Senin, 09 Oktober 2017

Murid Songong Kaga Tau Diri

Murid Songong Kaga Tau Diri

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Diriwayatkan bahwasanya ada seseorang pelajar yang sangat haus ilmu mendatangi kota Bashrah, setelah bertanya dengan banyak orang mengenai ulama besar yang menjadi nganten di Bashrah, mereka kompak menyebut nama Imam Syu’bah Bin al-Hajjaj Bin al-Wardiy al-Azdiy (Dilahirkan tahun 82 Hijriyah. Wafat tahun160 Hijriyah). Lalu lelaki itu pun bertanya dan menuju tempat di mana ia bisa bertemu dengan Imam Syu’bah. Ternyata sesampainya ia di tempat tujuan, menurut informasi jamaah rupanya imam Syu’bah baru saja meninggalkan majelis pulang ke rumah beliau. Lelaki itu pun langsung bergegas menuju rumah imam Syu’bah, begitu sampai di rumah Imam Syu’bah ia melihat pintu rumah beliau dalam keadaan terbuka. Karena khilaf lelaki itu masuk ke dalam rumah tanpa permisi, ketika sudah di dalam ia melihat imam Syu’bah sedang dalam keadaan nongkrong buang air kecil. Melihat hal demikian lelaki itu langsung mengucapkan salam kepada Imam Syu’bah dan berkata: Ya Imam, saya seorang penuntut ilmu dari tempat jauh, kedatangan saya ingin mendapatkan hadis darimu. Imam Syu’bah agak jengkel melihat kelakuan anak muda itu dan menjawab: “Ya Fulan, punya pengertian sedikit dong.. ente masuk rumah saya tanpa izin dan langsung nyerobot berbicara sedangkan kondisi diriku seperti ini, sabar sedikit lah samapi aku selesai tunaikan hajatku”. Mendengar itu, lelaki tersebut bukan minta maaf, malah lagi-lagi memaksa imam Syu’bah untuk menyampaikan hadis-hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Imam syu’bah akhirnya melakukan istibra (nirisin kencing) dan merapikan pakaiannya lalu berkata: “Baiklah, tulislah olehmu:

حَدَّثَنَا مَنْصُور بن المعتمر، عَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ، عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْبَدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسَ مِنْ كَلَامِ النُّبُوَّةِ الْأُولَى إِذَا لَمْ تَسْتَحْي فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ»


Artinya: Menceritakan kepada kami Manshur Bin al-Mu’tamir dari Rib’iy Bin Hirasy dati Abi Mas’ud al-Badriy berkata: Rasulullah bersabda: “Bagian yang sampai kepada manusia dari perkataan kenabian yang terdahulu adalah sebuah ungkapan Jika engkau tak malu maka perbuatlah apa saja yang kau kehendaki.”

Imam Syu’bah berkata: “Demi Allah, aku tidak akan memberikan hadis lagi kepadamu selain ini dan aku tidak akan memberikan hadis kepada satu kaum yang kau berada bersama mereka.”

Gara-gara Suul adab (kelakuan buruk alias kurang ajar) kepada guru, sang penuntut ilmu terhalang mendapatkan ilmu. Salah satu kunci keberhasilan dalam menuntut ilmu dan meraih keberkahannya adalah dengan menjaga adab, jangan sampai songong, sogol, njledor kepada guru.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhiy Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 147.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


8 komentar:

Abdul hadi mengatakan...

Kalau zaman sekarang musti dipelajarin lagi tuh kitab"adabul insan"karangan habib utsman mufti betawi.bagaimana menurut kiai.....

Yayasan Almuafah mengatakan...

penting banget itu ya sidi ..

Unknown mengatakan...

Ahlak yang utama

Mohammad mengatakan...

Siap!!!

Unknown mengatakan...

Ahlak yang utama

Yayasan Almuafah mengatakan...

shoheh

Yayasan Almuafah mengatakan...

di sini jangan pasang iklan.. ini blogg majelis ilmu..

Yayasan Almuafah mengatakan...


Ikuti kajian islam;

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi

توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول


آمين