Jumat, 06 Oktober 2017

Abul Ala Al-Ma'arriy Dan Ibn Sidah Al-Andalusiy (Ulama Buta)

Dua Ulama Pakar Bahasa Arab Yang Buta

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Imam Abu Thahir as-Silafiy al-Ashfahaniy (wafat tahun 576 Hijriyah) menyebutkan dalam kitab Mu’jam as-Safar halaman 348: “Aku mendengar Abu Abdillah Muhammad Bin al-Hasan Bin Abi Zurarah berkata: “Di belahan timur dunia ada seorang pakar bahasa Arab bernama Ahmad Bin Abdullah Bin Sulaiman al-Qudha'iy yang beken dengan julukan Abul Ala at-Tanukhiy al-Ma’arriy (wafat 449 Hijriyah) lahir dan wafat di kota Suria dan di bagian barat dunia juga ada pakar bahasa Arab bernama Ali Bin Ismail kesohor dengan sebutan Ibn Sidah al-Andalusiy (wafat 458 Hijriyah). Keduanya hidup pada satu masa dan keduanya buta. Tidak ditemukan lagi di kolong dunia bagian manapun seorang pakar Bahasa Arab selain dia berdua. Hanya saja kepakaran Ibn Sidah al-Andalusiy lebih mumpuni. Hal itu dibuktikan, beliau pernah mengimlakan (membacakan) dari hafalan beliau yang kemudian ditulis oleh murid beliau hingga menjadi kitab sebesar 30 jilid dan tidak ada kitab mengenai Bahasa Arab sebelumnya yang lebih bagus dari kitab itu. Kitab tersebut diberi nama “al-Muhkam Wa al-Muhith al-A’zham”.

Subhanallah, walaupun kedua ulama tersebut punya kekurang fisik tetapi kontribusi yang keduanya berikan buat ilmu agama sangat besar sekali. Sebuah keistimewaan yang sangat luar biasa, yang Allah Taala berikan kepada hambaNya. Setiap kekurangan pasti memiliki keistimewaan bahkan bisa melampaui kebisaan orang-orang pada umumnya !!!


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


6 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah...

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah...

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..semoga para ulama" yg ada d belahan bumi menjd benteng dunia n akhirat buat para pengikut"nya

Unknown mengatakan...

subhaanallahu

Unknown mengatakan...

Apaan nich?

Yayasan Almuafah mengatakan...


Ikuti kajian islam;

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi

توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول


آمين