalian menyembelih" (Sunan at-Tirmidzi hadis no:
697).
Sejatinya penentuan ibadah yang terkait dengan waktu, ditentukan sesuai waktu setempat. Hari arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Sehingga patokan penentuannya kembali kepada penentuan kalender di mana kaum muslimin berada bukan mengikuti Arab Saudi.
Mengapa demikian? Tafawut (perbedaan waktu) antara Indonesia dan Arab Saudi
adalah 4 jam, lebih dahulu Indonesia. Bila indonesia menentukan hari raya idul
fitri, Puasa Arafah atau idul adhha mengikuti Arab saudi, maka akan terjadi Qalbul Haqaiq
(tidak sesuai fakta) mengingat bergulirnya waktu lebih dahulu Indonesia. Bila Shalat Idul
Adhha di Indonesia dilakukan pada jam 07;00 maka waktu di Arab Saudi baru jam
03:00. Artinya lebih dahulu Indonesia yang melalukan shalat Idul Adhha. Sedangkan
waktu Arab Saudi melakukan Shalat Idul Adha jam 7:00, maka waktu di Indonesia sudah
jam 11 siang. Oleh karenanya ungkapan “Penentuan puasa Arafah dan Idul Adhha
harus mengikuti Arab Saudi” itu tidak sesuai fakta, sebab yang namanya
mengikuti itu aturannya harus belakangan tetapi dalam kasus tersebut ternyata Indonesia justru mendahului Arab Saudi
Dikutip ulang dari kitab ittihaful
amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy
jilid 2 halaman 253.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy M.A
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi
********* ********
********
يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل
شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة
لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ
سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا
غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا،
وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ
اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ
مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ
كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ
جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ
بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ
لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ
أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا
9 komentar:
Alhamdulillah
semoga Allah beri kekuatan dan keutamaan untuk Puasa Arafah
Insya Alloh puasa
Nawaitu shauma arofah lillaahi ta'aala
Nawaitu shauma arofah lillaahi ta'aala
Alhamdulillah.udah kejawab makasih baginda
Alhamdulillah ...faedahnya sangat besar jgn ampe terlewat kan.puasa arofah yesss
Alhamdulillah Makasih baginda syukron katsiro
Ikuti ijtima ulama kita di Indonesia aja, banyak yang 'alim koq
# good baginda 👍
Alhamdulillah
Posting Komentar