Jumat, 02 Januari 2015

Siapakah Nama Malaikat Yang Menghibur Orang Beriman Ketika Galau?

Siapakah Nama Malaikat Yang Menghibur Orang Beriman Ketika Galau?

Imam Ibn Asakir dalam kitabnya Tarikh Dimasq (sejarah Damasyqus), Imam at-Thobaroniy dalam kitab Mu’jam dan Imam Ibn Abid Dunya Radhiyallahu Anhum menyebutkan riwayat seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bernama Irbadh Bin Sariyah Radhiyallahu Anhu yang notabene beliau salah seorang yang di masa hidup Rasulullah selalu menemani sang Rasul baik di waktu safar (perjalanan) maupun hadhor (tidak keluar kota). Beliau juga sebagai ahli shuffah (yang tinggal di emperan masjid) dan al-Bakka (yang banyak menangis) . Setelah wafat sang Rasul, beliau masih  diberikan panjang umur hidup kurang lebih 50 tahun lagi.
Pada suatu hari Irbadh Bin Sariyah Radhiyallahu Anhu pergi ke masjid Damasyqus. Setelah mengerjakan shalat beliau curhat kepada Allah Taala melalui doanya: “Ya Allah, sungguh telah lelah diri ini, kondisi fisik yang makin lemah dan umur semakin lanjut. Wafatkan hamba Ya Allah ..
Sekonyong-konyong ada pemuda tampan berbaju hijau yang mendengar doa beliau, kemudian pemuda itu bertanya: “Ya fulan, apa yang ucapkan tadi? Kalau engkau berdoa kepada Allah Taala jangan seperti itu.!!! Irbadh Bin Sariyah bertanya: “Lalu dengan doa seperti apa yang aku ucapkan? Pemuda itu menjawab:
اللهم حسن العمل وبلغ الأجل
Allahumma Hassinil Amal Wa Ballighil Ajal
Artinya: “ Ya Allah, baguskan amal ibadahku, kemudian wafatkan aku.”
Pemuda itu menambahkan: “Janganlah seseorang minta diwafatkan sebelum ia minta kepada Allah ibadah yang baik.”
Irbadh bertanya lagi: “Wahai pemuda semoga engkau mendapat kasih sayang Allah. Siapakah nama engkau? Pemuda itu menjawab: “Nama saya adalah Rotail, saya adalah malaikat yang mendapat tugas dari Allah Taala untuk menghibur orang-orang beriman ketika mereka sedang mengalami kesedihan.” Begitu Irbadh Bin Sariyah menoleh, beliau sudah tidak menemukan seorang pun di tempat itu.”
Imam al-Haistamiy mengatakan bahwa riwayat ini disebutkan oleh para periwayat yang tsiqot (terpercaya).
Sebagai tambahan wawasan riwayat ini, takhrijnya sebagai berikut:
فإن الحديث أخرجه ابن عساكر في "تاريخ دمشق" (40/181)، من طريق ابن أبي الدنيا، حدثنا خالد بن خداش، حدثنا عبيد الله بن وهب عن سعيد بن أبي أيوب، عن سعد بن إبراهيم عن عروة بن رويم عن العرباض بن سارية، به.
وعروة بن رويم، ثقة، لكنه يرسل كثيرًا، فلا بد له من التصريح بالسماع من العرباض بن سارية، رضي الله عنه.
قال أبو حاتم الرازي، فيما نقله عنه ولده في "الجرح والتعديل" 6/396 (2211): "عامة أحاديثه مراسيل، سمعت إبراهيم بن مهدي، يعني المصيصي يقول: ليت شعري، أنى أعلم عروة بن رويم ممن سمع، فإن عامة أحاديثه مراسيل".
وخالد بن خداش ضعفه ابن المديني، وغيره، ووثقه ابن سعد، ويعقوب بن شيبة، وله إفرادات ومناكير، فمثله لا يحتمل التفرد بحديث مثل هذا



Khadimul Ma’had al-Muafah
Abu Mun’yah H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy



وبالله حولي واعتصامي وقوتي ** ومالي إلا ستره متجللا
فيا رب أنت الله حسبي وعدتي ** عليك اعتمادي ضارعا متوكلا

Tidak ada komentar: