Rabu, 04 Oktober 2017

Mengkafani Mayyit (Kajian Umdatus Salik)

Mengkafani Mayyit

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

فصلٌ [في بيانِ الكفن]:

Fashal Menjelaskan tentang kain Kafan

ثمَّ يكفنُ، فإنْ كانَ رجلاً ندبَ لهُ ثلاثُ لفائفَ بيضٍ مغسولةٍ، كلُّ واحدةٍ تسترُ كلَّ البدنِ، لا قميصَ فيها ولا عمامةً، فإنْ زادَ عليها قميصاً وعمامةً جازَ، ويحرمُ الحريرُ، وللمرأةِ إزارٌ وخمارٌ وقميصٌ ولفافتانِ سابغتانِ، ويُكرهُ لها حريرٌ ومزعفرٌ ومعصفرٌ، والواجبُ في الرجلِ والمرأةِ ما يسترُ العورةَ.


Kemudian mayyit dikapani, bila ia lelaki disunnahkan tiga helai kain putih yang utama adalah kain yang sudah terpakai. Masing-masing satu helai kain dapat menutupi seluruh badannya. Tidak termasuk ghamis (baju kurung) dan imamah (penutup kepala). Bila si mayyit ditambahkan baju kurung dan imamah hukumnya boleh. Haram membungkus mayyit laki-laki dengan kain kafan yang terbuat dari sutra. Sedangkan mayyit perempuan sunnah disertakan kain bawahan, krudug dan baju kurung serta 2 helai kain yang menutupi badannya. Dan makruh mengkafani mayyit perempuan dengan sutra atau kain Muza’far (yang diwantek (celupan) dengan Za’faran) atau Muashfar (kain yang dicelup dengan bunga Ashfar warna merah yang tumbuh di Yaman). Adapun kafan yang wajib bagi lelaki dan perempuan kain yang menutupi aurat keduanya.”

ويُبخرُ الكفنُ ويُذرُّ عليهِ الحَنوطُ والكافورُ، ويجعلُ قطناً بحنوطٍ على منافذِهِ ومواضعِ السجودِ، ولوْ طيَّب جميعَ بدنهِ فحسنٌ  .

Sunnah kain kafan tersebut diungkup dengan Bukhur yang dibakar dan ditaburkan kain kafan dengan minyak wangi dan kafur. Si amil menjadikan kapas yang sudah dilekatkan minyak wangi untuk dimasukan pada lubang-lubang anggota badan mayyit (hidung, telinga dan dubur) serta anggota sujudnya (dahi, dua telapak tangan, dua lutut dan jarijari kaki). Bila mungkin seluruh badan mayyit diberikan minyak wangi maka lebih bagus.

فإنْ ماتَ مُحْرِماً حرُمَ الطيبُ والمَخيطُ وتغطيةُ رأس الرجلِ ووجهُ المرأةِ، ولا يندبُ أنْ يعدَّ لنفسهِ كفناً إلا أنْ يقطعَ بحلهِ، أوْ منْ أثرِ أهلِ الخيرِ.

Apabila mayyit lelaki meninggal dalam keadaan berihram, maka haram dipakaikan minyak wangi, dikenakan pakaian yang terjahit, ditutup kepalanya. Adapun mayyit perempuan meninggal dalam kondisi berihram yang haram hanya bila ditutup mukanya. Tidak disunnahkan bagi seseorang untuk menyiapkan kain kafan jauh-jauh hari untuk dirinya menghadapi kematian kecuali dapat dipastikan kain kafan tersebut halal     atau bekas dipakai orang baik (ulama dan orang shalih).

Kesimpulan:

* Mengkafani mayyit dengan kain berwarna hitam, hijau muda, merah saus baso, kuning kunyit busuk, coklat ongol-ongol hukumnya boleh. Hanya saja kain berwarna putih adalah yang utama.

* Mayyit dikuburkan dengan menggunakan stelan piama atau Jas hukumnya boleh tetapi kena pasal pemborosan. Sayang-sayang jas cakep dibuat pakean di kuburan yang bakal dimakan rayap meninggan kasih orang selain bernilai shodaqah itu jas bisa digunakan bakal kondangan.

* Mengkafani Mayit baik lelaki dan perempuan yang wajib adalah satu lembar kain. Satu lembar kain yang menutupi aurat mayyit itu merupakan haq Allah. Satu Lembar kain yang dapat membungkus seluruh badannya itu adalah haq mayyit. Adapun dua atau tiga lembar maka itu haq pemiutang artinya Si Mayyit yang selama hidupnya punya hutang sampai mati belum kebayar maka untuk dikafani dengan dua atau tiga lembar kain, maka minta izin kepada si pemiutang. Sedangkan lembaran ke empat dan kelima menjadi haq ahli waris.

Kajian Kitab Umdatus Salik Wa Uddatun Nasik Karya Imam Ibn Naqib
Setiap Malam Senin Pukul 18:30 - 20:30



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


5 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Syukron baginda tuk ilmu nya
Mdh2an bermanfaat buat ana

Aamiin

Ali fikri mengatakan...

Syukron baginda tuk ilmu nya
Mdh2an bermanfaat buat ana

Aamiin

Unknown mengatakan...

Ilmu teriak untuk diamalkan, bila diamalkan ia akan diam, jika tidak ia akan buron

Unknown mengatakan...

Ini apaan lagi

Yayasan Almuafah mengatakan...


Ikuti kajian islam;

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi

توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول


آمين