Jumat, 02 Januari 2015

Siapakah Yang Pertama Kali Mengucapkan Amma Ba’du

Siapakah Yang Pertama Kali Mengucapkan Amma Ba’du

Abu Hilal Hasan Bin Abdullah Bin Sahal al-Askariy Radhiyallahu Anhu mengatakan dalam kitabnya al-Awaail pada halaman: 45 bahwa orang yang pertama kali mengucapkan Amma Ba’du ketika berkhutbah adalah Nabi Daud Alaihis Salam.
Dalam surat Shod ayat 20:
وَشَدَدْنَا مُلْكَهُ وَآتَيْنَاهُ الْحِكْمَةَ وَفَصْلَ الْخِطَابِ
Artinya: “Dan Kami kuatkan kerajaannya (Nabi Daud) dan Kami berikan kepadanya hikmah dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan.”

Para ulama ahli tafsir di antaranya imam as-Sya’bi mengatakan yang dimaksud Fashlul Khitob adalah ucapan “Amma Ba’du”. Ucapan Amma Ba’du yang memiliki arti adapun setelah itu, dimaksudkan menjadi Fashil (pemisah) bagi kalimat sebelumnya, seperti basmalah, alhamdulillah dan sebagainya.

Dalam kitabnya, Imam Hasan al-Askariy menyebutkan sanad yang bermuara kepada Abu Musa yang menyatakan riwayat bahwa Fashlul Khitob adalah ucapan Amma Ba'du. Beliau juga mendatangkan Syawahid (penguat) dengan ucapan syair  dari al-Yazidiy.

Adapun Imam Dhohhak Bin Muzahim menafsirkan kata Fashlul Khitob pada ayat di atas dengan ilmu dan adil dalam memutuskan hukum.

Khadimul Ma’had al-Muafah
Abu Mun’yah H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy




Tidak ada komentar: